STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA IPS SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Retno Sulistiyowati (1)
(1) SMP Negeri 21 Makassar, Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana STKIP-PI Makassar., Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa SMP Negeri 21 Makassar. Jenis penelitian merupakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian mengembangkan keterampilan sosial siswa IPS. Prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Prosedur analisis data, meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi yang digunakan guru untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, meliputi penggunaan Kurikulum 2013, metode pembelajaran (Diskusi Kelompok), pemberian nasihat dan pemahaman, dan penerapan aturan dalam pembelajaran sebagai batasan dalam perilaku siswa. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa, meliputi pengaruh teknologi, kepribadian atau karakter siswa yang bervariasi, dan interaksi keluarga. Dapat disimpulkan bahwa strategi guru untuk mengembangkan keterampilan sosial siswa telah dilaksanakan dengan baik, namun ada kendala yang membatasi kemampuan sosial siswa untuk melakukannya. Namun, ada solusi yang diterapkan untuk kepentingan menjaga keterampilan sosial siswa yang baik.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Adawiyah, M. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Di Kb Dharma Indah Nawangan Pacitan (Issue April). http://etheses.iainponorogo.ac.id/14056/1/SKRIPSI E-TESIS 211117033 MUADATUL ADAWIYAH.pdf

Bali, M. M. E. I. (2017). Model Interaksi Sosial dalam Mengelaborasi Keterampilan Sosial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2), 211–227.

https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/19

Handayani, N. P., & Rosita, T. (2021). Profil keterampilan sosial peserta didik smp muhammadiyah 3 kadungora kabupaten garut 1. Jurnal FOKUS, 4(2), 113–120.

Hanik, R. H. & E. U. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media. ALSYS : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 932–939.

Hilmiyah, N. (2021). Penggunaan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 218–222.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163–179.

https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409

Mutiah, D. (2016). Need Assessment Peserta Program Pelatihan Pengembangan Model Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 365–384.

Ngurah, I. G., Aryotejo, B., Candiasa, I. M., Gede, D., & Divayana, H. (2021). Perancanaan Strategis Smart School Untuk Sistem Informasi Menggunakan Framework Ward & Peppard Di SMK. Jurnal Ilmu Komputer Indonesia (JIK), 6(1), 28–38.

Pratiwi, F. D., & Mangunsong, F. (2018). Keterampilan sosial sebagai prediktor pembentukan konsep diri akademik pada siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(2), 79–90.

Putra, A. (2021). Hubungan Keterampilan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) E-ISSN:, 2(3), 217–221.

Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2022). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(1), 733–739.

Putri, N. P. I. A., Pujani, N. M., & Devi, N. L. P. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Keterampilan Sosial Dan Prestasi Belajar Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 92.

https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19377.

Rahmawati, P., & Saptandari, E. W. (2021). Peran Keterampilan Sosial-Emosional Guru terhadap Regulasi Emosi Siswa Sekolah Inklusi. Jurnal Ilmu Perilaku, 4(2), 120. https://doi.org/10.25077/jip.4.2.120-134.2020.

Sari, W. M., & Afrizon, R. (2022). Efek Bahan Ajar IPA Terpadu Sistem Pernapasan dan Ekskresi Terintegrasi Strategi CTL pada Kinerja Akademik Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), 59–72.

https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i1.21737

Utami, S., Aini, R. Q., & Picture, M. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi dengan Menggunakan Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII-C SMPN 2 Lopok Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan, 6(2), 26–33.

Yulistiani, Y., Nurasiah, I., & Sutisnawati, A. (2021). Analisis Keterampilan Sosial Pada Buku Siswa Ips Sekolah Dasar. Journal of Primary and Children’s Education, 4(1), 78–89. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/janacitta

Penulis

Retno Sulistiyowati
retnosulis0309@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel