Penerimaan (Reception) Masyarakat Surabaya Terhadap Bahasa Gaul di Media Sosial
Abstrak
Fokus penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Penerimaan Masyarakat Surabaya terhadap bahasa Gaul di Media Sosial.Teori yang digunakan penelitian ini teori SOR, Sikap, dan Peneriman (Reception) pendapat Hall. Metode yang digunakan metode kualitatif, dengan analisis penerimaan (Reception) pendapat Hall yang terdiri The dominant-hegemonic, The negotiated rading, dan The oppositional reading. Berdasarkan analisis dan pembahasan masyarakat Surabaya menerima (The negotiated) terhadap bahasa Gaul di media sosial dengan argumentasi bahasa Gaul tidak digunakan di forum resmi atau formal. Bahasa gaul sekarang digunakan sebagai bahasa bisnis terutama bisnis daring.
Artikel teks lengkap
Referensi
Ardianto Elvinaro & Erdinaya Lukiati Komala. 2005. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Sembiosa Rekatama Media.
Barker Chris, 2004, Cultural Studies Teori dan Praktek, Kreasi Wacana, Yogyakarta.
Baran.S.J. and Davis.D.K. 2012. Mass Communication Theory:Foundations, Ferment, and Future. USA:Wadworth.
Barker, Chris, 2006, Cultural Studies, Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Chaer Abdul, 2009, Psikolinguistik Kajian Teoretik, Rineka Cipta, Jakarta.
Danandjaya James, 1991. Folklor Indonesia. Pustaka Utama Gratifi, Jakarta
Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung. Citra Aditya Bakti.
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fatin, Idhoofiyatul. 2016. Optimalisasi Literasi Membaca Pada Mahasiswa Nonbahasa Dengan Metode Pagitukul (Pasangan-Berbagi-Waktu-Pukul). Jurnal Pena Indonesia Volume 2, Nomor 1,
Fatin, Idhoofiyatul, Hermoyo Panji, Setiawan, Aris. 2017. Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Press Release Dengan Pendekatan Student Center Learning. Belajar Bahasa (2) (2) 179-188
Fitri, Dianty Nur, Kartika, Pheni Cahya. 2016. Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV Pada Januari 2015. Stilistika (9) (1)
Fuchs, C. 2014. Social Media a Critical Introduction. Los Angeles : SAGE Publication.Ltd.
Gunawan, Gayatri, Yuni, Yarno, dkk. 2015. Peningkatan Budaya Kolaborasi dan Kolegialitas Melalui Lesson Study. Didaktis: Jurnal Pendidikan 15 (2), 1-35
Gito Sudarmo, Indriyo, 2004. Prinsip Dasar Manajemen BPFE Yogyakarta.
Hagen Ingunn, Wasko Janet, 2000, Consuming Audiences? Production and Reception in Media Research, Hamton Press, Inc, Cresskill, New Jersey.
Hasan, Muhammad, Yarno, Hermoyo, R Panji. 2018. Implikatur dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabicara. Stilistika 11 (1), 79-94
Hermoyo, R Panji. 2015. Membentuk Komunikasi yang Efektif pada Masa Perkembangan Anak Usia Dini. Pedagogi Vol. 1 No. 1
Kriyantono Rachmat, 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Prenada Media Group, Jakarta.
Liliweri Alo, 2011, Komunikasi Serba Ada Serba Makna, Kencana, Jakarta.
Mubarok, Insani Wahyu. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Multiple Intelegences Kurikulum Tahun 2013 pada Peserta Didik Kelas X Bahasa Sma Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018. ELSE (2) (2) 1-13
Mubarok,Insani Wahyu, Kartika, Pheni Cahya. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Ict Aplikasi Pada Android Berjudul Nemo Bertema Kearifan Lokal Kota Surabaya Untuk Mahasiswa Program Dharmasiswa Level Pemula (A1) Universitas Muhammadiyah Surabaya Tahun 2018. Riksa Bahasa XII 1163-1170
Mulyana Deddy, 2014, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mc.Quail, Dennis. 1994. Teori Komnikasi Massa. Jakarta: Kencana
______________. 1997. Audience Analysis. London. SAGE Publication, Boston : Houghton Mifflin Company.
Nurudin, 2013, Pengantar Komunikasi Masa, Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Nasrullah Rulli, 2015, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, Simbiosa Rekatama Media, Bandung.
Ngatmain. 2015. Konflik Politik Dalam Langit Merah Jakarta Karya Anggie D. Widowati. Didaktis 15 (1), 1-16
O’Sullivan, Tom, 1994, Key Concept in Communication and Cultural Studies, London: Routledge.
Rachmawati, Dian Karina. 2017. Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis.
Ratna.N.K. 2007. Sastra dan Culture Studies Representasi Fiksi dan Fakta. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Robin Patricia, Picky Triputra. Resepsi Terhadap Lirik Lagu “Aandai Ku Gayus Tambunanâ€. Universitas Tarumanegara Tahun III/02/2011.ISSN 1979.
Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi, Bandung. PT. Ramaja Rosda
Suher. 2016. Fungsi Pelaku Dalam Kalimat Pasif Bahasa Indonesia. Paramasastra 3 (2) 209-224
Sumarsono, Partana Paina, 2004, Sosiolinguistik, Pustaka Pelajar Yogyakarta.
Samovar, A.Larry, Porter E.Richard, McDaniel R. Edwin, 2010, Komunikasi Lintas Budaya Edisi 7, Salemba Humanika, Jakarta.
Tohari Ahmad. 2014. Studi Peneimaan Pean Khalayak Trhadap Isi Novel “Ronggeng Dukuh Paruk†Jurnal Kommas.
Studi Resepsi Audiens Terhadap Lirik Lagu Bermuatan Politik (Studi Pemaknaan Individu Terhaap Lirik Lagu “Anday Ku Gayus Tabunan†Email Patriciarobin23@gmail.com
Kompas Minggu, 25 Oktober 2015
Jawa Pos Minggu, 13 Desember 2015
Jawa Pos Sabtu, 19 Desember 2015
http://www.ef.co.id/englisfirst/englishstudy/bahasa-inggris/bahasa-ga.
https://wikipedia.org/wiki/Masyarakat
www.kompasiana.com.
http://www.worldlibrary.org/articles/Indonesia_slang_language
Penulis
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.