Hubungan Penggunaan Media Sosial dan Berpikir Kritis terhadap Keterampilan Membaca Intensif Siswa Kelas X SMA Budi Mulia
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunanaan media sosial dan berpikir kritis terhadap keterampilan membaca intensif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan desain penelitian adalah korelasi. Populasi penelitian ini adalah anak milenial atau yang lebih dikenal dengan istilah Generasi Z, dalam lingkup khusus yaitu Siswa Kelas X SMA Budi Mulia di Jakarta dan Bogor. Instrumen penelitian ini dengan menyebarkan kuesioner kepada 139 orang siswa. Penulis telah membangun hipotesis melalui data yang terkumpul, lalu dianaliss dengan menggunakan fakto analisis korelasi, regresi dan load of factor. Hasil penelitian menunjukkan setidaknya terdapat lima dimensi keterampilan membaca para siswa: media sosial sebagai fokus bacaan dan sumber informasi, media sosial sebagai way of life, critical reading skill, self-dialogue saat membuka-membaca media sosial, dan fokus berpikir kritis dalam menyampaikan gagasan dan juga selektif dan bijak dalam penggunaan media sosial. Penelitian ini memberikan penegasan akan adanya kebutuhan penggunaan media sosial untuk meningkatkan semangat membaca intensif di kalangan para siswa.
Kata kunci: Media sosial, berpikir kritis, keterampilan membaca intensif
ABSTRACT
This study aims to determine the relationship between the use of social media and critical thinking on intensive reading skills. This type of research is quantitative research and research design is correlation. The population of this research is millennial children or better known as Generation Z, in a special scope, namely Class X Students of Budi Mulia High School in Jakarta and Bogor. The instrument of this study was by distributing questionnaires to 139 students. The author has built hypotheses through collected data, then analyzed using facto correlation analysis, regression and load of factors. The results showed at least five dimensions of students' reading skills: social media as the focus of reading and information sources, social media as a way of life, critical reading skills, self-dialogue when opening and reading social media, and focus on critical thinking in conveying ideas and also selective and wise in the use of social media. This study provides an affirmation of the need for the use of social media to increase the enthusiasm of intensive reading among students.
Keyword: Social media, critical thinking, intensive reading skills
Artikel teks lengkap
Referensi
Amir, Mohammad Faizal. (2015). “Proses Berpiki Kritis Ssisw Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar.†Jurnal Math Educator Nusantara 12: 159–70. http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/download/235/150.
Anggraeni, Asri, Anis Amalia, Sinta Nuri Handayani, dan Yeni Rostikawati. (2018). “Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Hasil Belajar.†Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) 1: 157–64.
Bin Tahir, Saidna Zulfiqar. (2013). “Penggunaan Facebook Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Mahasiswa FKIP Jurusan Bahasa Inggris Di Universitas Iqra Buru.†Jurnal Prospek 15(1): 68–76.
Changwong, Ken, Aukkapong Sukkamart, dan Boonchan Sisan. (2018). “Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools.†Journal of International Studies 11(2): 37–48.
Chuah, Kee Man. (2013). “Aplikasi media sosial dalam pembelajaran Bahasa Inggeris: Persepsi pelajar universiti.†Issues in Language Studies 2 (1): 56–63. http://publisher.unimas.my/ojs/index.php/ILS/article/view/1680.
Fisher,Aleec. (2008). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Harras, Kholid A. (2014). “Hakikat dan Proses Membaca.†: 56. http://repository.ut.ac.id/4744/1/PBIN4108-M1.pdf.
Husna, Nida. (2019). “Developing students’ critical thinking through an integrated extensive reading program.†Teflin Journal 30 (2): 212–30.
Melinda. (2019). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis IT†INA-Rxiv PAPERS.
Prayitni, Endah Tri. (2014). “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Kritis Berbasis Intervensi Responsif.†Litera 13(1): 96–104. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/14253/9440.
Putra, Yanuar Surya. (2016). “Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi.†among Makarti 9 (1952): 123–34.
Putri, Destia Ramadanti. (2019). “Keterampilan Berbahasa Membaca Intensif.†INA RXIV PAPERS 2
Putu, Ni, Era Marsakawati, Putu Eka, dan Dambayana Suputra. “Pengaruh Media Facebook Dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa.†: 284–94.
Resmiati, Triska Fauziah. (2016). “Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dan Kemampuan Berpikir Analitik dengan Metode GIST (Generating Interaction Schemata And Text) melalui Pendekatan Saintifik.†Tunas Siliwangi 2(1): 138–58.
Sari Puspita, Meutia. (2017). “Fenomena Penggunan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik 4 (2): 1–13.
Sariyem, Sariyem. (2016). “Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Kritis Siswa Kelas Tinggi Sd Negeri Di Kabupaten Bogor.†Jurnal Pendidikan Dasar 7(2): 329.
Supratman, Lucy Pujasari. (2018). “Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native.†Jurnal Ilmu Komunikasi 15(1): 47–60.
Tristiantari, Ni Ketut Desia, dan I Made Sumantri. (2017). “Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca Dan Menulis.†JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2): 912.
Ziveria, Mira. (2017). “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Sarana Efektif Pendukung Kegiatan Perkuliahan di Program Studi Sistem Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Kalbe.†Kalbis Scientia Jurnal Sains dan Teknolog
Penulis
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.