Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi

Mukhlis Muhammad (1), Heny Kusuma Widyaningrum (2), Akbar Al Masjid (3), Kokom Komariah (4), Sumarwati Sumarwati (5)
(1) Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Universitas Islam Riau, Indonesia,
(2) PGSD, Universitas PGRI Madiun, Indonesia, Indonesia,
(3) PGSD, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia,
(4) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia,
(5) Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

Abstrak

The Implementation of Indonesian Language Learning Evaluation Procedures in SMK Pekanbaru in The Pandemic Period

 

ABSTRAK

Dalam proses pembelajaran tidak lepas dengan adanya evaluasi. Evaluasi pembelajaran harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan guna mengetahui prosedur evaluasi pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan prosedur evaluasi pembelajaran oleh guru Bahasa Indonesia di SMK di Pekanbaru tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data pelaksanaan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru. jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Data dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran oleh guru Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru tahun pelajaran 2020/2021 dikategorikan cukup yaitu memeroleh angka (72,56%). Kontribusi penelitian ini yaitu memberikan pengetahun kepada pembaca secara umum.

Kata kunci: Pelaksanaan Prosedur evaluasi Pembelajaran, Guru Bahasa Indonesia, masa pandemi

ABSTRACT

In the learning process cannot be separated from the evaluation. Learning evaluation must be carried out systematically and continuously in order to find out a good learning evaluation procedure. This study aims to describe the implementation of learning evaluation procedures by Indonesian language teachers at SMK at Pekanbaru in the 2020/2021 academic year. This study aims to collect data on the implementation of Indonesian language learning evaluation at SMK Pekanbaru. This study uses a qualitative research type. Data were collected through questionnaire. Data were analyzed by qualitative descriptive technique. The implementation of the learning evaluation by Indonesian language teachers at SMK Pekanbaru in the 2020/2021 academic year is categorized as sufficient, namely getting a score (72.56%). The contribution of this research is to provide knowledge to readers in general.

Keyword: Implementation of Learning evaluation procedures, Indonesian Language Teachers, the pandemic

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur). Remaja Rosdakarya.

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Rineka Cipta.

Atmazaki. (2013). Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9.

Batubara, H. H. (2016). Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1).

Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Harahap, Hayat, Mardianto, Wahyudin Nur Nasution. (2018). Perencanaan,Pengembangan dan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran PAI di SDN 064988 Medan Johor. Edu Riligia:Vol. 2 No.3 Juli- September

Hermawan, Adhi Oktavian. (2018). Pelaksanaan Evaluasi dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SekolahDasar Negeri Se-Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.

Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Kunandar. (2014). Penilaian Autentik (Penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013) suatu pendekatan praktik. Rajagrafindo persada.

Makbul, M. (2021). Pengembangan Evaluasi Pembelajaran. Seminar Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Alaudin Makassar. https://osf.io/wvhtz

Maryani, K. (2020). Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah di Masa Pendemi Covid-19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 41–52.

Miswanto, M. (2014). Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter. Madaniyah, 4(2), 151-164.

Muhainifah, Isni. (2017). Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran pada Kinerja Guru Penjasorkes Melalui Supervisi.Indonesian Journal on Education and Research -Volume 2 No 4–2017.

Nazirun, Nurmalinda, & Marhamah. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Forum Kerakyatan.

Pauji, R., Trisna, B. N., & Atsnan, M. F. (2016). Pemanfaatan hasil evaluasi pembelajaran matematika SMA di kota Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 164–170.

Reni, & A. B. (2019). Prosedur Pengelolaan dan Pelaporan Hasil Evaluasi Pembelajaran. Seminar Nasional Taman Siswa Bima, 1(1), 317–320.

Riadi, Akhmad. (2017). Kompetensi Guru dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan Volume 15 No. 28 Oktober 2017.

Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4(2), 88–100.

Subana, S. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Pustaka Setia.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.

Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widoyoko, E. P. (2016). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Wijaya, C A. (2018). Sistem Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Program Studi di Institusi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS)Vol. 1, No. 1, Agustus 2018

Penulis

Mukhlis Muhammad
Heny Kusuma Widyaningrum
heny@unipma.ac.id (Kontak utama)
Akbar Al Masjid
Kokom Komariah
Sumarwati Sumarwati
Muhammad, M., Widyaningrum, H. K., Masjid, A. A., Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 109–120. https://doi.org/10.30651/st.v14i2.8262

Rincian Artikel

No Related Submission Found