Efektivitas Model Think Pair Share Berbantu E-Lkpd Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika di Masa Pandemi

Penulis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan menunjukkan efektivitas model pembelajaran model Think Pair Share Berbantu E-LKPD pada materi Bangun Ruang Sisi Datar di kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Subyek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 15 Surabaya yang terdiri dari 13 peserta didik perempuan dan 12 peserta didik laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share Berbantu E-LKPD pada kelas VIII-D SMP Muhammadiyah 15 Surabaya efektif diterapkan. Hal ini berdasarkan (1) keefektifan aktivitas peserta didik tercapai karena tujuh dari delapan indikator aktivitas peserta didik pada pertemuan satu dan dua dalam rentang waktu ideal; (2) keefektifan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada kedua pertemuan mencapai persentase yang ditentukan dengan rata-rata baik; (3) ketuntasan hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa 88% tuntas dengan mencapai KKM; (4) respon peserta didik terhadap pembelajaran menunjukkan respon sangat positif; dan (5) kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share Berbantu E-LKPD adalah cukup kreatif.

Biografi Penulis

Wahyuni Suryaningtyas, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Google Scholar ID:

https://scholar.google.com/citations?user=Mz6W8hcAAAAJ&hl=en&oi=ao

SINTA ID:

https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/detail?id=158805&view=overview

SCOPUS ID:

https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57204104834

ORCID ID:

http://orcid.org/0000-0003-3904-1363

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Suryaningtyas, W. (2022). Efektivitas Model Think Pair Share Berbantu E-Lkpd Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika di Masa Pandemi. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 1(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/16137