Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Indonesia) Youtuber Asal Jepang

Haura Zahra Salsabila (1), Ekaning Krisnawati (2), Dewi Ratnasari (3)
(1) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, Indonesia, Indonesia,
(2) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, Indonesia,
(3) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, Indonesia

Abstrak

Second Language Acquisition (Indonesian Language) of A Japanese Youtuber


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pemerolehan bahasa kedua pada YouTuber asal Jepang Genki Sadamatsu yang sudah mulai fasih berbahasa Indonesia. Fokus penelitian ini adalah pemerolehan B2 pada tataran fonologi dan morfologi, Sumber data berasal dari kanal YouTube milik Genki Sadamatsu yang diperoleh dari tiga video. Metode penelitian ini menggunakan metode deksriptif-kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode simak bebas libat cakap dengan teknik lanjutan teknik catat. Penelitian ini menggunakan teori Chomsky mengenai pemerolehan bahasa. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut, pemerolehan bahasa kedua merupakan pemerolehan bahasa yang sebelumnya mutlak harus memperoleh bahasa pertama terlebih dahulu. Penelitian ini ditunjang dengan adanya data-data yang bersumber dari kanal YouTube Genki Banget kemudian dapat disimpulkan apabila seseorang memperoleh bahasa kedua, seorang penutur pasti akan melewati tahapan yang sama seperti saat seseorang memperoleh bahasa pertama. Terdapat tuturan yang menunjukkan adanya pemerolehan bahasa kedua pada data yang diperoleh, diantaranya terdapat dua belas data pada tataran fonologi dan delapan data pada tataran morfologi. YouTuber Genki Sadamatsu kini sedang berproses dalam memperoleh bahasa Indonesia sebagai bahasa keduanya, yang dapat di tengah berproses memperoleh bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua, hal tersebut ditandai dengan adanya proses awal dalam pemerolehan bahasa kedua yaitu pada tataran fonologi dan morfologi. 

Kata kunci: pemerolehan bahasa, youtuber, fonologi dan morfologi


ABSTRACT

This study aims to see how the acquisition of a second language in Japanese YouTuber Genki Sadamatsu who has begun to be fluent in Indonesian. The focus of this research is the acquisition of B2 at the phonological and morphological levels, The source of the data comes from three videos. This research method uses descriptive-qualitative methods. In collecting data, researchers use the free listening method with advanced recording techniques. The results of the research obtained are as follows, g6 second language acquisition is language acquisition that previously absolutely had to obtain the first language first. This research is supported by data sourced from the Genki Banget YouTube channel then it can be concluded that if someone acquires a second language, a speaker will definitely go through the same stage like when a person acquires a first language. There are utterances that indicate the acquisition of a second language in the data obtained, including twelve data at the phonological level and eight data at the morphological level. YouTuber Genki Sadamatsu is currently in the process of obtaining Indonesian as his second language, which can be in the process of obtaining Indonesian as a second language, this is marked by the initial process of acquiring a second language, namely at the phonological and morphological levels.

Keyword: language acquisition, youtuber, phonology and morphology.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Chaer, Abdul. (1994). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

I Made Wirartha. (2006). Pedoman Penulisan Usulan Penelitian, Skripsi Dan Tesis. Yogyakarta: Andi.

Isnah, S. E., Sujinah, S., Ahmadi, A., & Mintowati, M. (2020). Planning and Policy on Children's Literature in Indonesia. Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and …, 4(2), 60-71.

Kartika, C. P., & Mubarok, W. I. (2017). ISTILAH ASING PRODUK BAHASA SUROBOYOAN SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN KEARIFAN LOKAL KOTA SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(1), 50-62.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramlan. (2009). Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV Karyono.

Ridlwan. (2021). Strategi Menyindir pada Video Youtube Sengklekman Official dan Relevansinya Terhadap Pembalajaran Bahasa Indonesia. 187-200. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Sudaryanto. (2015). Metode Dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press

Chairunnisa, Chairunnisa. (2018). “Pemerolehan Bahasa Pada Bayi Dan Anak.†Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 9(2): 125–37.

Yuliana, Rosa. (2020). “Pemerolehan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua Pada Siswa Thailand Di MA Nurul Islam Jember.†BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(1): 111–22.

Park Jin Ryeo. (2019). Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Indonesia) pada Anak Usia 2 Tahun. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 1, 15–28.

Nurrahman, Reisa, and Rismaniar Kartini. (2021). “Variasi Bahasa Dalam Percakapan Antartokoh Film Ajari Aku Islam.†Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 14(2): 175.

Rachmawati, Dian Karina. (2015). “Reduplikasi Bahasa Madura Dialek Sumenep Dalam Teori Morfologi Distribusional.†: 217.

Gombal dari Cewe Cantik Indonesia!! – YouTube. Dilansir pada 17 Juni 2022 melalui https://www.youtube.com/watch?v=8F0VbPUc41k.

Suweleh, W., & Karina. R, D. (2023). Language Acquisition for Children Age 5–6 in Learning Syllables and Word Meanings Through Media Worldwall at TK Aisyiyah 58 Surabaya. Research gate, 490-499. doi:10.2991/978-2-38476-022-0_52

Genki Banget. (2017). Challenge tanya jawab bersama Genki!! 全部インドãƒã‚·ã‚¢èªžã§ç­”ãˆã‚‹è³ªå•ã‚³ãƒ¼ãƒŠãƒ¼! – YouTube. Dilansir pada 17 Juni 2022 melalui https://www.youtube.com/watch?v=oQu8TQi_vNo

Penulis

Haura Zahra Salsabila
niasyahfitri9@gmail.com (Kontak utama)
Ekaning Krisnawati
Dewi Ratnasari
Biografi Penulis

Haura Zahra Salsabila, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Padjajaran, Indonesia

Mahasiswa ilmu budaya
Salsabila, H. Z., Krisnawati, E., & Ratnasari, D. (2023). Pemerolehan Bahasa Kedua (Bahasa Indonesia) Youtuber Asal Jepang. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 333–344. https://doi.org/10.30651/st.v16i2.18653

Rincian Artikel

No Related Submission Found