Eksistensi Perempuan dalam Kumpulan Cerita Pendek Jangan Main-Main (Dengan Kelaminmu) Karya Djenar Maesa Ayu

Devi Meiliana (1), Insani Wahyu Mubarok (2)
(1) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia,
(2) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Fokus penelitian ini: (1) Eksistensi perempuan yang berkaitan dengan esensi dalam kumpulan cerpen Jangan main-main (dengan kelaminmu) karya Djenar Maesa Ayu. (2) Eksistensi perempuan yang berkaitan dengan tanggung jawab dalam kumpulan cerpen Jangan main-main (dengan kelaminmu) karya Djenar Maesa Ayu. (3) Kebebasan eksistensi perempuan dalam kumpulan cerpen Jangan main-main (dengan kelaminmu). Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan eksistensi perempuan yang terdapat dalam cerpen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis pendekatan kualitatif karena datanya berupa kata-kata yang kemudian dikembangkan lagi secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kumpulan cerpen Jangan main-main (dengan kelaminmu) karya Djenar Maesa Ayu. Objek penelitian adalah kata, kalimat, teks atau dialog yang berisi tentang eksistensi perempuan. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat eksistensi perempuan yang berkaitan dengan esensi memperlihatkan adanya tuntutan keberadaan perempuan dalam cerpen yang mengatasi dirinya dengan kebebasan dan menjadikan hidupnya seperti apa yang diinginkan.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ayu, Djenar Maessah. 2016. Jangan Main-Main dengan Kelaminmu. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Beauvoir, Simond De 1999. Pengantar “Second Sex, Fakta dan Mitos. Terj. Toni B. Febriyantono. Surabaya: Pustaka Promethea.

Corey, Gerald. 1995. Teori dan Praktek Konselling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Eresku.

Dagun, Save M. 1990. Filsafat Eksistensialisme. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Modul Bimbingan dan Konseling PLPG. Surabaya: Unesa.

Hasan, Fuad. 1992. Berkenalan Dengan Eksistensialisme. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sartre, Jean Paul. 1992. Being and Nothingness; A Phenomenological Essay On Ontology, translated by: Hazel E. Barnes. Amerika: Washington Square Press.

Soemargono, Soejono. 1988. Filsafat Abad 20. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tong, Rosemarie Putnam. 2006. Feminist Thought: A More Comprehensive Introduction, Second Edition. Terj. Aquarini Priyatna Prabasmoro. Yogyakarta: Jalasutra.

Penulis

Devi Meiliana
devimeiliana406096@gmail.com (Kontak utama)
Insani Wahyu Mubarok
Meiliana, D., & Mubarok, I. W. (2019). Eksistensi Perempuan dalam Kumpulan Cerita Pendek Jangan Main-Main (Dengan Kelaminmu) Karya Djenar Maesa Ayu. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 52–66. https://doi.org/10.30651/st.v12i1.2442

Rincian Artikel

No Related Submission Found