Perancangan Dan Pengukuran Alat Penentu Kadar Logam Pada Isolator Akibat Kontaminasi Oleh Polutan

R. Ahmad Cholilurrahman (1)
(1) , Indonesia

Abstrak

Kondisi isolator pada musim panas (kering) sering dihinggapi oleh debu atau material lain yang halus dan menempel pada isolator tersebut untuk jangka waktu sampai adanya musim hujan, adanya debu atau material yang menempel pada isolator tersebut menyebabkan terjadinya kontak fisik antara bahan isolator sendiri dengan bahan polutan yang ada. Jika ini terjadi cukup lama akan ad peristiwa senyawa yang bersifat kimiawi sehingga menimbulkan kontaminasi dan menyebabkan isolator tersebut daya tahannya menurun, Selama ini, PT PLN (Persero) sebagai pemilik hanya melakukan pemeliharaan dengan cara menyemprotkan isolator yang berdebu dengan air supaya terlihat bersih dan tidak kotor. Padahal sifat bahan yang terkontaminasi dan menempel pada isolator kemungkinan masih ada dan belum sepenuhnya bersih secara fisik dan kimia. Sebagai evaluasi digunakan pengukuran parameter-parameter tingkat kekotoran isolator, dilaksanakan dengan mengambil sampel di lapangan antara lain : di daerah bergaram seperti pantai kenjeran Surabaya, di kawasan polusi pabrik, Sentral Industri daerah Rungkut dan Tandes Surabaya, di jalan raya protokol, jalan di kawasan bisnis dengan polusi asap kendaraan yang tinggi (jalan Raya Darmo dan sejenisnya) di Surabaya. Hasil akhir menunjukkan bahwa : (1).

Sampel polutan kawasan pantai memiliki nilai konduktifitas terbesar dibandingkan dengan sample polutan kawasan padat kendaraan bermotor dan kawasan industri, (2). Sampel polutan kawasan pantai memiliki nilai timbunan garam ekivalen terbesar dibandingkan dengan sample polutan kawasan padat kendaraan bermotor dan kawasan industri, (3). Sampel polutan kawasan industri memiliki nilai kandungan besi dan kandungan tembaga terbesar dibandingkan dengan sample polutan kawasan padat kendaraan bermotor dan kawasan industri.
Kata Kunci : Isolator Pin-Post, Kegagalan Isolator, Equivalent Salt Deposit Density

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arismunandar, 1982, “ Teknik Tegangan Tinggi Suplemen â€, Jakarta.Penerbit PT Ghalia Indonesia, Jakarta.

Arismunandar, 1984, “ Teknik Tegangan Tinggiâ€, Jakarta.Penerbit PT Pradnya Paramita, Jakarta.

Baktir Achmad, 1992, “ Perkiraan Luas Daerah Penyebaran Polutan Partikular : Studi khasus Cerobang PT Semen Gresik â€, Laporan penelitian, PUSLIT ITS

Berahim, Hamzah, 2007, Resin Epoksi Silane layak untuk Materi Isolator Listrik Tegangan Tinggi Tropis, www,kapanlagi.com

Cholilurrahman, R. Ahmad dan artanti W.S., Ika, 1996, “ Teknik Pengujian Isolator Pin Post pada SUTM 20 kV “, Registrasi Perpustakaan ITATS, Surabaya, Nomor : 621.319, 37 dan 000720 / TAE / 1996.

Cholilurrahman, R. Ahmad dan Setiawati, indah, 1996, “ Penentuan Bentuk Isolator dan Medan Listrik pada Tegangan Kerja 6 kV dengan Persamaan Differensial yang Diperoleh dari Bantuan Koordinat Parabola “, Registrasi Perpustakaan ITATS, Surabaya, Nomor : 621.319.37 dan 000902 / TAE / 1996.

Endrianto, Agus, 2003, “ Perbandingan Antara SF6Cb dengan OCB Berbasis Sifat Bahan Pemadaman “, Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro, FTI, ITATS, Surabaya.

CIGRE Technical Bulletin 63, 1991, “ Guide to procedures for estimating the lightning performance of transmission lines “.

Madagaskar, 1993, “ Pengaruh Unsur Feldspar Pada Bahan Glasir Isolator Listrik Tegangan Menengah Terhadap Sifat Mekanik dan Kuat Tembus Listrik “, www.google.com

Nugrahanti,Asri,1993,“PengaruhUnsurKwarsa / Silika Pada Bahan Glasir Isolator Tegangan Menengah Terhadap Sifat Mekanik Dan Kuat Tembus Listrik “, Program Studi S-2 Teknik Material, PPs, UI, Jakarta.

Sirait dan Triyono, 1982, “Pemetaan Polusi Pada Isolator Listrik di Indonesiaâ€, Makalah pada Pertemuan Kelompok Tegangan Tinggi di Jakarta.

Penulis

R. Ahmad Cholilurrahman
cholilurrahman_r@yahoo.com (Kontak utama)
Biografi Penulis

R. Ahmad Cholilurrahman

Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Cholilurrahman, R. A. (2018). Perancangan Dan Pengukuran Alat Penentu Kadar Logam Pada Isolator Akibat Kontaminasi Oleh Polutan. CYCLOTRON, 1(2). https://doi.org/10.30651/cl.v1i2.1808

Rincian Artikel