HUBUNGAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA ANAK USIA DINI DENGAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DI KB. AT-TAQWA TAHUN PELAJARN 2021/2022

Penulis

  • Putri Mustiningtyas Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahono Wahono Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Naili Sa’ida Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

The purpose of this study was to determine the relationship between story listening skills in early childhood with the use of audio visual animation media in learning at Kb. At-Taqwa Academic Year 2021/2022. At the beginning of human life first learn to listen, then speak, read, and write. Mastery of listening skills will affect other language skills. The research method used in this research is descriptive qualitative. With data collection techniques by observation, interviews, documentaries and questionnaires. In this study to analyze the data the author uses statistical analysis (statistical analysis). The results obtained in this study are the relationship between story listening skills in early childhood and the use of audio-visual animation media in learning at At-taqwa Kindergarten in the 2021/2022 academic year. In the context of learning effectiveness, the main thing is listening to stories later in family planning activities. At-Taqwa is expected to apply more audio- visual animation learning so that it can improve the intelligence of students in family planning. At- Taqwa.

 

Keywords: statistical analysis; interview; audio visual; questionnaire

Referensi

Anshori, Latif. 2007. Peningkatan Keterampilan Menyimak Dongeng dengan Media Audio melalui Komponen Learning Community pada siswa kelas VII C SMP Negeri 13 Semarang, Skripsi: Unnes

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Budiarti, Ratna. 2007. Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Rakyat Melalui Pendekatan Kontektual Komponen Inquiri pada siswa kelas V SD Negeri patemon Tahun Ajaran

/2007. Skripsi : Unnes

Darmawan, Aksis. 2001. Keterampilan Menyimak Dengan Menggunakan Media Audio Pada Siswa Kelas II SMP 2 Kaliwungu Kudus. Skripsi: Unnes

Endraswara, Suwardi. 2002. Metode Pengajian Apresiasi Sastra. Yogyakarta: CV. Radhita Buana

Majid, Abdul Aziz Abdul. 2001. Mendidik dengan Cerita, terjemah Neneng Yanti KP dan Iip Dzulkifli Yahya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Marlina, Ice. 2007. Peningkatan Keterampilan Menyimak Puisi Menggunakan Media Audio Visual dengan Komponen Masyarakat Belajar pada siswa Kelas VII B SMP Al-kautsar Semarang Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi: Unnes

Mtholib. 2007. Pengertian Animasi. Diunduh dari http:/ / mtholib.wordpress.com/2007/08/21/pengertian –animasi/ Muslich,Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Kompetesi dan Kontekstual. Jakarta: bumi Aksara

Nurgiyantoro, burhan. 2007. Penilaian Pembelajaran Sastra Anak, makalah disajikan dalam Seminar Nasional Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Penerbitan buku Bunga Sampai Evaluasi Bahasa dan Sastra Indonesia, 25 Agustus 2007. Semarang: Unnes

Oktoviana, Sofi. 2007. Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerpen Menggunakan Media Audio dengan Elemen masyarakat Belajar pada siswa kelas XI.IA5 SMA Negeri I Rembang. Skripsi : Unnes

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-12