https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/issue/feedDidaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan2024-03-04T11:41:52+07:00Nina Veronicaveronicanina44@gmail.comOpen Journal Systems<p><strong>DIDAKTIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan</strong> merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini menfokuskan pada publikasi hasil penelitian dan artikel ilmiah tentang Ilmu Pendidikan dan Pengajaran</p> <p>Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2019, DIDAKTIS <a href="https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/profile/5794" target="_blank" rel="noopener"><strong>Terakreditasi</strong><strong> Sinta Peringkat 4</strong></a></p> <p>Jurnal DIDAKTIS terbit secara berkala tiap 4 bulan (<strong>Februari</strong>, <strong>Juni</strong>, dan <strong>Oktober</strong>) dengan Ruang Lingkup Pendidikan yang terakomodasi adalah sbb:</p> <p>1. Pendidikan Matematika</p> <p>2. Pendidikan Bahasa Indonesia</p> <p>3. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia</p> <p>4. Pendidikan Biologi</p> <p>5. Pendidikan Bahasa Inggris</p> <p>6. Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris</p> <p>7. Pendidikan Anak Usia Dini</p> <p>8. Pendidikan Guru Sekolah Dasar</p> <p>9. Manajemen Pendidikan</p> <p>10. Teknologi Pendidikan</p> <p>11. Pendidikan Ekonomi</p> <p> </p> <p>P-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1510040244&1&&">1412-5889</a></p> <p>E-ISSN <a href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&1510040244&1&&">2614-0578</a></p> <p> </p> <p>Klik <a href="https://docs.google.com/document/d/1WgjXTHGCOegYBsQ0Gm2_vUgKOmc-rYyW/edit?usp=sharing&ouid=101311080266893999446&rtpof=true&sd=true" target="_blank" rel="noopener">template Didaktis</a> untuk download template dan tidak diperkenankan untuk edit.</p> <p>Setelah naskah berhasil disubmit, penulis wajib bergabung di WAG dengan link berikut: <a href="https://chat.whatsapp.com/DVoCK74n3xaGSQCWbNDfCx" target="_blank" rel="noopener">Klik disini</a> untuk konfirmasi.</p>https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/21972RANCANGAN APLIKASI E MODUL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PENYANDANG TUNA RUNGU2024-02-24T01:43:01+07:00Rosita Dwi Ferdianirosita.18003@mhs.unesa.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi E - Modul berbasis Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa penyandang tuna rungu. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang dilakukan melalui beberapa tahap sebagai berikut : (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, dan (4) Implementation dan (5) Evaluation. Penelitian ini melibatkan 3 siswa penyandang tuna rungu dari SMPLB Bhakti Luhur. Hasil kevalidan diperoleh dari tiga orang validator yaitu dosen ahli media, dosen ahli materi, dan guru ahli pembelajaran. Hasil kelayakan menggunakan angket uji kelompok kecil sebanyak 3 orang Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Rata – rata hasil analisis data validasi ahli media adalah 3,50, untuk ahli materi adalah 3,58 sedangkan ahli pembelajaran adalah 3,83. Hasil rata – rata ini menunjukkan bahwa media termasuk pada kategori “sangat valid”. Hasil angket respon menunjukkan bahwa media termasuk pada kategori “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi E - Modul interaktif berbasis <em>Project Based Learning </em> untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa penyandang tuna rungu memenuhi aspek kevalidan dan kelayakan.</p>2024-02-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/21370ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA MINI BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR2024-01-04T14:11:07+07:00Holy Ichda Wahyuniholyichda31@gmail.comSherli Pentianasari sherli.pentianasari-2019@fkip.um-surabaya.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan media mini book untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis peserta didik di sekolah dasar SD Muhammadiyah 2 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV. Data dianalisis dengan menggunakan triangulasi data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media mini book merupakan media yang digunakan oleh guru kelas IV SD Muhammadiyah 2 Surabaya dalam proses belajar mengajar di kelas. Hal ini disebabkan oleh keluwesan media dalam setiap pelajaran, serta kemudahannya dalam membuat dan menggunakannya dalam pembelajaran dan disenangi oleh peserta didik.</p>2024-02-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/21071Urgensi Supervisi Akademik sebagai Fundamen Profesionalisme Guru2023-12-14T01:48:29+07:00Rina Ayuniayunirina2205@gmail.comPrim Masrokan Mutoharpmutohar@gmail.comBinti Maunahuun.lilanur@gmail.com<p>Guru memiliki peranan yang sangat vital dalam dunia pendidikan sehingga diperlukan profesionalisme guru guna mencapai tujuan pendidikan. Permasalahan yang saat ini sering terjadi adalah banyak guru yang tidak <em>update </em>terhadap keterbaruan yang ada dalam pendidikan. Hal ini menandakan bahwa keprofesionalan guru sudah mulai menurun. Salah satu tujuan dilakukannya supervisi adalah meningkatkan kemampuan keprofesionalan guru sehingga mutu situasi belajar mengajar dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui urgensi supervisi akademik, untuk mengetahui bentuk profesionalisme guru dan untuk mengetahui urgensi supervisi akademik sebagai fundamen profesionalisme guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember 2023. Berdasarkan hasil analisis, Ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan dan direalisasikan oleh supervisor dalam melaksanakan supervisi akademik, Ada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru, dan Terdapat beberapa teknik pembinaan guru yang dapat dilakukan oleh seorang supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di sekolah.</p> <p><strong>Katakunci</strong> :<strong> </strong><strong>supervisi, profesionalisme, guru</strong></p>2024-02-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/21548A Progressivism in Character Education and Social Issues in the Biography Novel of Buya Hamka: A Sociopragmatic Perspective"2024-01-16T22:35:38+07:00Prima Gusti Yantiprima_gustiyani@uhamka.ac.idEdi Sukardiedi_sukardi@uhamka.ac.idHENDRA APRIYADIhendra_apriyadi@stikesmutegal.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan progresivisme pendidikan karakter kesalehan sosial yang terkandung dalam novel biografi Buya Hamka, dengan pendekatan studi sosiopragmatik Pendekatan studi sosiopragmatik profetik digunakan untuk meneliti konteks sosial dan pragmatik dari pandangan pendidikan karakter kesalihan sosial oleh Buya Hamka dalam novel.Penelitian ini juga mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai tersebut dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan karakter Al Islam dan Kemuhammadiyahan .Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis isi untuk mengeksplorasi berbagai aspek progresivisme pendidikan karakter kesalehan sosial dalam novel tersebut.Data dianalisis dengan memperhatikan konteks sejarah, sosial, dan keagamaan yang membentuk pandangan Buya Hamka tentang pendidikan karakter kesalihan sosial dan menggunakan prespektif sosioprakmatik.</p> <p><strong>Katakunci</strong> :<strong> </strong><strong>progresivisme</strong><strong>, </strong><strong>pendidikan karakter</strong><strong>, </strong><strong>kesalihan sosial</strong></p>2024-03-06T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/21119Pemanfaatan Platform Noice Sebagai Sarana Mengembangkan Audiobook Cerita Rakyat Madura2023-12-17T15:06:40+07:00Arief Setyawanarief.setyawan@trunojoyo.ac.idEmy Rizta Kusumaemy.kusuma@trunojoyo.ac.id<p>Fokus penelitian ini adalah pemanfaatan perkembangan teknologi yang dikombinasikan dengan kesastraan lokal Madura. Dari hal ini muncullah tujuan penelitian untuk mengotimalkan fitur-fitur di <em>platform</em> noice untuk mengembangkan <em>Audiobook </em>Cerita Rakyat Madura. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi salah satu alternatif dalam menikmati buku atau bahan bacaan dengan cara yang berbeda, yakni dengan didengarkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan model 4D (Thiagarajan, Dorothy, dan Melvyn) yang terdiri atas empat tahap pengembangan, yaitu penetapan, perancangan, pengembangan, dan penyebarluasan. Adapun hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Dihasilkan produk berupa <em>Audiobook </em>Cerita Rakyat Madura yang efektif untuk dimanfaatkan dalam memahami sumber bacaan dengan cara diperdengarkan, 2) Platform <em>Noice</em> efektif digunakan sebagai sarana mengembangkan <em>Audiobook </em>dengan bahan bacaan Cerita Rakyat Madura. 3) <em>Audiobook </em>Cerita Rakyat Madura yang dihasilkan melalui platform <em>Noice</em> bisa dioperasikan di komputer (laptop) dan <em>handphone</em> android/<em>Iphone</em> dengan mudah dan praktis selama terkoneksi dengan jaringan internet.</p>2024-02-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024 https://journal.um-surabaya.ac.id/didaktis/article/view/20453RENCANA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN LINTASAN BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PENGEMBANGAN PLOMP DAN GRAVEMEIJER & COBB2023-10-08T09:56:58+07:00Duhwi Indartiningsihduhwi.22011@mhs.unesa.ac.idWahyu Sukartiningsihwahyusukartiningsih@unesa.ac.idNeni Mariananenimariana@unesa.ac.id<p>Penelitian ini bermaksud mengkaji rencana pembelajaran matematika ditinjau dari lintas belajar dengan menggunakan <em>design research</em>. Penelitian ini mengacu pada <em>systematic literature review </em>(SLR) yang terdiri dari tiga tahap yaitu <em>planning, conducting</em>, dan <em>reporting</em>. Tahap <em>planning </em>yaitu mengidentifikasi kebutuhan untuk tinjauan (<em>review</em>), memfokuskan pada pertanyaan penelitian, dan menyusun tata cara dalam SLR. Tahap <em>conducting </em>yaitu meliputi pencarian artikel, pemilihan artikel, dan sintesis data. Tahap <em>reporting </em>yaitu tahapan yang meliputi penulisan hasil SLR sesuai dengan format yang telah ditentukan. Pencarian artikel internasional dengan bantuan aplikasi <em>Publish or Perish</em> menggunakan kata kunci <em>Learning Trajectory</em>, <em>design research,</em> dan<em> mathematic </em> dalam rentang waktu antara 2018 – 2023 adalah 210 artikel dan setelah ditelaah berdasarkan pertanyaan penelitian didapatkan 15 artikel yang akan dikaji. Berdasarkan kajian 15 artikel internasional , rancangan pembelajaran matematika berdasarkan lintasan belajar dapat memberikan pengalaman siswa siswa terampil, aktif, kreatif, dan memberikan kesempatan untuk menyerukan ide atau gagasan untuk menyelesaikan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari. Rencana pembelajaran matematika berdasarkan lintasan belajar dapat menggunakan model Plomp dan Gravemeijer and Cobb. Dari 15 artikel internasional tersebut dikelompokkan berdasarkan model pengembangan Plomp dan Gravemeijer & Cobb.</p> <p><strong>Katakunci</strong> :<strong> </strong>Lintasan belajar, Pembelajaran Matematika, <em> </em>model pengembangan Plomp, model pengembangan Gravemeijer & Cobb</p>2024-02-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2024