Implementasi Metode Cerry Lalaland dalam Pembelajaran Jarak Jauh
Abstrak
Implementation of Cerry Lalaland Method in Distance Learning
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah implementasi Cerry Lalaland sebagai metode alternatif pembelajaran sastra anak dan mengetahui sikap responden terhadap metode tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini adalah Cerry Lalaland dilakukan dengan pengumpulan nursery rhymes dan lagu dolanan Jawa, menganalisis nilai moral, sejarahnya, pembuatan web, implementasi dalam pembelajaran dan pengisian kuesioner. Hasil uji menggunakan skala likert menunjukkan bahwa metode Cerry Lalaland ini berada dalam kategori “Baik†dengan indeks prosentase 68,6%. Dengan demikian, simpulannya adalah bahwa metode cerry lalaland ini baik untuk diimplementasikan pada pembelajaran sastra anak dalam pembelajaran jarak jauh.Â
Â
Kata kunci:
Sastra anak, nursery rhymes, lagu dolanan jawa
ABSTRACT
This study aimed to describe the implementation stages of Cerry Lalaland as an alternative method of learning children’s literature and to find out the respondents’ agreement to the method. The method used in this research was descriptive qualitative and quantitative method. Questionnaire was used to collect data and analyze them through likert scale. The results were Cerry Lalaland was carried out by collecting nursery rhymes and lagu dolanan jawa, analyze moral and historical values, create web, implementate in learning and filling out questionnaires. The test results by using the likert scale showed that the Cerry Lalaland method was in the “good†category with a percentage index of 68.6%. The conclusion was cerry laland is a good method to be implemented in distance learning.
Â
Keyword:
Children’s literature, nursery rhymes, lagu dolanan jawa
Artikel teks lengkap
Referensi
Ariesta, F. W. (2019). Nilai Moral Dalam Lirik Dolanan Cublak-Cublak Suweng. Ilmu Budaya Cakrawala, 7(2), 188–192. http://journal.unhas.ac.id/index.php/jib/article/view/7104
Bolduc, J., & Lefebvre, P. (2012). Using Nursery Rhymes to Foster Phonological and Musical Processing Skills in Kindergarteners. Creative Education, 03(04), 495–502. https://doi.org/10.4236/ce.2012.34075
Bright, F. O. (2019). MORAL VALUES AND MULTIMODALITY IN SELECTED REWORKED ANIMATED NURSERY RHYMES FROM CHU CHU TV ’ S YOUTUBE CHANNEL. Pristine, 15(1), 138–152. https://www.globalacademicgroup.com/journals/pristine/MORAL VALUES AND MULTIMODALITY IN SELECTED REWORKED ANIMATED NURSERY RHYMES FROM CHU CHU TV’S YOUTUBE CHANNEL.pdf
Dewi, T. P., Purwadi, & Mudzanatun. (2019). Analisis Nilai Karakter Religius dan Nilai Karakter Tanggung Jawab Pada Tembang Dolanan Lir-ilir dan Sluku-Sluku Bathok. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 8(1), 44–49. https://doi.org/10.20961/semar.v8i1.18044
Fransiska, R. (2018). Implementasi Total Quality Management pada Pendidikan Jarak Jauh. AL-ULUM : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2). https://doi.org/10.31602/alsh.v3i2.1197
Fuadhiyah, U. (2011). Simbol Dan Makna Kebangsaan Dalam Lirik Lagu-Lagu Dolanan Di Jawa Tengah Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Lingua, 7(1), 15–26.
Fuady, M. J. (2016). PENGEMBANGAN APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE UNTUK PENDIDIKAN JARAK JAUH. Tekno, 26(September), 148–154. http://journal.um.ac.id/index.php/tekno/article/view/8281/3812
Green, P. B. (2007). A History of Nursery Rhymes. Singing Tree Press.
Hardiyan, R. C., Aesijah, S., & Suharto. (2019). Pembelajaran Lagu Dolanan Untuk menanamkan Nilai Karakter Pada Siswa SD Negeri Sekaran 01. Jurnal Seni Musik, 8(2), 105–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jsm/article/view/35048
Hidayah, A. (2017). Makna Budaya Lagu Dolanan: Dhondhong Apa Salak, Gundhul Pacul. Jurnal Penelitian Humaniora, 18(1), 19–26. https://doi.org/10.23917/humaniora.v18i1.3637
Kelsy, A. (2016). Nursery Rhymes and the History Behind them. Motifs: An International Journal of English Studies, 2(1), 7–27. https://doi.org/10.5958/2454-1753.2016.00002.7
Mayasari, G. H. (2016). Meneropong Teori Sastra Bandingan Pada Buku Metodologi Penelitian Sastra Bandingan. METASASTRA: Jurnal Penelitian Sastra, 4(2), 208. https://doi.org/10.26610/metasastra.2011.v4i2.208-2011
Mullen, G. (2017). More Than Words: Using Nursery Rhymes and Songs to Support Domains of Child Development. Journal of Childhood Studies, 42(2), 42. https://doi.org/10.18357/jcs.v42i2.17841
Pourkalhor, O., & Tavakoli, M. A. (2017). Nursery Rhymes and Language Learning: Issues and Pedagogical Implications. International Journal of English Language & Translation Studies, 05(01), 111–116. http://www.eltsjournal.org/archive/value5 issue1/14-5-1-17.pdf
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permana, S. L. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2), 99–109. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236
Rondiyah, A. A., Wardani, N. E., & Saddhono, K. (2017). Pembeljaran Sastra Melalui Bahasa dan Budaya Untuk Meningktkan Pendidikan Karakter Kebangsaan Di Era MEA (Masyrakat Ekonomi ASEAN). The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 1(1), 141–147. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1230
Rosmiati, A. (2014). Teknik Stimulasi dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini melalui Lirik Lagu Dolanan. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 15(1), 71–82. https://doi.org/10.24821/resital.v15i1.801
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.
Sudaryanto. (1986). Metode Lingusitik. Gadjah Mada University Press.
Sugiyarto, E., & Kusmayadi. (2009). Metodologi Penelitian Dalam Bidang Kepariwisataan (1st ed.). Gramedia Pustaka Utama.
Syahruddin, & Pongpalilu, F. (2014). Inovasi Pembelajaran Menulis Kreatif Melalui Web-Based Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 21(2), 146–154. https://media.neliti.com/media/publications/138963-ID-inovasi-pembelajaran-menulis-kreatif-mel.pdf
Trisnawati, R. K. (2009). Implementing Reader-Response Theory: An Alternative Way of Teaching Literature Research Report on the Reading of Booker T Washington’s Up from Slavery*. Journal of English and Education, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.20885/jee.vol3.iss1.art1
Wahid, A. N., & Saddhono, K. (2017). Ajaran Moral Dalam Lirik Lagu Dolanan Anak. MUDRA Jurnal Seni Budaya, 32(2), 172–177. https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/mudra/article/view/107/50
Wijaya, M. C. (2019). The Impact of Using Multimedia Interactive Based for Learning Media on Teacher and Student Communication in Bandung. Journal Pekommas, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.30818/jpkm.2019.2040106
Penulis
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.