Aplikasi Joystick sebagai pengendali pada Rancang Bangun Robot Panahan Berbasis Arduino Mega

nur khamdi (1)
(1) Politeknik Caltex Riau, Indonesia

Abstrak

Pada umumnya joystick digunakan pada permaianan secara virtual dan pengontrol pada video game Playstation. Pada dunia penelitian joystick dapat digunakan untuk perintah pergerakan atau pendali robot ataupun prototype alat peneletian. Pada penelitian ini akan joystick digunakan sebagai pengendali robot panahan berbasis Arduino mega. Joystick ini gunakan untuk pengendali pergerakan robot panahan untuk mengarah pada posisi target tembak panah dan melepaskan anak busur  panah. Robot panahan ini menggunakan Arduino mega sebagai kontroller robot panahan. Sementara pergerakan robot panahan ini menggunakan motor DC sebagai aktuatornya baik untuk perputaran secara horizontal maupun vertikal. Dan untuk mengunci anak panah pada tali busur panahan menggunakan solenoid, menarik tali busurnya menggunakan motor DC gearbox sebagai aktuatornya. Untuk jenis panahan yang di pakai pada robot panahan ini memiliki optimal dalam menembak dengan target tembak jarak maksimum anak panah pada 13,82 meter. Adapun simpangan vertikal hasil anak panah terhadap poin maksimum (10) pada jarak 5 meter sebesar 43,20 dan jarak 10 meter sebesar 51,20. Dan simpangan horisontal pada jarak 5 meter sebesar 1,4860 dan jarak 10 meter sebesar 1,04180. 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Djamaludin D, (2011), Hubungan Permainan Playstation Dengan Perilaku Kekerasan Pada Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Tanjung Harapan Kotabumi Lampung Utara), Holistik Jurnal Kesehatan (HJK), vol 5 no 1, pp 26-29

Cut Rosi Dyanti, Intan Safiah, Rosma Elly, (2017), Pengaruh Game Playstation Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 69 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasa, FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 1, pp 139-149

Pambudi, A, Maajid, L Rohman, J, Mujahidin, I (2019), Aplikasi Penggunaan Joystick Sebagai Pengendalian Remote Control Weapon Station (RCWS) Senjata Mesin Ringan (SMR), JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer), vol 1 issue 2, pp 98 - 105

Eliyani, E, Azka, R, Bakhtiar, B, Akhyar, A (2020), Rancang Bangun Robot Semi Auto Beroda Pengambil dan Pelempar Bola Rugby 7S (Pass Robot) Berbasis Mikrokontroller ATMEGA2560, Jurnal Litek : Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, vol 17, issue 2, pp 57 - 50

Rafiq, A, Yusuf, M, Pujono, P (2019), Digital Image Processing Menggunakan Perangkat Lunak Ni Vision Dan Ip Kamera Dengan Rover Bogie Robot, Jurnal Ecotipe (Electronic, Control, Telecommunication, Information, and Power Engineering), Vol 6, Issue 1 , pp 1 - 11

Jannah, Miftakhul (2017), Kecemasan dan Konsentrasi Pada Atlet Panahan, Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, vol 8 issue 1, pp 53 - 60

Putri, W, Cahyani, O (2019), Tingkat Konsentrasi, Kekuatan Otot Peras Tangan, Dan Kekuatan Otot Bahu Terhadap Hasil Tembakan, Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, vol 8 issue 1, pp 23 - 27

Effendi, R, Ali, S, Usmardi, U, (2020), Kendali Senapan Menggunakan Joystick Berbasis Mikrokontroller ATmega32 Dengan Modul NRF24L01, Jurnal Litek: Jurnal Listrik Telekomunikasi Elektronika, vol 17 issue 2, pp 61 - 68

Panata, L, Lancia, M, etc, (2017), A crossbow suicide, Forensic Science International, vol 281, pp 19 - 23

Novriadi, A, (2019), Perancangan Pengontrolan Overhead Crane Menggunakan Kabel dan Nirkabel Berbasis Arduino, JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), vol 7 issue 2, pp 76 - 84

Umurani K. Amri T. (2018), Desain Dan Simulasi Suspensi Sepeda Motor Dengan Solidwork 2012, Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, vol 1 no 1

Prasetyo, E, Hermawan, R, etc, (2020), Analisis Kekuatan Rangka Pada Mesin Transverse Ducting Flange (TDF) Menggunakan Software Solidworks, Journal of Science and Technology, vol 13, issue 3, pp 299 - 306

Koswara E, (2016), Perancangan Kursi Lipat Menggunakan Solidworks, Proceeding Seminar Teknologi Majalengka (STIMA), ISSN Cetak : 2528-3820, pp 226 - 229

Sasmito A, (2018), Disain Kekuatan Sambungan Hoop Pillar Dan Floor Bearer Pada Struktur Rangka Bus Menggunakan Solidworks, Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, vol 9, issue 1, pp 657 - 670

Putra, A, Susilo, A (2018), Perancangan Dan Implementasi Robot Pemadam Api Berbasis Mikrokontroler Arduino Mega 2560, Jurnal Teknologi Informasi, vol 4, issue 2, pp 1 - 13

Marianto, A, Muchlas, M, (2017), Rancang Bangun Robot Forklift dengan Kendali Smartphone Android Berbasis Arduino Mega 2560, Jurnal Ilmiah Teknik Elektro Komputer dan Informatika, vol 3 issue 2, pp 65 - 72

Saefullah, A, Saefullah, A, Rifai, M, (2017), Prototipe Robot Pengantar Makanan Berbasis Arduino Mega Dengan Interface Web Browser, CCIT Journal, vol 10 issue 2, pp 269 - 279

Bara, T, Rosyid, R, Prasetyo, M, (2021), Robot Peraga 12 Gerakan Pengaturan Lalu Lintas Berbasis Arduino Mega 2560, Technomedia Journal, vol 5 issue 2, pp 193 - 305

Suyatmo, S, Cahyadi, C, etc, (2020), Rancang Bangun Prototype Robot Pengantar Barang Cargo Berbasis Arduino Mega Dengan IOT, vol 1 issue 3, pp 215 - 219

Patta, A, Iskandar, I, (2019), Prototype Robot Pemungut Sampah Berbasis Arduino Mega, Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), vol 3 issue 2, pp 155 - 164

Penulis

nur khamdi
khamdi@pcr.ac.id (Kontak utama)
Biografi Penulis

nur khamdi, Politeknik Caltex Riau

teknik Mekatronika
khamdi, nur. (2022). Aplikasi Joystick sebagai pengendali pada Rancang Bangun Robot Panahan Berbasis Arduino Mega. CYCLOTRON, 5(1). https://doi.org/10.30651/cl.v5i1.8836

Rincian Artikel