Kajian Sastra Didaktis dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata

Ari Kartini (1), Sumiyadi Sumiyadi (2)
(1) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia,
(2) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Pendidikan Indonesia, Indonesia, Indonesia

Abstrak

Analysis of Didactic Literature In Guru Aini Novel Written by Andrea Hirata

 

ABSTRAK

Novel sabagai salah satu karya sastra dapat dikatakan sebagai interprestasi kehidupan dan perilaku yang nyata. Penelitian ini mencoba menggali dimensi nilai-nilai didaktis pada sebuah novel. Kajian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif  analisis deskripsi  dengan pendekatan sastra didaktis. Data diambil bersumber dari novel berjudul “Guru Aini†yang dibuat oleh salah satu penulis terkenal Andrea Hirata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam novel “Guru Aini†karya Andrea Hirata terdapat unsur sastra didaktis berkenaan dengan pertama melalui kajian alur tokoh dan penokohan, serta latar dapat ditemukan nilai-nilai karakter seperti kepribadian yang bermartabat, mandiri, kreatif, tanggung jawab, idealis, kerja keras, penuh semangat, dan mampu mengendalikan diri; kedua adanya dimensi nilai pendidikan nasional, yaitu nilai karakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas; ketiga bahasa yang disajikan sangat menarik, mudah dipahami, mengandung metafora, dan perumpamaan dalam menjelaskan ilmu matematika serta kehidupan. Secara garis garis besar, novel berjudul “Guru Aini†karya Andrea Hirata dapat dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di sekolah dalam meningkatkan karakter siswa.

Kata kunci: sastra didaktis, novel guru aini, nilai karakter

ABSTRACT

Novel as a literary work can be said as an interpretation of real life and behavior. This study tries to explore the dimensions of didactic values in a novel. The study was conducted using a qualitative descriptive analysis method with a didactic literary approach. The data is taken from a novel entitled "Guru Aini" which was written by one of the famous writers, Andrea Hirata. The results show that in the novel "Guru Aini" by Andrea Hirata there are didactic literary elements related to the first through the study of the plot of characters and characterizations, and the setting can be found character values such as dignified, independent, creative, responsible, idealistic, personality. hard work, passionate, and able to control themselves; secondly, there are dimensions of national education values, namely the values of religious, nationalist, independent, mutual cooperation, and integrity characters; The three languages presented are very interesting, easy to understand, contain metaphors, and parables in explaining mathematics and life. Broadly speaking, the novel entitled “Guru Aini†by Andrea Hirata can be used as a teaching material for learning literature in schools in improving the character of students.

Keyword: didactic literature, “Guru Ainiâ€, character values

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Abrams, G. G. H. (2009). A Glossary of Literary Terms. In College Composition and Communication (Vol. 8, Issue 4). https://doi.org/10.2307/354930

Chamalah, E., Nuryyati, R., & Nurbaya, S. T. (2020). Representation of Teacher in Andrea Hirata Novel Guru Aini: A Study of Literary Psychology. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 1(2), 121. https://doi.org/10.30659/jamr.1.2.121-132

Fauziyyah, D. F. S. (2020). Nilai-Nilai Didaktis dalam Novel Burung-Burung Kecil Karya Kembangmanggis. Sematik, 9(1), 41–50. https://doi.org/10.22460/semantik.vXiX.XXX

Halimah, Sumiyadi, Y. M. (2018). Strategi Pembelajaran Dimensi Literasi Melalui Kedidaktisan Cerpen-cerpen HB. Jassin. October, 0–8.

Kemendiknas. (2011). Pelaksanaan Pendidikan Karakter. In Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Vol. 66, Issue November).

Khaerunnisa, K., Faznur, L. S., & Meilinda, L. (2021). Nilai-Nilai Akhlak dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(1), 1. https://doi.org/10.30651/st.v14i1.5476

Kusmarwanti. (2012). Menumbuhkan Karakter Anak Melalui Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar. Mycological Research, 1–13.

Petriciuc, L. (2019). Contrastive-Comparative Study on Students’ Perceptions of Using Literary Texts As Authentic Language Learning Resources. Revista de Pedagogie - Journal of Pedagogy, LXVII(1), 123–138. https://doi.org/10.26755/revped/2019.1/123

Repp, C. (2012). What’s Wrong with Didacticism? The British Journal of Aesthetics, 52(3), 271–285. https://doi.org/10.1093/aesthj/ays023

Rosidin, M. (2017). Nilai didaktis dalam teks puisi rakyat pada buku ajar bahasa indonesia. 181–186.

Ruys, J. F. (2008). Introduction: Approaches to Didactic Literature —Meaning, Intent, Audience, Social Effect. Brepols Publishers, 1–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1484/M.Disput-Eb.3.3245

Suminto, A. S. (2015). Pembelajaran Sastra di Sekolah dan Kurikulum 2013. Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 112–122.

Sumiyadi. (2016). “Memperkukuh Jati Diri Bangsa melalui Sastra Didaktisâ€. Dalam Endang, dkk (penyunting), Prosiding: Seminar Nasional dan Kongres Ke-3 Ikatan Pengajar Bahasa Indonesia (IPBI). 72–82.

Tatalia, R. G., & Yulianti, U. (2020). Dekonstruksi Tokoh Guru Desi Dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata (Kajian Dekonstruksi Derrida). Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 2(2). https://doi.org/10.25077/majis.2.2.31.2020

Tchoshanov, M. (2013). Engineering of Learning: Conceptualizing e-Didactics. www.iite.unesco.org

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional –UUSPN

Zuchdi, Darmiyati. 2011. “Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Wahana Pendidikan Karakter†dalam Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Penulis

Ari Kartini
arikartini@institutpendidikan.ac.id (Kontak utama)
Sumiyadi Sumiyadi
Biografi Penulis

Ari Kartini, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Pendidikan Indonesia, Indonesia

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Sumiyadi Sumiyadi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Institut Pendidikan Indonesia, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Pascasarjana UPI Bandung
Kartini, A., & Sumiyadi, S. (2022). Kajian Sastra Didaktis dalam Novel Guru Aini Karya Andrea Hirata. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(1), 132–145. https://doi.org/10.30651/st.v15i1.11063

Rincian Artikel

No Related Submission Found