Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Berita Berbasis TIK untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku pengayaan menulis teks berita berbasis TIK. Dengan adanya Buku Pengayaan Menulis Teks Berita Berbasis TIK, peneliti berasumsi jika mampu membantu kegiatan belajar mengajar guru dan peserta didik dalam di kelas. Peneliti modifikasi sepuluh tahapan penelitian pengembangan menurut Borg and Gall menjadi lima tahap sesuai dengan kebutuhan penelitian (1) penelitian dan pengelompokan data, (2) pengembangan produk awal, (3) pengujian validitas, (4) revisi produk, dan (5) pengujian di lapangan. Berdasarkan penilaian ahli bahan ajar pada buku pengayaan menulis teks berita yang memuat TIK didapatkan skor rata-rata 81,7 artinya hasil tersebut masuk kedalam kategori “Sangat Baik” dan Sangat Layak, tanpa perlu adanya direvisi. Uji validasi dari ahli materi buku pengayaan menulis berita berbasis TIK mendapat kriteria “Baik” setelah mendapat penilaian dengan mendapat skor 72,3 yang artinya sesuai dan tidak perlu dilakukannya revisi. Buku pengayaan menulis teks berita berbasis TIK memperoleh nilai rata-rata 95,8 berdasarkan hasil penilaian dari respon siswa, yang artinya buku pengayaan masuk dalam kategori “Sangat Baik” dan hasil respon guru didapatkan skor rata-rata 80, dengan yang artinya buku pengayaan yang dikembangkan masuk kedalam kriteria “baik”.
Kata Kunci: Buku Pengayaan, Berita, TIK
ABSTRACT
This research was conducted to develop an enrichment news text book based on ICT. With an enrichment news text book based on ICT, researchers assume if it is able to help the teaching and learning activities of teachers and students in the classroom. Researchers modify the ten stages of development research based on Borg and Gall into five stages according to research needs (1) research and data grouping, (2) preliminary product development, (3) validity testing, (4) product revision, and (5) field testing. field. Based on the assessment of teaching material expert’s evaluation, the enrichment news text book based on ICT, achieved an average score of 81.7 means that the results fall into the category of "Very Good" and Very Eligible, without the need for revision. The validation test from the material experts on ICT-based news writing enrichment books received the "Good" criterion after receiving an assessment with a score of 72.3, which means it is appropriate and no revision is needed. The enrichment news text book based on ICT obtained an average score of 95.8 based on the results of the student responses assessment, which means that the enrichment book is in the "Very Good" category and the teacher's response results obtained an average score of 80, which means that the enrichment book developed into the criteria of "good".
Keyword: Enrichment Book, News, ICT
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anggraeni, D. H. (2018). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Konsep Pecahan (R&D) di Kelas V SDN Serang 21 Kota Serang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.
Ika, I., Lestari, A., Aprilyanto, F., & Uturoh, M. (2022). Variasi Mengajar Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya, 11(1), 34-39.
Inung, C. S. (2012). Menulis Berita di Media Massa. Klaten: Citra Aji Parama.
Irfan, D. N. (2015) Identifikasi Hambatan dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus VI UPTD Kecamatan Ponjong. S1 thesis, PGSD. Universitas Negeri Yogyakarta.
Istiqomah, (2015) Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksplanasi Bermuatan Kearifan Lokal untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Kosasih, E. (2016). Cerdas berbahasa indonesia untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.
Nuraisyah, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Maket Ekosistem Tema Ekosistem untuk Kelas V SD Yamastho Surabaya. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.
Romli, A. S. (2014). Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar (371.33; Vol. 1, Nomor 371.33, hlm. 1–62). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4157/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.
Jayanti, T., Nuryatin, A., & Mardikantoro, H. B. (2015). Pengembangan buku pengayaan menulis cerita biografi bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter bagi peserta didik kelas VIII SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).
Wahjuwibowo, I. S. (2015). Pengantar Jurnalistik: Teknik Penulisan Berita, Artikel, & Feature. Tangerang: PT Matana Publishing Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/st.v16i1.15412
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30651/st.v16i1.15412.g6029
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.