Rancang Bangun Aplikasi Presensi Menggunakan SmartCard RFID Berbasis Web

Tukadi Tukadi (1)
(1) Institut Teknologi Adhi tama Surabaya, Indonesia

Abstrak

Presensi karyawan di dalam suatu perusahaan merupakan keperluan administrasi yang penting,  karena dapat mempengaruhi besarnya gaji atau honor seorang karyawan dan juga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Untuk itu dalam presensi diperlukan ketelitian agar tidak merugikan perusahaaan atau karyawan itu sendiri. Maka dari itu pada penelitian ini di ancang aplikasi presensi unntuk penggajian menggunakan Smart Card Rfid Berbasis Web. RFID ini sendiri memiliki kelebihan kecepatan baca data dibandingkan alat sejenisnya, selain itu RFID juga lebih murah dari segi harga dan juga pembacaan informasi lebih mudah karena bentuk dan bidang tidak mempengaruhi pembacaan informasi. Secara fungsional RFID terdiri 2 bagian inti yaitu RFID reader dan tag RFID. Tag RFID adalah komponen kecil yang menyimpan sebuah informasi rahasia dimana informasi tersebut hanya dapat dibaca menggunakan RFID reader. Dengan menggunakan Smart Card Rfid berbasis Web dihasilkan proses presensi bisa lebih teliti, akurat dan dapat dimonitoring secara realtime dengan menggunakan web, sehingga dari pihak karyawan ataupun perusahaan dapat memantau presensi dimanapun secara realtime. Agar sistem berjalan dengan baik diperlukan efisiensi pengiriman data, semakin ringan data yang dikirim maka throughtput yang dibutuhkan semakin kecil, dari hasil pengujian didapatkan prosentase keberhasilan 95%. Berdasarkan pengujian error rate yang mana dilakukan percobaan sebanyak 10 kali dapat diketahui bahwa 9 dari 10 data berhasil terkirim dengan baik. Agar tindakan ini tidak membuat sistem menunggu terlalu lama pengiriman data dibatasi dengan waktu 5 detik

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

F. Chetouane, “An Overview on RFID Technology Instruction and Application,†IFAC-PapersOnLine, vol. 48, no. 3, pp. 382–387, Jan. 2015, doi: 10.1016/j.ifacol.2015.06.111.

S. Kong, J. Zhao, G. Shi, C. Wu, W. Zhao, and T. Liu, The Design and Implementation of the Attendance Management System based on Radio Frequency Identification Technology. Atlantis Press, 2015, pp. 189–192.

“Sistem Informasi manajemen : mengelola perusahaan digital / Kenneth C.Laudan , Jane P.Laudon ; penerjemah Chriswan Sungkono , Machmudin Eka P | Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.†http://36.67.167.42:8123/inlislite3/opac/detail-opac?id=25724 (accessed Jul. 17, 2020).

J. Kurose and K. Ross, Computer Networking: A Top-Down Approach, 7 edition. Boston: Pearson, 2016.

R. Want, “An Introduction to RFID Technology,†IEEE Pervasive Comput., vol. 5, no. 1, pp. 25–33, Jan. 2006, doi: 10.1109/MPRV.2006.2.

K. Finkenzeller, RFID Handbook: Fundamentals and Applications in Contactless Smart Cards, Radio Frequency Identification and Near-Field Communication. John Wiley & Sons, 2010.

Penulis

Tukadi Tukadi
tukadi@itats.ac.id (Kontak utama)
Tukadi, T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Presensi Menggunakan SmartCard RFID Berbasis Web. CYCLOTRON, 4(2). https://doi.org/10.30651/cl.v4i2.5649

Rincian Artikel