Kesantunan Berbahasa Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya
Abstrak
Kesantunan Berbahasa siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya terlihat ketika siswa bertutur sesuai dengan maksim kesantunan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan data tuturan antara siswa dengan guru di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan cara simak bebas lihat catat dan rekam suara. Teknik analisis data dengan menyusun data secara sistematis data yang diperoleh dari pengamatan dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa wujud kesantunan berbahasa siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya terlihat ketika siswa bertutur sesuai dengan maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan dan maksim kesimpatian.
Artikel teks lengkap
##article.generated_from_xml##
Referensi
Djadjasudarma, Fatimah. 1993. Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Eresco.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik (terjemahan M.D.D. Oka). Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Satori Djam'an dan Komariah Aan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta: bandung.
Penulis
Putra, B. S. (2019). Kesantunan Berbahasa Siswa di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(1), 17–29. https://doi.org/10.30651/st.v12i1.2439
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.