BUDAYA LITERASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Penulis

  • Bagus Nurul Iman Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstrak

Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia yang terbesar adalah rendahnya mutu pendidikan. Pemerintah sesungguhnya sudah mengupayakan beragai kebijakan untuk mengatasi hal tersebut, namun hasil yang diperoleh terlihat belum signifikan. Berdasarkan dari beberapa sumber bacaan dan pengamatan di lapangan, masalah rendahnya mutu pendidikan ini dipicu karena rendahnya kemampuan literasi peserta didik dalam pembelajaran maupun aktivitas kehidupan sehari-hari. Masalah mutu pendidikan ini diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengakibatkan adanya pembelajaran yang hilang (learning loss) karena pembelajaran tidak bisa dilakukan dengan tatap muka secara langsung. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman guru untuk mengetahui dan mengembangkan budaya literasi melalui implementasi kegiatan enam literasi dasar di dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran. Kini pandemi covid-19 semakin menurun, maka kita dapat mengimplementasi budaya literasi di dunia pendidikan dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT). Implementasi budaya literasi di sekolah diharapkan nantinya dapat meningkatkan mutu pendidikan.

 

Kata Kunci: Mutu pendidikan, pembelajaran tatap muka terbatas, budaya literasi

Referensi

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Baca Tulisl. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Gerakan Literasi Nasional Materi Pendukung Literasi Finansial. Jakarta: Tim Gerakan Literasi Nasional.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewargaan. Jakarta: TIM GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Baca Tulis di Sekolah. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Numerasi di Sekolah. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Sains di Sekolah. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Digital di Sekolah. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Finansial di Sekolah. Jakarta.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. 2021. Modul Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah. Jakarta.

(Diunduh dari portal Republika Online Edisi 26 Desember 2016 https://www.republika.co.id/berita/ois8w619/budaya-literasi).

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-01