Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Teks Anekdot di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan
Sari
ABSTRAK
Profil Pelajar Pancasila adalah cara untuk menguatkan nilai karakter khususnya peserta didik dari pengaruh pergeseran budaya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan implementasi mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pelajaran bahasa Indonesia di Kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan (2) mendeskripsikan metode untuk menguatkan karakter Profil Pelajar Pancasila dalam pelajaran bahasa Indonesia di kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini adalah implementasi Profil Pelajar Pancasila telah diterapkan dengan baik oleh peserta didik karena guru kelas selalu mengingatkan dan memberi nasihat kepada peserta didik. Hal tersebut tampak pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks aknekdot. Metode yang dilakukan sebagai penguatan Profil Pelajar Pancasila sudah diterapkan ke dalam pembelajaran dan akan terus dikembangkan melalui RPP.
Kata Kunci: Teks anekdot, Profil Pelajar Pancasila.
ABSTRACT
Pancasila Student Profile is a way to strengthen character values, especially students from the influence of cultural shifts. The objectives of this study are (1) describing the implementation of the Pancasila Student Profile in Indonesian language lesson in Class X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan (2) Describing methods to strengthen the character of the Pancasila student profile in Indonesian language lessons in class X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. This type of research is descriptive qualitative. The source of this research data is 36 students of class X DKV SMK Negeri 3 Balikpapan. The data collection techniques of this study are interviews, observations, and documentation. Data analysis techniques of this study were carried out by reducing data, presenting data, and conclusions. Results in this research is the implementation of profile students pancasila has been applied in advance by student because class teachers always remind and provides advice to the students. This can be seen in the learning Indonesian language of the anecdote text material. The method carried out as a strengthening of the Pancasila Student Profile has been applied to learning and will continue to be developed through lesson plan.
Keywords: anecdote text, Pancasila Student Profile.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aditomo, A. (2021). Nilai-Nilai Pancasila dalam Pembelajaran Merdeka Belajar. Diperoleh dari http://ditpsd.kemdikbud.go.id/uploa d/filemanager/download/merdeka- belajar/Merdeka-Belajar-Profil- Pelajar-Kurikulum-Pancasila.pdf.
Antari, L.P.S & Liska, L.D. 2020. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan: Widyadari, 21 (2), 676-687.Diperoleh dari https://doi.org/10.5281/zenodo.4049444.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di Sekolah Dasar. Jurnal PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3 (1), 35-44. Diperoleh dari https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/pernik/art icle/view/4839/4644.
Atmazaki. (2013). Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang: UNP.
Imron, I.F & Aka, K, A. (2018). Fenomena Sosial. Banyuwangi: LPPM Institut Agama Islam Ibrahimy.
Irawati, D. dkk. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6 (1),1224-1238. Diperoleh dari https://doi.org/10.33487/edumaspul. v6i1.3622.
Istianingsih, G. & Dharma, D. S. A. (2021). Integrasi Nilai Karakter Diponegoro dalam Pembelajaran untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Kebudayaan, 16 (1), 25-42. Diproleh dari https://doi.org/10.24832/jk.v16i1.44 7.
Jamaludin dkk. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas (JCP), 8 (3), 698-709.
Diperoleh dari https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.25 53.
Jamaludin & Alanur, S. N. (2021). Pengembangan Civic Knowledge dan Literasi Informasi di Masa Pandemi Covid-19 melalui Case Method pada Mahasiswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pendidikan Kewarganegaraan: Jurnal Ilmiah Hasil Penelitian maupun Pemikiran Kritis, 11 (1), 28-
Diperoleh dari http://dx.doi.org/10.20527/kewarga negaraan.v11i01.10083.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5 (2), 138-151.
Diambil dari https://doi.org/10.51476/dirasa h.v5i2.402.
Kurniawaty dkk. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan: Edukatif, 4 (4), 5170-5175.
Diperoleh dari https://edukatif.org/index.php/eduka tif/article/view/3139/pdf.
Mutiara dkk. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Elektronik Cerita Fabel Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Elemen Gotong Royong sebagai Media Literasi Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (2), 2419- 2429. Diperoleh dari : https://doi.org/10.31004/basicedu.v 6i2.2455.
Nur’Inayah, N. (2021). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 di SMK Negeri Tambakboyo. JELS: Journal of Education and Learning Science, 1 (1), 1-13. Diperoleh dari https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7.
Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Imliah Dinamika Sosial, 1 (2), 202-224. Diperoleh dari https://doi.org/10.38043/jids.v1i2.2 19.
Pratomo, I.C & Herlambang, Y. T. 2021. Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pedagodik Pendidikan Dasar, 8 (1), 7-15. Diambil
dari https://doi.org/10.17509/jppd.v 8i1.31206.
Rachmawati dkk. 2022. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3), 3613-3625. Diambil dari https://doi.org/10.31004/basicedu.v 6i3.2714.
Rahman BP dkk. (2020). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur-Unsur Pendidikan. Jurnal Al- Urwatul: Kajian Pendidikan Islam, 2 (1), 1-8. Diperoleh dari https://journal.unismuh.ac.id/index. php/alurwatul/article/view/7757.
Rahmayanti dkk. (2020). Analysis of Teacher’s Difficulty in Apllying Learning with the Saintific Approach. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9 (1), 72-80. Diperoleh dari http://dx.doi.org/10.33578/jpfk ip.v9i1.7850.
Rusnaini dkk. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27 (2),
-249. Diperoleh dari https://doi.org/10.22146/jkn.67 613.
Safitri dkk. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu: Journal of Elementary Education, 6 (4),
-7086. Diperoleh dari https://doi.org/10.31004/basice du.v6i4.3274.
Sebayang, S. & Rajagukguk, T. (2019). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru di SD dan SMP Swasta Budi Murni 3 Medan. Jurnal Ilmu Manajemen: Methonomix, 2 (2),
-114. Diperoleh dari https://methonomi.net/index.php/jm/article/view/127/0.
Setyowati, A. (2019). Strategi Menyelamatkan Pancasila. Diperoleh dari https://nasional.kompas.com/read/2 019/10/13/21112671/strategi- menyelamatkan-pancasila.
Siregar,J.2019. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Kesehatan Tridarma Pematang Siantar. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2 (1), 206-214. Diperoleh dari https://doi.org/10.30743/bahastra.v2 i1.1373.
Sitompul, E. dkk. (2022). Karakter Gotong Royong dalam Paket Pembelajaran Tokoh Sema. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (40, 3473-3487. Diperoleh dari 10.31004/obsesi.v6i4.1674.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Alfabeta: Bandung.
Wardani dkk. (2017). Analisis Teks Anekdot Bermuatan Karakter dan Kearifan Lokal sebagai Pengayaan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6 (2), 68-77.Diperoleh
dari https://doi.org/10.15294/jpbsi. v6i2.23505.
Winata dkk. (2020). Landasan Teori Pendidikan Karakter di Sekolah (Tinjauan Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi). Jurnal Al Amar (Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen, dan Pendidikan), 1 (3), 48-59. Diperoleh dari
http://journal.steialamar.com/ojs1/in dex.php/alamar/article/view/49.
Yulianti, E. & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2 (3), 399-408. Diperoleh dari https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3. 4366.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta: Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling , 2 (2), 83-91. Diperoleh dari https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83- 91.1641.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/st.v16i1.15700
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30651/st.v16i1.15700.g5997
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.