Studi Korelasi Antara Diksi dan Gaya Bahasa Lirik Lagu Suara Bonek dengan Semangat Kerja Bonek di Kompetisi Sepak Bola Tahun 2017

Faiz Naufal Rozan (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstrak

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini dalah bagaimana arek-arek bonek membanggakan Persebaya dengan berbagai cara atau tindakan yang penuh dengan kreativitas. Unsur lagu sangat diperhitungkan untuk memompa semangat perjuangan pemain Persebaya mengingat lagu memiliki banyak kelebihan dalam berbagai hal. Untuk memberikan jawaban terhadap permasalahan tersebut, diperlukan adanya penelitian melalui pendekatan deskriptif dan pendekatan korelasi dengan berusaha mendapatkan data melalui dokumentasi dan pengambilan angket dari. Hasil dari pencarian data kemudian di analisis melalui tabulasi, persentase, deskripsi dan statistik dengan menggunakan komputer, program microsof excel. Dari simpulan analisis data, dapat diberikan gambaran bahwa gaya bahasa dalam lirik lagu Suara Bonek memiliki gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan. Kedua, gaya bahasa tersebut memiliki makna persamaan, pertentangan, perbandingan, dan perulangan. Ada korelasi yang positif judul tersebut. Nilai korelasi sebesar 0,821546 yang berarti korelasi kuat antara judul tersebut.

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatin, I. (2016). Eufemia Hotel Prodeo pada Berita Ketika Angie Cek Gigi dan Nyalon di Hotel Prodeo. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(2). https://doi.org/10.30651/st.v8i2.84

Fatin, I. (2016). Optimalisasi Literasi Membaca pada Mahasiswa Nonbahasa dengan Metode Pagitukul (pasangan-berbagi-waktu-pukul). Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya, 2(1).

Fitri, D. N., & Kartika, P. C. (2016). Ragam Bahasa pada Acara Ini Talk Show di NET TV pada Januari 2015. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Gunawan, I., Gayatri, Y., Yarno, D., Ainy, C., & Ratnadewi, D. (2015). PENINGKATAN BUDAYA KOLABORASI DAN KOLEGIALITAS MELALUI LESSON STUDY. Didaktis: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1-35.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., & Mubarok, I. W. (2014). PEMBENTUKAN KARAKTER PERSONAL MAHASISWA PBSI FKIP UMSURABAYA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 14(1).

Ishaq, M., Affandy, A. N., & Mubarok, I. W. (2016). Budaya Lokal dalam Novel Matahari di Atas Gilli Karya Lintang Sugianto. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(1).

Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, Harimurti. 2011. Kamus Linguistik Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia, PustakaUtama.

Ngatma'in, N. I. (2015). konflik politik dalam langit merah jakarta karya anggie d. widowati. Didaktis Jurnal Pendidikan, 15(1), 1-16.

Pearson. Pengertian Analisis Korelasi Sederhana Rumus Pearson Pengertian Analisis Korelasi Sederhana Rumus Pearson, diakses dari http: //teknikelektronika.com/ Diakses 25 Juni 2017.

Rachmawati, D. K. (2016). Pemosisian Tokoh Habibie pada Negosiasi Antara Soeharto-Habibie dalam Novel Habibie & Ainun: Kajian Analisis Wacana Kritis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2).

Sujinah, S., Hermoyo, R. P., Pudyastuti, M. E., Kartika, P. C., Mubarok, I. W., & Ngatma'in, N. I. (2014). Pembentukan Karakter Personal Mahasiswa PBSI FKIP UMSurabaya melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw. Didaktis Jurnal Pendidikan, 14(1), 1-16.

Suhardi. 2013. Pengantar Linguistik Umum. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Penulis

Faiz Naufal Rozan
daikodaofficial@gmail.com (Kontak utama)
Rozan, F. N. (2018). Studi Korelasi Antara Diksi dan Gaya Bahasa Lirik Lagu Suara Bonek dengan Semangat Kerja Bonek di Kompetisi Sepak Bola Tahun 2017. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 10(2). https://doi.org/10.30651/st.v10i2.1344

Rincian Artikel

No Related Submission Found