Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Berita Berbasis TIK untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Moh. Rizqi Abdillah (1), Agus Milu Susetyo (2), Yerry Mijianti (3), Astri Widyaruli Anggraeni (4)
(1) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember, Indonesia,
(2) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember, Indonesia,
(3) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember, Indonesia,
(4) Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian  ini  dilakukan  untuk  mengembangkan  buku  pengayaan  menulis teks  berita  berbasis  TIK.  Dengan  adanya  Buku  Pengayaan  Menulis  Teks Berita  Berbasis  TIK,  peneliti  berasumsi  jika  mampu  membantu  kegiatan belajar mengajar guru dan peserta didik dalam di kelas. Peneliti modifikasi sepuluh tahapan penelitian pengembangan menurut Borg and Gall menjadi lima  tahap  sesuai  dengan  kebutuhan  penelitian  (1)  penelitian  dan pengelompokan  data,  (2) pengembangan  produk  awal,  (3)  pengujian validitas,  (4)  revisi  produk,  dan  (5)  pengujian  di  lapangan. Berdasarkan penilaian  ahli  bahan  ajar  pada  buku  pengayaan  menulis  teks  berita  yang memuat  TIK  didapatkan  skor  rata-rata  81,7  artinya  hasil  tersebut  masuk kedalam  kategori  “Sangat Baikâ€Â  dan  Sangat  Layak,  tanpa  perlu  adanya direvisi. Uji validasi dari ahli materi buku pengayaan menulis berita berbasis TIK mendapat kriteria “Baik†setelah mendapat penilaian dengan mendapat skor  72,3  yang  artinya  sesuai  dan  tidak  perlu  dilakukannya  revisi.  Buku pengayaan menulis teks berita berbasis TIK memperoleh nilai rata-rata 95,8 berdasarkan hasil penilaian dari respon siswa, yang artinya buku pengayaan masuk dalam kategori “Sangat Baik†dan hasil respon guru didapatkan skor rata-rata  80,  dengan  yang  artinya  buku  pengayaan  yang  dikembangkan masuk kedalam kriteria “baikâ€.

Kata Kunci: Buku Pengayaan, Berita, TIK

ABSTRACT

This research was conducted to develop an enrichment news text book based on ICT. With an enrichment news text book based on ICT, researchers assume if it is able to help the teaching and learning activities of teachers and students in the classroom. Researchers modify the ten stages of development research based on Borg and Gall into five stages according to research needs (1) research and data grouping, (2) preliminary product development, (3) validity testing, (4) product revision, and (5) field testing.  field.  Based on the assessment of teaching material expert’s evaluation, the enrichment news text book based on ICT, achieved an average score of 81.7 means that the results fall into the category of "Very Good" and Very Eligible, without the need for revision.  The validation test from the material experts on ICT-based news writing enrichment books received the "Good" criterion after receiving an assessment with a score of 72.3, which means it is appropriate and no revision is needed. The enrichment news text book based on ICT obtained an average score of 95.8 based on the results of the student responses assessment, which means that the enrichment book is in the "Very Good" category and the teacher's response results obtained an average score of 80, which means that the enrichment book developed into the criteria of "good".

Keyword: Enrichment Book, News, ICT

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Anggraeni, D. H. (2018). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Konsep Pecahan (R&D) di Kelas V SDN Serang 21 Kota Serang. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri "SMH" Banten.

Ika, I., Lestari, A., Aprilyanto, F., & Uturoh, M. (2022). Variasi Mengajar Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi. Madani Institute: Jurnal Politik, Hukum, Ekonomi, Pendidikan dan Sosial-Budaya, 11(1), 34-39.

Inung, C. S. (2012). Menulis Berita di Media Massa. Klaten: Citra Aji Parama.

Irfan, D. N. (2015) Identifikasi Hambatan dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Kelas IV Sekolah Dasar di Gugus VI UPTD Kecamatan Ponjong. S1 thesis, PGSD. Universitas Negeri Yogyakarta.

Istiqomah, (2015) Pengembangan Buku Pengayaan Menyusun Teks Eksplanasi Bermuatan Kearifan Lokal untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Kosasih, E. (2016). Cerdas berbahasa indonesia untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Erlangga.

Nuraisyah, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Maket Ekosistem Tema Ekosistem untuk Kelas V SD Yamastho Surabaya. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Malang.

Romli, A. S. (2014). Jurnalistik Praktis untuk Pemula. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sadjati, I. M. (2012). Pengembangan Bahan Ajar (371.33; Vol. 1, Nomor 371.33, hlm. 1–62). Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4157/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Jayanti, T., Nuryatin, A., & Mardikantoro, H. B. (2015). Pengembangan buku pengayaan menulis cerita biografi bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter bagi peserta didik kelas VIII SMP. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2).

Wahjuwibowo, I. S. (2015). Pengantar Jurnalistik: Teknik Penulisan Berita, Artikel, & Feature. Tangerang: PT Matana Publishing Utama.

Penulis

Moh. Rizqi Abdillah
Agus Milu Susetyo
Yerry Mijianti
yerry.mijianti@unmuhjember.ac.id (Kontak utama)
Astri Widyaruli Anggraeni
Biografi Penulis

Moh. Rizqi Abdillah, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Muhammaditah Jember

 

Agus Milu Susetyo, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Asisten Ahli

Yerry Mijianti, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Asisten Ahli

Astri Widyaruli Anggraeni, Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakuktas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammaditah Jember

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Asisten Ahli

Abdillah, M. R., Susetyo, A. M., Mijianti, Y., & Anggraeni, A. W. (2023). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Teks Berita Berbasis TIK untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 181–194. https://doi.org/10.30651/st.v16i1.15412

Rincian Artikel

No Related Submission Found