Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Media Video Straight News Siswa Kelas XII Mipa 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya

Penulis

  • Ngatma'in Ngatma'in Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Uswatun Khasanah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ainur Maulud Fina Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya

Abstrak

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis teks editorial dengan media video straight news pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain siklus 1 dan siklus 2. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya, Sampel penelitian sejumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis teks editorial pada siswa kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Siklus 1, 35% siswa memenuhi KKM. Siklus 2, 90% siswa memenuhi KKM.

 

Katakunci: keterampilan menulis; teks editorial; video straight news

 

Abstract: This study aims to determine the improvement of editorial text writing skills using straight news video media in class XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. This study used classroom action research methods with the design of cycle 1 and cycle 2. The population in this study were students of class XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya, with a sample of 28 students. The results showed that there was an increase in the skills of writing editorial texts in class XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Cycle 1, 35% of students fulfill KKM. Cycle 2, 90% of students fulfill KKM.

 

Keywords: writing skill; editorial text; straight news video

Referensi

Adyatma, S. (2009). Bahan Ajar Pendidikan Profesi Guru Bidang Geografi. Banjarmasin: CV Jaya Putri.

Agustina, T., & Suryadi, E. (2021). Hubungan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Kaidah Kebahasaaan Teks Editorial Terhadap Kemampuan Menulis Teks Editorial Siswa Kelas XII SMA ISLAM AZZAHRAH Palembang. Bastrando, 1(1), 17-27.

Djamarah, S.B & Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani, N.A & Hermana, D. (2008). Teknik Penulisan dan Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tim Rahayasa Training and Consulting: Tidak dipublikasikan.

Hazmi, N. (2019). Tugas Guru dalam Proses Pembelajaran. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 2(1), 56-65. https://bsnp-indonesia.org (di akses 1 Desember 2022).

LPMP DIY. (2013). Modul Pelatihan Peningkatan Mutu Guru dan Pengembangan Pembelajaran (SMA/SMK/MA). Tim Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum 2013: Tidak dipublikasikan.

Norhidayah, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Memproduksi Teks Editorial Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Media Karikatur Konteks Sosiokultural di Kelas XII C Multimedia SMKN 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019. Lentera: Jurnal Pendidikan, 15(1), 78- 87.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

Qodratillah, M.T. (2011). Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sudijono, A. (2007). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudirman, S., Kusumah, Y. S., & Martadiputra, B. A. P. (2021). Augmented Reality Blended Learning Instruction: The Impact on Growing Motivation, Attitudes, and Knowledge in 3D Geometry. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(4), 674-683.

Suryaman, M., Seherli, & Istiqomah. (2018). Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Tarigan, H.G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-14

Cara Mengutip

Ngatma’in, N., Khasanah, U., & Fina, A. M. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Editorial dengan Media Video Straight News Siswa Kelas XII Mipa 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/18172