Implementasi Digital Marketing Pada UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0 (Study Pada UMKM Di Kabupaten Sidoarjo)

Penulis

  • Nihlatul Qudus Sukma Nirwana Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sarwendah Biduri Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v18i1.5720

Abstrak

ABSTRACT 

 

This study aims to determine how the implementation of digital marketing in MSMEs in the era of the Industrial Revolution 4.0. The analysis in this study used descriptive quantitative method with questionnaire as the data collection technique. The population in this study were MSMEs in Sidoarjo Regency with a sample size of 32 MSMEs. Data analysis was carried out in four phases, namely editing, coding, tabulation, and data analysis. The results of the study explained that the implementation of digital marketing in the development of industry 4.0 at MSMEs in Sidoarjo Regency had not yet been implemented due to lack of training, business capital, human resources, unfulfilled development strategies, traditional business characteristics and high consulting costs.

 

Keywords                     : Digital Marketing; MSMEs; Industrial Revolution 4.0

Correspondence to       :  nihlaqsn@umsida.ac.id

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi digital marketing pada UMKM di era Revolusi Industri 4.0. Analisis dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM di Kabupaten Sidoarjo dengan jumlah sampel 32 UMKM. Analisis data dilakukan dalam empat tahap, yaitu penyuntingan, pengkodean, tabulasi, dan analisis data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa implementasi digital marketing dalam pengembangan industri 4.0 pada UMKM di Kabupaten Sidoarjo belum terlaksana karena kurangnya pelatihan, modal usaha, sumber daya manusia, strategi pengembangan yang belum terpenuhi, karakteristik bisnis tradisional dan konsultasi yang tinggi biaya.

Kata Kunci : Digital Marketing; UMKM; Revolusi Industri 4.0

Referensi

Akbar, D. S., Apip, M., & Usmar, D. (2018). STRATEGI Pengembangan Umkm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0: Dalam Perspektif Akuntansi. ISEI Accounting Review, 2(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.36217/iar.v2i2.72

Arsad, M. (2018, December). Revolusi Industri 4.0 Antara Peluang & Ancaman Bagi Umkm. Arsadcorner.Com. Retrieved from http://www.arsadcorner.com/2018/12/revolusi-industri-40-antara-peluang.html

Hertanto, A. (2017). Empat Strategi Indonesia Masuk Revolusi Industri Keempat. Kementrian Preinsdustrian Republik Indoanesia. Retrieved from https://kemenperin.go.id/artikel/17565/Empat-Strategi-Indonesia-Masuk-Revolusi-Industri-Keempat

Kominfo. (2018). Berhasil Kembangkan UMKM Pemkab Sidoarjo Raih Penghargaan Natamukti dari Menteri Koperasi dan UKM. Retrieved November 16, 2018, from Kabupaten Sidoarjo website: http://portal.sidoarjokab.go.id/berhasil-kembangkan-umkm-pemkab-sidoarjo-raih-penghargaan-natamukti-dari-menteri-koperasi-dan-ukm

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Purwanti, E. (2012). Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan Umkm Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Jurnal Among Makarti, 5(1), 13–28. https://doi.org/10.1007/BF02532975

Sandy, A. K. (2017). Sidoarjo Kota UKM. Retrieved Februar1 5, 2017, http://ayukartikasandy.wordpress.com/2017/02/12/sidoarjo-kota-ukm-indonesia/

Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System. Carrade : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–75.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaalitatif, dan R&D. Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2021-01-29

Terbitan

Bagian

Artikel