Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya

Nawal Abdina Sandy (1)
(1) SMALB-B Karya Mulia Surabaya, Indonesia

Abstrak

Penelitian ini akan membahas tentang Pengaruh metode Think Pair Share terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan berbicara siswa tunagrahita yang menjadi subjek penelitian. Kurangnya keterampilan berbicara siswa tunagrahita ini disebabkan oleh beberapa factor yang juga akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain One-Group Pre-Test dan Post-test, yaitu pemberian tes sebelum pemberian perlakuan dan tes sesudah pemberian perlakuan. Yang menjadi subjek penelitian adalah siswa yang mengalami ketunaan jenis tunagrahita, yaitu kurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi dan lambat belajar di SMPLB Putra Mandiri Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus persentase dan T-Test. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan metode Think Pair Share memberi dampak positif terhadap keterampilan berbicara siswa tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Apriyanto, Nunung. 2007. Seluk-Beluk Tunagrahita & Strategi Pembelajarannya. Jakarta.

Mulyono, Abdurachman. 2012. Anak berkesulitan Belajar, Teori Diagnosis dan Remediasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sujinah. 2017. Menjadi Pembicara Terampil. Sleman: CV Budi Utama.

Penulis

Nawal Abdina Sandy
nawalabdina08@gmail.com (Kontak utama)
Sandy, N. A. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Tunagrahita SMPLB Putra Mandiri Surabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 30–40. https://doi.org/10.30651/st.v12i1.2440

Rincian Artikel