Strategi dan Standarisasi dalam Pemsaran Global

Suhairi Suhairi (1), Juli Syahputri (2), Fahmi Rizky (3)
(1) ,
(2) ,
(3)

Abstract

Abstrak

Pemasaran global pada saat ini semakin ketat sehingga mengharuskan para pelaku yang ikut terlibat da;am pasar global untuk dapat menciptakan suatu produk dalam keunggulan bersaing. Usaha para pelaku pasar global dalam menjual produk agar unggul dalam bersaing maka para pelaku pasar global harus punya strategi produk yang dapat di beli konsumen di seluruh penjuru dunia dengan latar kebudayaan serta cara perfikir yang berbeda tentunya. Makanya, peran standarisasi dan adaptasi sangat penting supaya produk bis di terima secara global. Penerapan standarisasi pada tiap-tiap negara punya cara dan keunikan sendiri. Untuk berhasil dalam pemasaran global,perusahaan harus merancang strategi produk dan kkualitas pelayanan agar dapat memasuki pasar global dan ikut terlibat dalam pemasaran di Kawasan dunia. Sehingga, strategi global adalah strategi yang lebih berfokus pada standart produk di seluruh Kawasan perdagangan. Dengan begitu,strategi dalam bersaing di pusatkan dan di kendallikan oleh kantor utama.

Kata kunci : strategi,global,pasar global

Full text article

Generated from XML file

References

Bhayangkari, Sylvia Kartika Wulan. 2020. “Penerapan Standardisasi Dan Adaptasi Sebagai Upaya Pengembangan Strategi Produk Pada Pemasaran Internasional.†Jurnal online universitas Jambi: 274–82.

Firzatullah, Nuranisa. 2020. “Daya Saing Rumput Laut Indonesia Di Pasar Internasional.†http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/54570%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/54570/1/NURANISA FIRZATULLAH-FST.pdf.

Hilman Hermawan, Asep et al. 2022. “Literature Review: Hubungan Usia Dan Jenis Kelamin Dengan Tingkat Stress Pada Tenaga Kesehatan.†Bandung Conference Series: Medical Science 2(1): 827–33. https://proceedings.unisba.ac.id/index.php/BCSMS/article/view/1762.

Mu’arifin, Mahfud. 2005. “Standarisasi vs. Globalisasi Suatu Perspektif Baru Dalam Strategi Merek.†Value Added 2(1): 1–9.

Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang Dan Kripik Sukun Di Desa Cendoro Kec. Palang Kab. Tuban. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(2).

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1-24.

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Rambe, Dhea Nita Syafina, and Nuri Aslami. 2022. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Pasar Global.†El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 213–23.

Simbolon, Freddy. 2013. “Strategi Pemasaran Global.†Binus Business Review 4(1): 405–13.

Utomo, Yuana Tri, and Zulhamdi Shaleh. 2017. “Strategi Memasuki Pasar Global Studi Kasus Yanto Pottery Kasongan Bantul.†Az Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam 9(1): 100–123. http://ejournal.uin-suka.ac.id/syariah/azzarqa/article/view/1432.

Viswanathan, N.K. and Dickson, P.R. (2006). The Fundamental of Standardizing Global Marketing Strategies. International Marketing Review. Vol 24, No.1, pp. 46-63.

Vrontis, D., and Thrassou, A. (2007). Adaptation vs. Standardization in International marketing – the country-of-origin effect. Innovative Marketing. Vol. 3, Issue 4, pp. 7-20.

Yücel, R., Elibol, H. and Dağdelen, O. (2009). Globalization and International Marketing Ethics Problems. International Research Journal of Finance and Economics. Issue 26, pp. 93-104.

Authors

Suhairi Suhairi
suhairi@uinsu.ac.id (Primary Contact)
Juli Syahputri
Fahmi Rizky
Suhairi, S., Syahputri, J., & Rizky, F. (2023). Strategi dan Standarisasi dalam Pemsaran Global. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.17571

Article Details