Nilai Humanisme dan Upaya Penyelesaian Konflik dalam Novel How to Love Indonesia Karya Duma M. Sembiring

Wafiqotin Nazihah (1), Purwati Anggraini (2)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia1,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia1

Abstrak

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan nilai-nilai humanisme yang terdapat dalam novel How to Love Indonesia, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai humanisme dalam novel How to Love Indonesia dengan kehidupan modern saat ini, (3) mendeskripsikan upaya penyelesaian konflik yang berhubungan dengan nilai humanisme dari tokoh yang terlibat dalam novel How to Love Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis isi (content analysis). Pendekatan yang digunakan adalah sosiologi sastra. Sumber data diperoleh dari novel berjudul How to Love Indonesia karya Duma M. Sembiring (Juara 3 Seberapa Indonesiakah Dirimu?). Hasil penelitian ini adalah tokoh-tokoh yang ada dalam novel How to Love Indonesia mengajarkan nilai-nilai humanisme yakni menghargai pendapat orang lain, kerjasama, rela berkorban, peduli terhadap orang lain, tolong menolong dan solidaritas yang patut diteladani oleh pembaca. Nilai humanisme yang dihasilkan akan dikaitkan dengan kehidupan modernisasi yang terjadi saat ini. Upaya penyelesaian konflik menggunakan konteks sosial yang dihubungkan pada pemahaman mengenai  pendidikan tertinggi adalah dengan menghargai dan mencintai Negara seperti seorang anak yang mencintai ibunya.

Kata kunci: Nilai humanisme, upaya, dan relevansi

 

ABSTRACT

The purpose of this research is (1) to describe the humanism values contained in the novel How to Love Indonesia, (2) to describe the relevance of humanism values in the novel How to Love Indonesia with the current modernization life, (3) to describe conflict resolution the humanism values efforts from figures involved in the novel How to Love Indonesia. This research is a qualitative research with content technique analysis. The approach used is literary sociology. Data sources were obtained from a novel titled How to Love Indonesia by Duma M.Sembiring (Champion 3: Seberapa Indonesiakah Dirimu?). The results of this study are the characters in the novel How to Love Indonesia teach the humanism values, namely respecting the opinions of others, cooperation, willing to sacrifice, caring for others, helping and solidarity that sould be emulated by readers. the humanism values that is produced will be linked to the life of modernization that is happening now. Efforts to resolve conflicts using social contexts which related to understanding the highest education are to respect and love the country as we love mothers.   

Keyword: Humanism Values, Effort and relevance

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Agresti, Lise. (2018). "Analisis Nilai-nilai Humanisme dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye". Jurnal Ilmiah KORPUS. Vol 2 No 3.

Andayani, Budi. (2002). "Pentingnya Budaya Menghargai dalam Keluarga". Jurnal Buletin Psikologi. Tahun X, No.1

Alviah, Iin. (2014). "Kesantunan Berbahasa dalam Tuturan Novel Para Priyayi Karya Umar Kayam". Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 3 No 2.

Baron, r.a & Byrne, d. (2003). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga

Hardiman, Budi F. (2012). Humanisme dan Sesudahnya. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Lestari, Rini. (2016). "Transmisi Nilai Prososial pada Remaja Jawa". Jurnal Indigenous. Vo.1 No.2

Lim, K.M. (2007). Development of prosocial Values: Serving Learning as a strategy, Youth Guidance: Issues, interventions & Reflections, 28-40. Singapore : Pearson Education

Margono, Aris. (2015). "Perjuangan Kesetaraan Gender Tokoh Wanita Pada Novel-novel Karya Abidah El Khalieqy". Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 4 No 1.

Semi, Atar. (2012). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Angkasa.

Sutarmin, Seniati. (2014). "Penanaman Nilai-nilai Dasar Humanisme Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan di TK Islam Terpadu". Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. Vol 2 No 2.

Subiyantoro. (2013). "Pengembangan Model Pendidikan Nilai Humanis-Religius Berbasis Kultur Madrasah". Cakrawala Pendidikan. No 3.

Tabi’in, A. (2017). "Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial". Jurnal IJTIMAIYA. Vol.1 No.1 Juli-Desember.

Widodo, Suwarno. (2011). "Implementasi Bela Negara Untuk Mewujudkan Nasionalisme". Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol.1 No.1

Penulis

Wafiqotin Nazihah
wafiq.armadyah@gmail.com (Kontak utama)
Purwati Anggraini
Nazihah, W., & Anggraini, P. (2020). Nilai Humanisme dan Upaya Penyelesaian Konflik dalam Novel How to Love Indonesia Karya Duma M. Sembiring. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 145–154. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.4256

Rincian Artikel

No Related Submission Found