Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Video Pembelajaran yang Terintegrasi di Dalam LKS Elektronik pada Siswa Kelas IX MTs Negeri 4 Batang Hari

Penulis

  • Nur hayana MTs Negeri 4 Batang Hari

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menguji keyakinan tentang kemanfaatan kegunaan video pembelajaran yang terintegrasi di dalam LKS elektronik dalam meningkatkan aktivitas belajar matematika bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan adalah tindakan yang difokuskan pada situasi kelas atau lazim dikenal dengan Classroom Action Research, yaitu penelitian yang dilakukan dikelas dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran. Penelitian ini menggunakan siklus berulang sebanyak 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan, diantaranya perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/ pengamatan dan refleksi. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan pada siklus pertama dan siklus kedua. Rata-rata aktivitas pembelajaran meningkat dari 69,52% menjadi 95,71% atau meningkat 26,19, selain itu terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang terlihat dari hasil latihan yaitu pratindakan 68,88, siklus I 70 dan tes akhir siklus II 82,33 yang nilai rata-ratanya terus meningkat Penggunaan LKS elektronik menunjukkan dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, meningkatkan nilai latihan kelompok matematika siswa dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Video pembelajaran yang terintegrasi didalam LKS elektronik efektif dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi lengkung serta dapat digunakan dan dicoba sebagai alternatif pembelajaran inovatif.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-14

Cara Mengutip

hayana, N. (2023). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Menggunakan Video Pembelajaran yang Terintegrasi di Dalam LKS Elektronik pada Siswa Kelas IX MTs Negeri 4 Batang Hari. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 2(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/17890