Pengaruh Modal Kerja, Hutang Dan Net Profit Margin Terhadap Laba Pada Perusahaan Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI

Penulis

  • Dela Sasmita Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Syaiful Syaiful Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstrak

ABSTRACT

The purpose of this research is to prove the effect of working capital, debt and net profit margin on profits in food and beverage sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The sampling method used in this research is purposive sampling. This study uses secondary data in the form of financial reports on the official website of the Indonesia Stock Exchange (www.idx.co.id). The samples of this study were 15 companies in the food and beverage sub-sector that were listed on the IDX for 3 years (2017-2019). This study was tested using multiple linear regression analysis. This study shows that working capital and debt have no effect on profits in the food and beverage sub-sector companies listed on the IDX. Meanwhile, net profit margin has an effect on profits in the food and beverage sub-sector companies listed on the IDX.

 

Keywords                    : Debt; Net Profit Margin; Profit; and Working Capital

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh modal kerja, hutang dan net profit margin terhadap laba perusahaan sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode pengambilan sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu berupa laporan keuangan yang terdapat di website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Sampel penelitian ini yaitu sebanyak 15 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI selama 3 tahun (2017-2019). Penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa modal kerja dan hutang tidak berpengaruh terhadap laba pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Sedangkan net profit margin berpengaruh terhadap laba pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI.

 

Kata Kunci                  : Hutang; Laba; Modal Kerja; dan Net Profit Margin

Referensi

Abidin, Z., & Ariani, D. (2017). Pengaruh Modal kerja bersih terhadap laba bersih Pada PT Soelina Inter Karya Processing. KREATIF: Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 2(1).

Adisetiawan, R. (2012). Analisis pengaruh kinerja keuangan dalam memprediksi pertumbuhan laba. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(3), 669–681.

Ambarwati, N. S., Yuniarta, G. A., AK, S. E., & Sinarwati, N. I. K. (2015). Pengaruh modal kerja, likuiditas, aktivitas dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 3(1).

Brigham, F, E., & Houston. (2011). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Selemba Empat.

Fathoni, M. I., Sasongko, N., & Setyawan, A. A. (2012). Pengaruh Tingkat Kesehatan Bank Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Sektor Perbankan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 73-80.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, I. (n.d.). Basri.,(2014). Manajemen Keu-Angan, Yogyakarta: BPFE.

Hanafi, Mamduh M; Halim, A. (2012). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Handayani, V. (n.d.). Mayasari.(2018). Analisis Pengaruh Hutang Terhadap Laba Bersih Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis, 18(1), 39–50.

Harjito, D. A. (2011). Teori Pecking Order dan Trade-Off dalam Analisis Struktur Modal di Bursa

Efek Indonesia. Jurnal Siasat Bisnis. 17(1), 13-21.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kesatu. Cetakan Kedelapan. In PT Raja Grafindo Persada.

Kusuma Dini, N. (2017). Pengaruh Total Utang Dan Modal Kerja Terhadap Laba

Bersih (Survei Pada Perusahaan Sektor Pertambangan yang Terdaftar Di Bursa

Efek Indonesia Periode 2010-2015). Journal of Accounting. 3(2), 9-16.

Munawir, S. (2018). Analisa laporan keuangan. Liberty. Perpustakaan Jurusan

Akuntansi. Yogyakarta. Repository. Retrived from

http://repository.pelitabangsa.ac.id/xmlui/handle/123456789/836

Myers, S. C. (1984). Capital structure puzzle. National Bureau of Economic Research. Journal of Financial Economics. 17(1)

Putri, A. A. A. G., & Supadmi, N. L. (2016). Pengaruh tingkat hutang dan kepemilikan manajerial terhadap persistensi laba pada perusahaan manufaktur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 15(2), 915–942.

Ratnasari, L. (2016). Pengaruh Leverage, likuiditas, Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada perusahaan otomotif di BEI. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(6).

Reimeinda, V. (2016). Analisis Pengaruh Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada Industri Telekomunikasi di Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(3).

Safitri, A. M. (2018). Pengaruh ROA, ROE, dan NPM Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 4(1), 25–39.

Sugiono, L. P. (2013). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Likuiditas pada Industri Ritel yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2012. Business Accounting Review, 1(2), 298–305.

Bursa Efek Indonesia. Laporan Keuangan. www.idx.co.id. Diakses pada 13 Desember 2020

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-09