Pembekalan Literasi Dasar Guru Sekolah Dasar Islam untuk Mencapai Sustainable Development Goal (SDGs): Pendidikan Berkualitas
Abstrak
Basic Literacy Training of Islamic Primary Teachers for Achieving Sustainable Development Goal: Quality Education
Â
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melatih dan mengembangkan perangkat pembelajaran literasi kelas awal yang cocok digunakan untuk guru Sekolah Dasar Islam. Tingkat literasi dan keterampilan literasi dasar anak Sekolah Dasar telah menjadi permasalahan dalam dunia pendidikan di Indonesia beberapa tahun terakhir. Lebih dari setengah pemuda Indonesia yang menyelesaikan sekolah formal masih belum memahami apa itu literasi, termasuk tidak memahami apa yang dibaca serta banyaknya manfaat yang diperoleh seperti keterampilan tambahan, kekayaan pengetahuan, dan peningkatan kualitas hidup. Metode yang digunakan adalah pengembangan model ADDIE. Penelitian ini menggunakan teknis analisis kualitatif deskriptif untuk mendeskripsikan pengembangan dan hasil evaluasi, serta analisis kuantitatif deskriptif untuk menjabarkan hasil implementasi. Hasil pengembangan berupa paket pembelajaran literasi dasar (early class literacy package). Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan pelatihan literasi pada guru Sekolah Dasar Islam ditandai dengan penguasaan paket pembelajaran literasi dasar. Paket pembelajaran literasi dasar dapat juga membantu guru dalam memberikan pendidikan yang berkualitas.
Kata kunci: Guru pendidikan sekolah dasar Islam, literasi, sekolah dasar, SDGs, pendidikan berkualitas
ABSTRACT
This study aims to train and develop early grade literacy learning tools which is suitable for Islamic primary school teachers. The literacy level and basic literacy skills of primary school children have become a problem in the education field in Indonesia in recent years. More than half of Indonesian youth who finish formal education still do not understand what literacy is, including not understanding what to read and the many benefits that come with it, such as additional skills, a wealth of knowledge, and improved quality of life. The method used is the development of the ADDIE model. This study uses descriptive qualitative analysis techniques to describe the development and evaluation results and descriptive quantitative analysis to describe the implementation results. The result of the development is in the form of an early class literacy package. This study shows that the success of literacy training for Islamic primary School teachers is characterized by mastery of basic literacy learning packages. Basic literacy learning packages can also assist teachers in providing quality education.
Keyword: Islamic teacher, literacy, primary schools, SDGs, quality education
Artikel teks lengkap
Referensi
Adams, MJ (1990). Mulai membaca: Berpikir dan belajar tentang cetak. Cambridge, MA: MIT Press.
Aditomo, A., & Faridz, NF (2019). Ketimpangan Mutu dan Akses Pendidikan di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei PISA 2015. [Ketimpangan Kualitas dan Akses Pendidikan di Indonesia: Potret Berdasarkan Survei PISA 2015]
Majelis, G. (2015). Tujuan pembangunan berkelanjutan. SDGs Mengubah Dunia Kita, 2030.
Bulat, J., dkk. (2017). Apa yang Telah Kami Pelajari dalam Dekade Terakhir: Pendekatan RTI untuk Instruksi Keaksaraan Kelas Awal. Publikasi Pers RTI No. OP-0039-1702. Taman Segitiga Penelitian, NC: RTI Press.https://doi.org/10.3768/rtipress.2017.op.0039.1702
Frankel, JR, Wallen, NE, & Hyun, HH (2011). Bagaimana merancang dan mengevaluasi penelitian di bidang pendidikan (8. press).
Juwantara, RA (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. [Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Operasional Konkret Anak Usia 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika.] Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27-34.
Kame'enui, EJ, Carnine, DW, Dixon, RC, Simmons, DC, & Coyne, MD (2002). Strategi pengajaran yang efektif yang mengakomodasi peserta didik yang beragam (edisi ke-2). Upper Saddle River, NJ: Prentice Hall.
Kaminski, R., Cummings, KD, Powell-Smith, KA, & Bagus, RH (2008). Praktik terbaik dalam menggunakan Indikator Dinamis Keterampilan Keaksaraan Dini Dasar untuk penilaian dan evaluasi formatif. Praktik terbaik dalam psikologi sekolah V, 4, 1181-1204.
Kennedy, E. (2012). Literasi pada Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar (3-8 tahun). Dublin: Dewan Nasional untuk Kurikulum dan Penilaian.
Kim, Y.-S., G., Boyle, HN, Zuilkowski, SS, & Nakamura, P. (2016). Laporan lanskap tentang literasi kelas awal. Washington, DC: USAID. Diambil darihttps://globalreadingnetwork.net/publications-and-research/landscape-report-early-grade-literacy-skills
Kusmana, S. (2017). Pengembangan literasi dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. [Pengembangan literasi dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah.] Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1(1).
Mullis, IVS, Michael O., Pierre, F., dkk (2012). Hasil Internasional PIRLS 2011 dalam Membaca. AS: Pusat Studi Internasional TIMSS & PIRLS.
Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. [Wacana Literasi Abad 21 di Indonesia] Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 107-126.
Ofulue, CI (2011). Literasi di kejauhan dalam konteks multibahasa: Isu dan tantangan. Tinjauan Internasional Penelitian dalam Pembelajaran Terbuka dan Terdistribusi, 12(6), 84-101.
Célia Oliveira, João Lopes & Louise Spear-Swerling, (2019). Pelatihan akademik guru untuk instruksi keaksaraan, Jurnal Pendidikan Guru Eropa,DOI: 10.1080/02619768.2019.1576627
Pribadi, BA (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. [Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi yang menerapkan model ADDIE] Kencana: Jakarta.
Rusydi, R. (2016). Peran Muhammadiyah (Konsep Pendidikan, Usaha-Usaha Di Bidang Pendidikan, Dan Tokoh). [Peran Muhammadiyah (Konsep Pendidikan, Upaya Pendidikan, dan Tokohnya).] TARBAWI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 139-148.
Santrock, JW (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Santrock, JW (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Sari, IFR (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. [Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah dalam Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penanaman Karakter] Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89-100.
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Wawasan dan Interpretasi. Penerbitan OECD.
Sheldon M. Barr, Zohreh R. Eslami, R. Malatesha Joshi, G. Patrick Slattery Jr. & Janet Hammer (2016) Persepsi dan Pengetahuan tentang Konstruksi Literasi oleh Guru Sekolah Dasar ELLs, The Educational Forum, 80:1, 61- 78, DOI:http://dx.doi.org/10.1080/00131725.2015.1102364
Siddiq, M., & Salama, H. (2018). PERAN MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN NASIONAL. [PERAN MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN NASIONAL] Muqaddimah: Jurnal Studi Islam, 14(3), 42-63.
Suragangga, IMN (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. [Mendidik melalui literasi untuk pendidikan berkualitas]. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163.
Teale, WH, & Sulzby, E. (1986). Emergent Literacy: Menulis dan Membaca. Penelitian Penulisan: Penyelidikan Multidisiplin tentang Sifat Seri Penulisan. Ablex Publishing Corporation, 355 Chestnut St., Norwood, NJ 07648.
Welty, G. (2007). Fase 'desain' model ADDIE. Jurnal Kepatuhan GXP, 11(4), 40-53.
Penulis
Hak Cipta
- Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra adalah penerbit atau Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email stilistika@um.surabaya.ac.id.
- Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.