ANALISIS KESULITAN SISWA KELAS XI SMK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PROGRAM LINEAR MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING

Penulis

  • Jamal Thahir Karo Karo

Abstrak

this study aims to describe the difficulties students experience in resolving linear programs, describing the various student difficulties, describing the student's level of difficulty and describing the factors that cause the student's greatest difficulty by using blended learning. The study USES qualitative descriptive methods. The subject of this study is the xi class of 37 students on a land-terrain flight center that suffers from linear program materials. Data collection is obtained by way of observation, diagnostic tests of linear program materials, angkets and interviews with students. Research results are student difficulties as well as the factors that cause difficulties students experience in linear program materials. As for the difficulties students experience is 15.2 percent concept difficulties, principle difficulties of 38.4%, difficulty in solving problems of 193%. Certain difficulties of the subject amount to 27.1%. The underlying factor is the internal factor of learners with low student interest, and the external factor of most influential learners in families and schools.

 

Keywords: Difficulty, linear programming, problem solving, blended learning

Referensi

Abdurrahman, M. 2009. Pedidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remediasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Anonim. Hakekat matematika. (Online). (Hakekat matematika « Techonly13's Blog.htm). Diakses 6 April 2020.

Arifin, Zaenal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Filosofi, Teori dan Aplikasinya. Surabaya: Lentera Cendikia.

Burton, W.H. 1952. The Guidence of Learning Activities. New York: Appleton Century Croffts, Inc.

Dalyono, M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M.(2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Entang, M. 1984. Diagosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remidial. Jakarta: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Jakarta.

Gunawan, Imam.2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahiang tentang Bangun Datar Ditinjau dari Teori

Van Hiele.[online]. Tersedia: http://repository.unib.ac.id/8426/2/I,II,III ,2-13-her.FI.pdf [29 Juli 2020].

Hidayat, Asep Syarif. 2008. Diagnosis dan Remidi Kesulitan Belajar Matematika. Makalah disampaikan pada Pendidikan dan Pelattihan Profesi Guru. Jakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hidayati, Fajar. 2010. Kajian Kesulitan Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hudoyo dan Sutawijaya. (1998). Pendidikan Matematika I. Jakarta. Dirjen Dikti Depdiknas

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended learning) Terampil memadukan keunggulan pembelajaran Face to face, E-learning Offline-Online dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Idris, Ridwan. 2009. Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Jurnal Lentera Pendidikan.

Ischak, S.W dan Wardji R. 1987. Program Remedial dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Liberty.

Jannah, Anis Rohmatul. 1999. Usaha-usaha Penanggulangan Kesulitan Belajar Siswa di MTsN Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel

Kadir, P. (2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir

Sebagai Upaya Peningkatan

Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematik, dan

Keterampilan Sosial Siswa SMP. Disertasi UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Kasmina, Suhendra, dkk. (2008). Matematika Program Keahlian Teknologi,

Kesehatan, dan Pertanian untuk SMK dan MAK kelas X. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kemendikbud. (2020) „Perluas Akses Belajar di Masa Covid-19, Mendikbud Luncurkan Program Belajar dari Rumah‟ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. [online]. Tersedia di: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog /2020/04/perluas-akses-belajar-di-masa-

Covid19 mendikbud-luncurkanprogram-belajar-dari-rumah. Diakses: 06 Desember 2020

Kesumawati, Nila. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Semnas Matematika dan Pendidikan Matematik. Hlm 229

Lambertus. 2003. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear Dua Peubah Bentuk Soal Cerita Pada Kelas II SLTP Negeri 3 Moramo. Jurnal Penelitian FKIP Unhalu.

Ningsih, Yunika Lestaria, dkk. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended learning,†Jurnal Pendidikan Matematika : 8(2) : hlm 155-164. Noer, M. Blended learning Mengubah Cara Kita Belajar di Masa Depan. (Online). (http://www.muhammadnoer.com/2010/ 07/blended learning-mengubah-carakita- belajar-di masa-depan). Diakses pada tanggal 26 Juni 2020.

Ormrod, Jeane Ellis. Tanpa tahun. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Terjemahan oleh Dra. Wahyu Indianti, M.Si., Dra. Eva Sepriana, M.Si., Airin Y Saleh, M.Psi. dan Dra. Puji Lestari, M.Psi. 2008. Jakarta: Erlangga.

Partowisastro, Koestoer dan A. Hadisuparto. 1986. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Partowisastro, Koestoer dan A. Hadisuparto. 2010. Diagnosa dan Pemecahan Kesulitan Belajar Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Puspensos, (2020). Corona dan Wabah Dunia. [Online]. Artikel :https://puspensos.kemsos.go.id/en/Publi kasi/topic/567 . Diakses : 27 Juni 2020.

Rabeh Morrar, dkk. (2017). The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0): A Social Innovation Perspective. Technology Innovation Management Review. 7(11) : 13

Roebyarto. 2008. Pembelajaran Matematika. (Online). (pembelajaranmatematikahujkkl.html). Diakses 1 Mei 2020.

Rusdianto, Herdian Dwi. 2010. Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo Dalam Menyelesaikan Masalah-Masalah Perbandingan Bentuk Soal Cerita. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Saefullah, A. (2016). Pengaruh Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA Khozinatul Ulum Blora Jawa Tengah. Wahana Akademika. 3(2): 122- 136

Saidah, Nur. 2000. Korelasi Pemanfaatan Bimbingan Belajar Sekolah dengan Keberhasilan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas III SMPN 33 Putat Gede Surabaya. Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.

Shadiq, Fajar. Identifikasi Kesulitan Guru Matematika SMK pada Pembelajaran Matematika yang Mengacu pada Permendiknas No. 22 Tahun 2006. Jurnal penelitian WI Madya PPPPTK Matematika.

Sholeh, M. Pokok-pokok Pengajaran Matematika di Sekolah. (Jakarta: Depdikbud RI, 1998). (Online). (http://idb4.wikispaces.com). Diakses 31 Mei 2020.

Sudiwiyanti. 2008. Kemampuan Penalaran Analogi dalam Memecahkan Masalah matematika Pada Siswa Kelas X-3 SMA 2 Sidoarjo, Skripsi tidak dipublikasikan, (Surabaya: UNESA,2008), hal.33.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Membimbing Kesulitan Belajar Matematika Siswa. (Online). (Membimbing Kesulitan Belajar Siswa _ AKHMAD SUDRAJAT TENTANG PENDIDIKAN.htm). Diakses 31 Mei 2020.

Sugama, Maskar dan Endah Wulantina. (2019) “Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended learning dengan Google Classroom,†Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika): 110111.

Suryanto. 1997. Kesulitan Intrinsik Matematika. Jurnal kependidikan.

Susanta B. (1994). Program Linear. Yogyakarta.

Tim Penyusun. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Tiro dan Bernard. 2004. Pengenalan Manajemen Sains. Makassar: Andira Publisher.

Trianto. 2010. Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

T, Russeffendi E. 1980: 148. Hakikat Matematika.(Online). (http://file.upi.edu/Direktori/DualModes/ Model_Pembelajaran_Matematika/Haki kat_Matematika.pdf). Diakses 31 Mei 2020.

Undang-undang Rebublik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Uno, Hamzah. 2010. Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengejar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Widayat, Wahyu, dkk. 1986. Liner Programming. Yogyakarta: BPFE.

Widdiharto, Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remidinya. Paket Fasilitasi Pemberdayaan KKG/MGMP Matematika. Yogyakarta: PPPPTK Depdiknas.

Widjajanti, Djamilah Bondan. 2011. Mengembangkan Kecakapan Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika melalui Strategi Perkuliahan Kolaboratif Berbasis Masalah. Jurnal disampaikan pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT. Gasindo

Wiyono, Bambang Dibyo, Pendidikan Inklusif (Bunga Rampai Pemikiran Educational for All), Jurnal pendidikan Univ. Negeri Malang, 2011.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-01