Pengaruh Price Discount, Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying pada Pengguna Brand ERIGO Apparel di Sidoarjo

Penulis

  • Erisa Al Maidah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Dewi Komala Sari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.30651/blc.v19i2.13014

Kata Kunci:

Fashion Involvement, Impulse Buying, Price Discount, Shopping Lifestyle,

Abstrak

ABSTRACT

 

This study aimed to determine the effect of Price Discount, Fashion Involvement and Shopping Lifestyle on Impulse Buying on ERIGO Apparel Brand users in the Sidoarjo area. This research is a descriptive study using quantitative methods. The Nonprobability sampling technique is a sampling technique used in this study, and the Purposive Sampling method is used in sampling for the number of samples in this study that took as many as 100 respondents to be the research sample. Data collection techniques using questionnaires. This study uses multiple linear regression analysis techniques using the SPSS Statistics version 22 data processing program. The results of this study prove that Price Discount has an effect on Impulse Buying, FashionCInvolvement has an impact on Impulse Buying, and Shopping lifestyle has an effect on Impulse buying on ERIGO Apparel brand users

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Price Discount, Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada pengguna Brand ERIGO Apparel di wilayah Sidoarjo. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif yang menggunakan metode kuantitatif. Teknik Nonprobability Sampling merupakan teknik sampling yang di gunakan dalam penelitian ini dan metode Purporsive Sampling adalah metode yang digukan dalam pengambilan sampel, untuk jumlah sampel dalam penelitian ini mengambil sebanyak 100 responden untuk menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program olah data SPSS Statistics versi 22 Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Price Discount berpengaruh terhadap Impulse Buying, FashionCInvolvement berpengaruh terhadap Impulse Buying, dan Shopping lifestyle berpengaruh terhadap Impulse buying pada pengguna brand ERIGO Apparel

Referensi

Chang. (2016). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat di kota Denpasar . E-Jurnal Manajemen Unud Vol.5, No.8.PP, 5264-5273.

Hidayah, Meizar Nur., & Dewi Komala Sari. (2021, Maret 31). Influence of Price Discount, In-Store Display and Shopping Lifestyle on Impulse Buying at UMAMA Gallery Sidoarjo. Jurnal Bisnis Manajemen dan Perbankan, 07(01), 01-09.

Kim. (2005). Consumer Profiles of apparel product involvement and values. Journal of Fashion Marketing and Management.

Korry, Putu Dyah., & Ketut Gede Sri Dwiya. (2017). Pengaruh Hedonisme Dalam Memediasi Fashion Involvement Terhadap Perilaku Impulse Buying Pada Generasi Milenial Di Bali. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 311-323.

Kotler,Philip. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip., & Gery Amstrong. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Manajemen. In Marketing Manajemen (Edisi 14 ed.). Bandung: PT.Kapa-Sigma.

Maharani, Nanda Dwi., & Eko Boedhi Santoso. (2019). Analisis Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying pada Konsumen Sophie Paris Business Center (BC) Kota Batu. JAB, Jurnal Aplikasi Bisnis, 117-118.

Mahmudah, Ainun Rizqiatul. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Price Discount terhadap Impulse Buying pada Mahasiswa Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo. Journal Of Economic, Business and Engginering, 290-299.

Panuju, Redi. (2021). Komunikasi Pemasaran "pemasaran sebagai gejala komunikasi, komunikasi sebagai strategi pemasaran" edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Park, Eun ., Kim, Eun., & Forney, Judith. Cardona. (2006). A Stuctural Model Of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal Of Fashion Marketing and management, 433-446.

Ramadhan, Ade Wahyu., & Novita Ekasari. (2021). Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying ( Studi Kasus Pada Pelanggan Alfamart di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu), 354-366.

Santoso, Nanda Dwi. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulse Buying pada Konsumen Shophie Paris Busines Center kota Batu. Journal Of Business and Innovation Management, 367-379.

Sudarsono, Heri. (2020). Buku Ajar: Manajemen Pemasaran (Edisi 1 ed.). Jember: CV. Pustaka Abadi.

Sugiharto, Japariyanto. (2011). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat High Income Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol-6 , 32-41.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan, Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2015). Medotologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supranto, Johanes. (2016). Statistik : Teori dan Aplikasi (Edisi 8 Jilid 2 ed.). Jakarta: ERLANGGA.

Tryanti, Inggit Kusni., & Rahmat Hidayat. (2018). Pengaruh Fashion Involvement dan Shopping Lifestyle terhadap Impulse Buying Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 174-180.

Winarni, Endang Widi. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif (Jilid 1 ed.). Bumi Aksara.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-30

Terbitan

Bagian

Artikel