Optimization of Zakat Receiving through the Digital Platform at the Zakat Management Foundation in Surabaya

Erwan Aristyanto, Agus Sarwo Edi, Fachrudy Asj’ari

Abstract

This study aims to determine and describe the influence of religiosity and service quality on people's interest and decision to pay zakat through digital platforms. The research uses quantitative research methods. The population in this study is all people who pay zakat through a digital platform with a sample of 97 respondents. Data collection techniques using the method of observation, interviews, documentation and other data. Data analysis uses SPSS analysis with the aim of testing the religiosity variable, service quality variable, community decision variable to pay zakat through digital platforms and public interest in paying zakat through digital platforms. The results of this study indicate that the religiosity variable and service quality variable greatly influence the interest and decision of the community to pay zakat through digital platforms because it makes it easier for people to pay zakat which can be done anytime and anywhere.

Keywords

Religiosity, Service Quality, Interest, Decision.

Full Text:

Pdf

References

REFERENCES

A.Aziz danSukma, 2016, “Strategi Penghimpunan Zakat di Lima LembagaPengelola Zakat di Indonesia”, Jurnal Syarikah, Vol.2 No.1, Juni.

Andrianidkk, 2020, “Zakat Perusahaan di Indonesia: Penerapan dan Potensinya”, Deepublish,Yogyakarta.

Chaniago,Siti Aminah, 2015, “Pemberdayaan Zakat Dalam Mengentaskan Kemiskinan”, Jurnal Hukum Islam Vol. 13 No. 1.

Didin,Hafidhuddin, dan Rahmat, Pramulya, 2008, “Kaya Karena Berzakat”,Raih Asa Sukses, Jakarta.

Dr. Samdin, 2015,“Teori Motivasi Berzakat”, Kendari.

Ghaniy,Taqiyuddin Abdul,2011 “Hadist Seputar Hukum”,Republika, cetakan pertama,Jakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit

Ali,Nuruddin Muhammad, 2006, “Zakat sebagai instrumen dalam kebijakan fiskal”, Raja Grafindo Persada,Jakarta

Jaelani, 1999, “Membuka Pintu Rezeki”, Gema Insani Press, Jakarta.

Juwaini,Ahmad, 2005,“Panduan Direct Mail untuk Fundraising Teknik dan Kiat Sukses Menggalang Dana Melalui Surat”, cetakan pertama, PRIMAMEDIA,Depok.

Kamaruddin, AndiMartina,Hasid, Zamrudin dan Yuningsih, 2017, ”Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berzakat profesi dan loyalitas Muzzaki terhadap Laz Rumah Zakat Kota Semarang”, Jurnal eksekutif,Volume12 No. 2, Desember.

Kusmayadi,Dedy, 2019 “Analisis Strategi Fundrising Lembaga Amil Zakat Melalui Platform Ecommerce (Studi Komparatif ACT, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat)”, al-Mizan, Vol.3, No.2, Agustus.

Lestar,Alice Crow, 1985, “Nafsiologi”, Integritas Press, Jakarta.

Mappiare,Andi, 1997,“Psikologi Remaja”,Usaha Nasional, Surabaya.

Mandasari,Kartika, 2011, “Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Dalam Memilih Jasa Perhotelan” Skripsi, Universitas Diponegoro.

M.Suyanto, 2003,“Strategi Periklanan pada E-commerce Perusahaan Top Dunia” , Andi Offset, Yogyakarta.

Maman, 2008,“Metodologi Penelitian Agama: Teori dan Praktik”, Raja Grafindo Persada,h.1, Jakarta.

Purwanti, 2009, “Manajemen Fudrising Bagi Organisasi Pengelola Zakat”,Teras, Yogyakarta.

Peraturan Menteri Agama Nomor 52 Tahun 2014, SK Ketua BAZNAS No. 27 Tahun 2020, Hadist Riwayat Bukhari Muslim, dan pendapat Shaikh Yusuf Qardawi)

Qadir,Abdurrahman, 1998, “ Zakat dalam dimensi Mahdah dan Sosial”,Raja Grafindo, Jakarta.

Rafsanjani, H. (2014). Analisis Islamic Human Development Index di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Rafsanjani, H. (2022). Analisis Praktek dan Problematika Lembaga Keuangan Nirlaba (Studi Kasus Pada Lembaga Zakat LAZISMU di Kota Surabaya). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 586-596.

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Rafsanjani, H. (2017). Peranan Pemerintah dan Aturan Al-Qur’an. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).

Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Rusmanti,2016,“Manajemen Pemasaran berbasis IT”, Modul Praktikum .

Republik Indonesia UU Nomor 38 tahun 1999 tentang pengolahan zakat,Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 199 nomor 164,Sekretariat Negara:Jakarta:1999.

Republik Indonesia UU Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengolahan zakat,Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 15,Sekretariat Negara,Jakarta,2011

Rahman,Taufik, 2000,“Hadis-hadis Hukum”,cetakan pertama,CV Pustaka Setia,Bandung.

Sukanto, 1985, “Nafsiologi”, Integritas Press, Jakarta.

Tim kementrian Agama Manajemen Pengolahan Zakat,(Jakarta:Direktorat Pemberdaya Zakat,Direktorat Bimbingan Masyarakat Islam Depertemen Agama RI 2019).

Usman, Nurul Huda Hardius, 2016, “Teori dan Aplikasi Statistik Pendekatan Analisis Ekonomi Islam”, Prenadamedia Group, cetakan pertama, h. 209, Jakarta.

Yusuf, Pawit M. dan Subekti,Priyo, 2010,“Teori dan Praktik Penelusuran Informasi”, Peranada Media, Jakarta.

Yayasan penyelengara,1989 Penerjemah Penafsir Alquran dan Terjemahnya, DEPAG, Jakarta.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/jms.v8i1.17698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.