Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali
DOI:
https://doi.org/10.30651/td.v9i1.5463Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali tentang urgensi pendidikan karakter dan bagaimana teori pendidikan karakter menurut al-Ghozali. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research), dan teknik analisis datanya menggunakan induktif dan deduktif.  Temuan penelitian ini dapat disimpulkan: pertama, pendidikan karakter adalah pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya. Kedua, Teori pendidikan karakter menurut al-Ghozali adalah pembersihan diri dari sifat kebuasan, kebinatangan, dan setan, kemudian mengisinya dengan sifat-sifat ketuhanan (rabbani). Pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sifat kebinatangan adalah pembersihan diri dari sifat-sifat hawa nafsu, seperti rakus, bakhil, riya’, dengki, buruk hati, la’b (main-main), dan lahw (senda gurau). Pendidikan karakter dalam hubungannya dengan sifat setan adalah meninggalkan sifat-sifat setan dalam diri seperti mengganggu, tipu muslihat, merusak, dan berkata kotor. Apabila jiwa sudah bersih dari sifat kebuasan, kebinatangan, dan setan, maka mudah berkembang sifat-sifat ketuhanan dalam diri. Adapun pendidikan karakter dalam kaitannya dengan sifat rabbani adalah pembinaan jiwa dengan sifat-sifat dan nama-nama Allah, seperti ilmu, hikmat, dan sifat-sifat lainnya yang terlepas dari perbudakan hawa nafsu dan amarah.
References
Munawir, Asrori 2020. Anomali Perilaku Remaja: Dialektika Fitrah Manusia dan Pendidikan Islam, Malang: Literasi Nusantara.
Ghazali. 1980. Ihya’ ulum ad-din, Beirut: Dar al-Fikr.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.
Hazimi, Khalid. 2000. Ushul al-Tarbiyah al-Islamiyah, Madinah al-Munawwarah: Dar 'Alam al Kutub.
Kesuma, Dharma. 2017. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Langgulung, Hasan. 1995. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: al-Ma'arif.
Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. 2013. Rekontruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nata, Abudin. 2003. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Depok: PT. Rajawali Pres.
Samani, Muhlas dan Hariyanto. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Model. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tafsir, Ahmad. 2010. Filsafat Pendidikan Islami. Bandung: PT. Rosda.
Tobroni. 2008. Pendidikan Islam: Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas. Malang: UMM Press.
Ulil Amri Syafri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis al-Qur'an. Jakarta: Rajawali Press.
Wibowo, Agus dan Sigit Purnama. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published workÂ