Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Lms Google Classroom Dan Media Zoom Meeting pada Mata Pelajaran Matematika

Penulis

  • Nur fadila Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhamadiyah, Surabaya
  • Soffan Shoffa Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhamadiyah, Surabaya
  • Endang Suprapti Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhamadiyah, Surabaya

Abstrak

Abstrak:  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran blended learning dengan lms google classroom dan media zoom meeting pada mata pelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif data yang diperoleh merupakan data kuantitatif yangakan dianalisis secara deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 28 siswa kelas VIII Mts Al-Wathoniyah Kangean Sumenep Madura. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 2 siswa yang tidak tuntas dalam belajar dan ada 26 siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Siswa aktif dalam kegiatan ikut serta dalam memecahkan masalah yang diberikan yaitu memperoleh persentase 16,45% artinya siswa banyak merespon guru dalam pembelajaran berlangsung dan ikut memecahkan masalah-masalah yang diberikan oleh guru. Kemudian aktifitas siswa adalah 24,96 nilai ini adalah nilai yang positif untuk skor ideal di angka 28.

 

Katakunci: Penerapan, Model Blended Learning, Google Classroom, Matematika

 

 

Abstract:  The purpose of this study is to describe the application of the blended learning model with the Google Classroom LMS and the Zoom Meeting media in mathematics. The method used in this study is descriptive quantitative data obtained is quantitative data that will be analyzed descriptively with the research subject as many as 28 students of class VIII Mts Al-Wathoniyah Kangean Sumenep Madura. The results of this study are that there are 2 students who are not complete in learning and there are 26 students who are complete in learning. Students are active in participating in solving problems given, which is getting a percentage of 16.45%, meaning that students respond a lot to the teacher in the learning process and participate in solving the problems given by the teacher. Then the student activity is 24.96 this value is a positive value for the ideal score at number 28.

Keyword:  Application, Blended Learning Model, Google Classroom, Math

Referensi

Buku

Asyafah, Abas. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (kajian teoritis kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam).

Depdinas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional/

Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Jurnal

Al Mu'Min Liu, An Nisaa. Ilyas Universitas Flores, Ilyas. 2020.â€Persepsi Mahasiswa Dalam Implementasi Pembelajaran Online Berbaziz Zoom Cloud Meeting Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores†Jurnal Pendidikan Vol.4 No.2.

Eka, N., Blended Learning as a Trend of the 21st Century Learning Paradigm: A Meta- Analysis Study Agustini, Ketut1, Kusumadiputra, Made Novta2, Wedhanti, Nyoman Karina 3, Mertayasa, I. Singaraja- Bali| 5th-7th August, 2019 Volume 4, p.103

Haqien, Danin. Rahman, Aqiilah Afifadiyah. 2020.â€Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19†susunan artikel pendidikan Vol,5. No.1

Khasanah, S.U. and Syarifah, A., Persepsi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya Terhadap Pembelajaran Daring Via Zoom Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), pp.23-33.

Nanindya Wardani, Deklara. Toenlioe, Anselmus J.E.Wedi Agus. 2018.†Daya Tarik Pembelajaran Di Era 21 Dengan Blended Learnin†Jurnal Pembelajaran vol,1. No.1.

Novitasi, Dian. 2016. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa†Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Vol 2, No 2.

Rohmawati, Afifatur. 2015. “Efektifitas Pembelajaran†Jurnal Pendidikan Usia Dini Vol 9, No 1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pebdidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sunnari, Hanna. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemefolehan Bahasa kedua/asing. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Widiara, I ketut. 2018.â€Blended Learning Sebagai Alternatife Pembelajaran Di Era Digital†jurnal pengembangan pendidikan volume 2. No. 2( hlm.51-53 ).

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

fadila, N., Shoffa, S., & Suprapti, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Lms Google Classroom Dan Media Zoom Meeting pada Mata Pelajaran Matematika. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 1(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/14875