INOVASI MODEL STRATEGI ATAU METODE PEMBELAJARAN

Penulis

  • Siti Qur’aini Fitroh Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstrak

Tujuan penelitihan ini adalah untuk mengetahui dan menggali inovasi
dalam pembelajaran. Berawal dari asumsi bahwa pendekatan yang berpusat pada
pendidik memiliki banyak kelemahan, sementara itu, pendekatan yang berpusat
pada peserta didik, peran guru adalah membantu siswa menemukan fakta, konsep,
atau prinsip bagi mereka sendiri. Oleh karna itu untuk merunjuk pada upaya
pembelajaran menuju pembentukan karakter siswa yang kreatif, interaktif, dan
inovatif dalam proses pembelajaran di kelas. Maka di perlukan implementasi
model-model pembelajaran berbasis inofatif. Sudah waktunya guru
mengimplementasikan model-model pembelajaran berpusat pada siswa sebagai
salah satu inovasi pembelajaran yang menjadikan siswa sebagai sentral
pendidikan. Model-model pembelajaran insovatif diharapkan siswa dapat
mengembangkan potensinya, dan kemampuannya untuk pengembangan
masyarakat, bangsa dan negara.

 

Kata Kunci: inovasi; model;pembelajaran.

Referensi

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan metode pembelajaran.

Semarang: Unissula.

Ali, G. (2013). Prinsip-prinsip pembelajaran dan implikasinya terhadap pendidik dan peserta didik.

Al-Ta'dib, 6(1), 31-42.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitihan Tindakan Kelas. Bumi Aksara

Asrori, M. (2013). Pengertian, tujuan dan ruang lingkup strategi pembelajaran. Madrasah: Jurnal

Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Bab, I. V. (2018). Kebijakan pendidikan. ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN, 133.

Bektiarso, S. (2015). Strategi Pembelajaran.

Budiana, I., Haryanto, T., Khakim, A., Nurhidayati, T., Marpaung, T. I., Sinaga, A. R., ... & Laili, R.

N. (2022). Strategi pembelajaran. CV Literasi Nusantara Abadi.

Dewi, E. R. (2018). Metode pembelajaran modern dan konvensional pada Sekolah Menengah Atas.

PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media

Gamal THABRONI 2022, 11 03 2022 teori-teori belajar menurut para ahli, compasiana. Com

(https://serupa.id/teori-teori-belajar-menurut-para-ahli/)

Gunawan, I., Ulfatin, N., Sultoni, S., Sunandar, A., Kusumaningrum, D. E., & Triwiyanto, T. (2017).

Pendampingan Penerapan Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Implementasi Kurikulum

Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).

Home 2021, 21 februairi 2021, pengaruh kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terhadap

minat dan motivasi belajar peserta didik, kompasiana.com

(http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/?p=2022)

Khomaeny, E. F. F., & Hamzah, N. (2019). Metode-metode Pembelajaran Pendidikan Karakter

Untuk Anak Usia Dini Menurut QS Lukman 12-19. Edu Publisher.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan profesionalisme guru melalui inovasi

pembelajaran. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373-390.

Mawati, A. T., Siregar, R. S., Fauzi, A., Purba, F. J., Sinaga, K., Ili, L., ... & Bermuli, J. E.

(2021). Strategi pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Nasution, W. N. (2017). Strategi pembelajaran.

Nugraheni, A., Kafiliani, D., Karnia, F. T., & Hajron, K. H. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Kerja Kelompok. Prosiding Konferensi

Ilmiah Dasar, 3, 1675-1684.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan:

Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).

Pak dosen 2023, 10 mei 2023 , pengertian belajar kelompok, kompasiana com (

https://pakdosen.co.id/belajar-kelompok/)

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan pembelajaran inovatif berbasis

pendampingan bagi guru sekolah dasar. Abdimas Siliwangi, 1(1), 17-25.

Ramadhani, P. S., Hakim, R., & Awrus, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran

Kerja Kelompok Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Batik Siswa Kelas Xi Di Smkn 8

Padang. Serupa The Journal of Art Education, 7(1).

Sani, R. A. (2022). Inovasi pembelajaran. Bumi Aksara.

Sulastri, E. (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Guepedia.

Tika, H. M. P. (2005). Metode Penelitian Geografi. Bumi Aksara

Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model,

metode pembelajaran. IRDH Book Publisher.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-09