EFEKTIVITAS E-LKPD BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Hanny Firtsanianta Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Imroatul Khofifah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Liveworksheet is a platform that helps teachers make electronic LKS or student activity sheets, commonly known as E-LKPD. Apart from its attractive appearance, this live worksheet is easy to use. LKPD serves to link teaching and learning activities so that there is effective interaction between students and teachers, which can increase student activities to improve academic achievement. This study aims to identify the improvement of student learning outcomes by using the E-LKPD live worksheet. This research method uses qualitative research methods with descriptive analysis techniques combined with library research, namely using various supporting literature references in the data collection process without going into the field. This type of research is qualitative research.

 

Keywords: effectiveness; liveworksheet; learning outcomes

Referensi

Amiroh, N., Isma, D., & Purwoko, B. (2018). Studi kepustakaan penerapan konseling naratif dalam lingkup pendidikan. Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Naratif Dalam Lingkup Pendidikan, 8(2), 79–90. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/23226/21234

Dachi, F. A., Perdana, D. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas XI Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic, 4(3), 15–22. https://doi.org/10.36057/jips.v4i3.416

Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Herawati, E. P., & Gulo, F. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178.

Indriani, S., & Marhaeni, N. H. (2022). JOTE Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 315-323 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Respon Peserta Didik terhadap E-LKPD Berbantuan Liveworksheets sebagai Bahan Ajar Segitiga dan Segiempat. 3, 315–323.

Kholifahtus, Y. F., Agustiningsih, A., & Aguk, W. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). EduStream: Jurnal …, V(2), 143–151. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/14124

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Gastronomía ecuatoriana y turismo local., 1(69), 5–24.

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Using Liveworksheet with Web-Based Applications to Improve Student Learning Outcomes. Jurnal Pendiidkan dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388.

Prastika, Y., & Masniladevi. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3817

Rhosyida, N., Muanifah, M. T., Trisniawati, T., & Hidayat, R. A. (2021). Mengoptimalkan Penilaian Dengan Liveworksheet Pada Flipped Classroom Di Sd. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1), 568–578. https://doi.org/10.30738/tc.v5i1.9749

Rohmah, M. (2022). Penggunaan Media Google Classroom Berbantu Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Kemagnetan Siswa Smp. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(1), 16–26. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i1.951

Salirawati, D. (2020). Praktikum kimia berbasis lingkungan. Jurdik Kimia FMIPA - UNY, 3, 1–7.

Sukorini, P. A., & Purnomo, T. (2019). Kelayakan Dan Kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Melatihkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Pada Submateri Daur Ulang Limbah Peserta Didik Kelas X Sma. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(1), 63–69. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu

Syafitri, E. R., & Nuryono, W. (2020). Studi Kepustakaan Teori Konseling “Dialectical Behavior Therapy.†Jurnal BK, 11(1), 53–59.

Umar, L. M., & Mochamad Nursalim. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 600–609.

Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5(November), 5–24.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-01