Kontribusi Economic Conditions, Character, dan Collateral terhadap Problem Financing di PT. Bank Syariah Indonesia KC Stabat

Cantika Florentina Br Bangun (1), Annio Indah Lestari Nasution (2)
(1) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia,
(2)

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi kondisi ekonomi, karakter , dan jaminan terhadap pembiayaan bermasalah di PT. Bank Syariah Indonesia KC Stabat. Kajian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Stabat yang mendapatkan pembiayaan dari bank tersebut. Data yang dikumpulkan selanjutnya diuji dengan uji asumsi klasik dan dilanjutkan dengan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan alat analisis SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi, dan karaktersecara parsial berkontribusi terhadap pembiayaan bermasalah. Sedangkan agunan secara parsial tidak berkontribusi terhadap pembiayaan bermasalah . Namun, secara simultan ketiga variabel tersebut berkontribusi terhadap pembiayaan bermasalah.

Full text article

Generated from XML file

References

Andriani, R. dkk. (2022). Pengaruh Character dan Economic Conditions Nasabah Terhadap Problem Financing (Studi pada BMT Nurul Iman Madani Aek Nabara). Jurnal of Islamic Social Finance Management, Vol. 3 (1).

Anggraini, Y. (2021). Urgensi Character Dalam Analisis Pembiayaan Murabahah di Bank Syariah Indonesia. Jurnal of Islamic Banking and Finance Vol. 1 (1).

Annisa, F. dan Rokan, M. K. (2022). Strategi Penanganan Problem Financing Pada PT. BPRS Puduarta Insani Di Era Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Vol.1 (2).

Hakiim, N., & Rafsanjani, H. (2016). Pengaruh internal capital adequency ratio (CAR), financing to deposit ratio (FDR), dan biaya operasional per pendapatan operasional (BOPO) dalam peningkatan profitabilitas industri bank Syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 161-168.

Hariono, A.F. dan Azizuddin, I. (2022). Analisis Kinerja Keuangan terhadap Financial Distress pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2020. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, Vol. 9 (2).

Historiawan, D. dan Syufaat. (2022). Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Penyelesaian Problem Financing. Jurnal Studi Islam, Vol. 3 (2).

Ibrahim, A. 2018. Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu.

Ismawati, K., Darmawati, D., Fuad, M., Dewi, G. A. K. R. S., Fatchurrohman, M., Ristiyana, R., ... & Abdurohim, A. (2022). Pengetahuan Dasar Pasar Modal dan Investasi.

Lestari, dan Murtani, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Problem Financing di PT. Bank Sumut Syariah Kcpsy Kota Baru Marelan. Jurnal FEB, Vol. 1 (1).

Maidawati. (2018). Problem Financing Dan Implikasinyanya Terhadap Kesejahteraan Anggota Pada KSPPS BMT Jati Baru Padang. Jurnal Menara Ekonomi, Vol. 8 (1)

Prastiwi, I. E. (2021). Analisis Kondisi Makro Ekonomi dan Likuiditas Terhadap Problem Financing Perbankan Syariah. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4 (1).

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non-Performing Financing: Studi Kasus Pada Bank Dan BPR Syariah Di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 149-167.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Ramadhanti, D. dkk. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Sikap Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol 11 (20).

Yuliawati, A. (2021). Pengaruh Jumlah Pembiayaan, Jangka Waktu Pengembalian Pembiayaan Dan Nilai Collateral Terhadap Kelancaran Pengembalian Pembiayaan Murabahah. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Sampurnaningsih, S. R. (2021). Pengaruh Character Debitur Dan Pendapatan Nasabah Terhadap Kolektibilitas Pada Bmt Al-Muqrin. Jurnal Neraca Peradaban, Vol. 1 (2).

Setyawan, S. dan Yuliarti, B. (2019). Pengaruh Character Nasabah, Jangka Waktu Peminjaman Dan Kemampuan Mengelola Kredit Terhadap Kredit Macet Di Ksp Arofah Kota Kendal. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Journal, Vol. 6 (2).

Sinaga, W. A. L. dkk. (2022). Penerapan Metode Regresi Linier Berganda Untuk Estimasi Jumlah Penduduk Pada Kecamatan Gunung Malela. Jurnal of Machine Learning and Artificial Intelligence, Vol. 1 (1).

Sudarto, A. (2020). Penyelesaian Problem Financing Padalembaga Keuangan Syariah Studi BMT Al Hasanah Lampung Timur. Jurnal Islamic Banking, Vol. 5 (2).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukasih, N.K.D. (2022). Pengaruh Kesalahan Penilaian Collateral Kredit, Pengingkaran Perjanjian Kredit, dan Economic Conditions Debitur Terhadap Peningkatan Kredit Bermasalah Pada Lembaga Perkreditan Desa Di Kabupaten Badung. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol 13 (2).

Yasin, R.M. dan Muhammad, R. (2020). Strategi Penyelesaian Problem Financing: Tinjauan Aspek Hukum (Studi Pada BPRS di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 7 (2).

Yuliana, D. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kredit Macet Dana Bergulir Di PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Jurnal STIE Semarang, Vol 8 (3).

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Authors

Cantika Florentina Br Bangun
florentinacantika37@gmail.com (Primary Contact)
Annio Indah Lestari Nasution
Author Biography

Cantika Florentina Br Bangun, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

perbankan syariah
Br Bangun, C. F., & Nasution, A. I. L. (2023). Kontribusi Economic Conditions, Character, dan Collateral terhadap Problem Financing di PT. Bank Syariah Indonesia KC Stabat. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.17149

Article Details