Pengembangan Media Gambar Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sd

Isi Artikel Utama

Rizka Kanthiana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media gambar berbasis power point. Berdasarkan kebutuhanyang didapatkan oleh peneliti bahwasannya guru membutuhkan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prosedur penelitian dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yaitu penelitian R&D (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan ini terdapat 5 tahapan yaitu: 1) Tahap Analysis, 2) Tahap  Design, 3) Tahap Development, 4) Tahap Implementation, 5) Tahap Evaluation. Tahapan tersebut sudah dilalui sampai menghasilkan produk yang digunakan untuk di uji cobakan kepada siswa yang berupa media gambar berbasis power point. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas II SD Taman Belajar Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validitas, angket atau kuesioner, dan soal evaluasi. Peneliti menggunakan tiga validator untuk menilai kevalidan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media layak digunakan, hal ini dapat dilihat dari hasil validasi 2 pakar ahli media dan  2 ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,63 untuk validasi materi dan 3,52 untuk validasi media, dengan kategori “Validâ€. Berdasarkan skor tersebut menunjukkan bahwa media gambar berbasis power point mempunyai kualitas yang baik dan layak digunakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media gambar berbasis power point. Berdasarkan kebutuhanyang didapatkan oleh peneliti bahwasannya guru membutuhkan media pembelajaran berbasis teknologi dalam proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui prosedur penelitian dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan oleh peneliti. Jenis penelitian yaitu penelitian R&D (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan ini terdapat 5 tahapan yaitu: 1) Tahap Analysis, 2) Tahap  Design, 3) Tahap Development, 4) Tahap Implementation, 5) Tahap Evaluation. Tahapan tersebut sudah dilalui sampai menghasilkan produk yang digunakan untuk di uji cobakan kepada siswa yang berupa media gambar berbasis power point. Subjek dalam penelitian ini peserta didik kelas II SD Taman Belajar Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar validitas, angket atau kuesioner, dan soal evaluasi. Peneliti menggunakan tiga validator untuk menilai kevalidan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media layak digunakan, hal ini dapat dilihat dari hasil validasi 2 pakar ahli media dan  2 ahli materi menunjukkan skor rata-rata 3,63 untuk validasi materi dan 3,52 untuk validasi media, dengan kategori “Validâ€. Berdasarkan skor tersebut menunjukkan bahwa media gambar berbasis power point mempunyai kualitas yang baik dan layak digunakan.

Rincian Artikel

Referensi

  1. Affandi, Muhajir. (2018). Teknologi Informasi dan Komunikasi. Kuningan Jawa Barat: YNHW
  2. Anggraini. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV MI Miftahus Shibyan Ngadirgo Mijen Semarang. Semarang: UIN Walisongo
  3. Anugrahana, Andi. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Vol 10: hal 282-289.
  4. Ayuniar Devi, Afandi Hamdian, Setiawan Heri. (2021). Upaya Guru Dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Gugus IV Kecamatan Pujut. Vol 2: hal 26-30
  5. Azra Baidha. 2018. Master Kisi-kisi USBN SD/MI. Jakarta: Bmedia
  6. Azzahra, Fairuza Nadia. (2020). Ringkasan Kebijakan Mengkaji Hambatan Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia di Masa Covid-19: hal 1-9
  7. Diyani, Arimah, Yosi Wulandari, dan Purwani Indyastuti. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Gambar Realita yang Menarik Pada Siswa Kelas 1 SDN Tondomulyo: hal 1758-1768
  8. Hamidulloh Ibda. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Wayang. Semarang: CV.Pilar Nusantara
  9. Hidayat, Djatmiko, Diah Arum Pratiwi, dan Afif Afghohani. (2018). Analisis Kesulitan Dalam Penyelesaian Permasalahan Ruang Dimensi Dua. Vol 1: hal 1-16
  10. Irkham, Abdaul Huda. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Vol 1: hal 1-9
  11. Iskandar Akbar, Sudirman Acai, Safitri Meilani, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Medan: Yayasan Kita Menulis
  12. Jahrir Sahtiani Andi. 2020. Membaca. Pasuruan: Qiara Media
  13. Kadaruddin. 2018. Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Power Point. Yogyakarta: Desspublish
  14. Kadir, Djuita. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SDN 5 Wanggarasi Melalui Media Gambar. Vol 5: hal 1-8
  15. Meliyawati. 2016. Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: Deepublish
  16. Novia Lestari. 2019. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif . Klaten: Lakaisha Permana, Deifan, dan Dian Indihadi. 2018. Penggunaan Media Gambar Terhadap Pembelajaran Menulis Puisi. Vol. 5: hal 193-205
  17. Putra, Deni Adi, Affiani, Kunti Dian Ayu, Rohayu. 2021. Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Vol 5: hal 30-46
  18. Rusmiati, Baiq. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 1 SDN 3 Suralaga. Vol 12: hal 1-10
  19. Samsu. 2017. Metode Penelitian. Jambi: PUSAKA
  20. Saputro Budiono. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development) Bagi Menyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
  21. Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish
  22. Siyoto Sandu, Sodik Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Kediri: Literasi Media Sugianti dan, Rayanto Hari Yudi. 2020. Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Istitute
  23. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
  24. Sumitra Wahyu. 2019. Sukses USBN Bahasa Indonesia. Bandung: Penerbit Duta
  25. Widodo, Arif, Diyana Indraswati, dan Agam Royana. (2020). Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar. Vol 11: hal 1-18
  26. Winda Andriani. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Cikeusal Kidul 01. Vol 1: hal 68-74
  27. Yayan Alpian, Sri Wulan Anggraini, Unika Wiharti, Nizma Maratos Soleha. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Vol 1: hal 66-71