Sistem Kontrol Suhu dan Waktu Otomatis Mesin Roasting Kopi Portabel

Rahman Arifuddin (1), Irfan Mujahidin (2), Subairi Subairi (3), Respati Wikantiyoso (4)
(1) Program Studi Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang, Indonesia,
(2) Program Studi Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang, Indonesia,
(3) Program Studi Teknik Elektro Universitas Merdeka Malang, Indonesia,
(4) Universitas Merdeka Malang, Indonesia

Abstrak

Proses roasting kopi secara manual dengan mengabaikan suhu dan waktu sangria dapat menimbulkan masalah yaitu pada tingkat kematangan dan aroma kopi tersebut. Permasalahan ini perlu diberikan solusi untuk proses sangria pada penentuan suhu dan waktu sangria. System kendali otomatis dalam penerapannya pada suhu dan waktu sangria dapat dilakukan dengan merancang system kendali otomatis pada suhu dan waktu sangria . Metode fuzzy logic dapat diterapkan pada system kendali tersebut dengan input suhu dan jumlah kopi yang akan disangrai serta output berupa waktu proses sangria. Dimana jumlah kopi dengan suhu yang telah ditentukan akan memberikan pengaruh pada  waktu proses sangrai, jumlah kopi 100 gram dengan suhu 110OC membutuhkan waktu sangrai + 50 menit.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

J. A. Siahaan, “Analisis daya saing komoditas kopi arabika indonesia di pasar internasional,†Skripsi. Progr. Stud. Ekon. Pertan. dan Sumberdaya. Inst. Pertan. Bogor. Bogor, 2008.

R. Kustiari, “Perkembangan pasar kopi dunia dan implikasinya bagi Indonesia,†2016.

L. Hidayah, “Analisis Rantai Pasok (Supply Chain) Kopi Robusta Pada Kelompok Tani ‘Tani Maju’ Desa Baturetno Kecamatan Dampit Kabupaten Malang.†Universitas Brawijaya, 2016.

A. Permana and I. Setiono, “Sistem Pengendalian Suhu dan Pemantauan Kelembaban Biji Kopi pada Mesin Penyangrai Berbasis Arduino 2560,†Gema Teknol., vol. 19, no. 2, pp. 19–23.

F. Tampubolon, Y. Pratama, and I. G. E. Dirgayussa, “Perancangan, Implementasi Monitoring dan Kontrol Alat Pemanggang Kopi,†ELKHA J. Tek. Elektro, vol. 12, no. 2, pp. 69–75.

I. Elektronik, “Manual MAX 6675 K-Type Thermocouple Temperature Sensor,†Semarang, 2014.

R. Arifuddin, “Pengembangan Sistem Akuisisi Data Terdistribusi Nirkabel Untuk Pengukuran Dan Mapping Suhu Bawah Permukaan.†Universitas Brawijaya, 2015.

R. Arifuddin and Y. Sinatra, “Identifikasi Sensor Suhu pada Setup Awal Untuk Pengukuran Suhu Bawah Permukaan,†JEECAE (Journal Electr. Electron. Control. Automot. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 209–212, 2018.

S. B. Utomo, M. Agung, and S. Sumardi, “Perancangan Sistem Pengaturan Suhu pada Mesin Sangrai Kopi Berbasis Logika Fuzzy,†Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 2, pp. 119–126, 2015.

Penulis

Rahman Arifuddin
rahman.arifuddin@unmer.ac.id (Kontak utama)
Irfan Mujahidin
Subairi Subairi
Respati Wikantiyoso
Arifuddin, R., Mujahidin, I., Subairi, S., & Wikantiyoso, R. (2021). Sistem Kontrol Suhu dan Waktu Otomatis Mesin Roasting Kopi Portabel. CYCLOTRON, 4(2). https://doi.org/10.30651/cl.v4i2.6517

Rincian Artikel