Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka

Silvia Wanda Agustin (1), Kusmiyati Kusmiyati (2), Afan Faizin (3)
(1) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia1, Indonesia,
(2) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia1, Indonesia,
(3) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia1, Indonesia

Abstrak

The Influence Digital Comic Media on The Results and Interest Students in Learning The Negotiation Text The Independent Curriculum

 

ABSTRAK

Hasil dari pengamatan yang dilakukan di kelas X SMA Dr. Soetomo Surabaya, didapati permasalahan yang terjadi adalah rendahnya hasil belajar siswa, hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran yang monoton, untuk itu diperlukan alternatif yang dapat mengubah proses pembelajaran agar lebih menarik, yaitu menggunakan media komik digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh media pembelajaran komik digital dalam meningkatkan hasil serta minat belajar peserta didik kelas 10. Penelitian ini menerapkan metode quasi eksperimen, dengan dua kelas sampel yang di teliti yaitu kelas X-4 dan kelas X-2. Uji analisis menggunakan uji independent sample t-test dan analisis deskriptif kuesioner, hasil dari penelitian ini yaitu nilai rerata kelas eksperimen lebih tinggi 77,36 dan rerata kelas kontrol adalah 53,51, berdasarkan uji hipotesis terdapat perbedaan dengan nilai sig. 0,000<0,05 jadi H_1 diterima dan H_0 ditolak, sedangkan pada uji analisis statistik deskriptif mendapat nilai rerata 3,03 dengan kriteria setuju pada pernyataan kuesioner.

Kata kunci: Media Komik, Hasil Belajar, Minat Belajar


ABSTRACT

The results of observations made in class X SMA Dr. Soetomo Surabaya, it was found that the problem that occurred was the low student learning outcomes, this occurred because the learning process was monotonous, for this reason an alternative was needed that could change the learning process to make it more interesting, namely using digital comic media. The purpose of this study was to see the effect of digital comic learning media in improving the learning outcomes and interest of grade 10 students. This study applied a quasi-experimental method, with two sample classes being studied, namely class X-4 and class X-2. The analytical test used is the independent sample t-test and questionnaire descriptive analysis. The results of this study are that the average value of the experimental class is 77.36 higher and the control class average is 53.51. Based on the hypothesis test, there is a difference with a significant value of 0.000 <0. .05 then  is accepted and  is rejected, while in the descriptive statistical analysis test it gets an average value of 3.03 with the criterion of agreeing on the questionnaire statement.

Keyword: Comic Media, Learning Outcomes, Interest to learn

 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, V, XVI(1).

Amalia, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Belajar Materi Perubahan Wujud Benda MenyublimKkelas III MI Tarbiyatul Islamiyah Gresik.

Amil, A. J., & Rosid, A. (2018). Pengaruh Prnggunaan Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Berorientasi Kurikulum 2013 Pada Siswa Kelas VII MTS Negeri Bangkalan. STILISTIKA, 11(1), 58–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/st.v11i1.1932.g1474

Azizah, F. N. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Literasi Aljabar Untuk Siswa SMP Kelas VII. In eprints UMM.

Batubara, H. H. (2020). Media Pembelajaran Efektif (1st ed.). Fatawa Publishing.

Florayu, B., Isnaini, M., & Testiana, G. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Komik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang. Jurnal “Mosharafa,†6(1), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.293

Inayati, I., Fatin, I., & Sujinah, S. (2021). Penerapan Metode Field Trip Melalui Google Classroom dalam Pembelajaran Penulisan Teks Laporan Hasil Observasi di Masa Pandemi Covid-19. Belajar Bahasa, 7(1), 1-13. doi:https://doi.org/10.32528/bb.v7i1.5

Irmiah, L., Sujinah, Ngatma’in, Haryanti, T., & Supriyanto, E. (2023). Kualitas Video Pembelajaran Teks Eksplanasi Peristiwa 10 November Elemen Membaca dan Memirsa. Jurnal Elsa, 21(1), 11–22.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.

Khasanah, N., Ngazizah, N., & Anjarini, T. (2021). Pengembangan Media Komik Dengan Model Problem Based Learning Pada Materi Daur Hidup Hewan Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 25–35.

Liansari, V., & Untari, R. S. (2020). Strategi Pembelajaran (V. Rezania (ed.); 1st ed.). UMSIDA Press.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2817

Meilana, S. F., & Aprilianti, R. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Komik Terhadap Keterampilan Bercerita Bahasa Indonesia Siswa Kelas III Jaticempaka VI Bekasi. AKRAB JUARA, 7, 350–363.

Nuranisa, S. (2021). Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Menganalisis Teks Negosiasi (1st ed.). anyflip.com. https://online.anyflip.com/mfqeg/kmxt/mobile/

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. In News.Ge (1st ed.). UMSIDA Press.

Siskawati, Y., & Ramadan, Z. H. (2022). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(2), 507–519. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i2.1745

Sukariyadi, T. I. (2022). Manajemen Kurikulum. In Thesis Commons (Issue Januari).

Suparman, I. W., Eliyanti, M., Hermawati, E., & Kuningan, U. (2020). Pengaruh Penyajian Materi dalam Bentuk Media Komik. PEDAGOGI, 7(1), 57–64. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i1.2860

Suweleh, W., & Rachmawati, D. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelompok TK A Dengan Media Gambar Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 58 Surabaya Tahun Ajaran 2021/2022. PENDAGOGI, 8(1), 37-52. doi:http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.12834

Suweleh, W., & Rachmawati, D. (2023). Language Acquisition for Children Age 5–6 in Learning Syllables and Word Meanings Through Media Worldwall at TK Aisyiyah 58 Surabaya. 1st UMSurabaya Multidisciplinary International Conference 2021 (pp. 491-499). Paris: Atlantis Press. doi:10.2991/978-2-38476-022-0_52

Penulis

Silvia Wanda Agustin
silviawandaagustin@gmail.com (Kontak utama)
Kusmiyati Kusmiyati
Afan Faizin
Biografi Penulis

Silvia Wanda Agustin, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia1

Mahasiswa 

Prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan

 

Kusmiyati Kusmiyati, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia1

Dosen 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 

Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Afan Faizin, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia1

Dosen 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 

Universitas Dr. Soetomo Surabaya

Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 281–290. https://doi.org/10.30651/st.v16i2.18097

Rincian Artikel

No Related Submission Found