Keefektifan Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas III Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya

Isi Artikel Utama

Muhammad Fajar Gemilang
Lilik Binti Mirnawati
Fajar Setiawan

Abstrak

Abstrak:  Pelaksanaan pembelajaran daring menjadi suatu keharusan dalam pendidikan selama masa pandemi covid-19, untuk berjalan efektif tentunya harus diikuti dengan faktor-faktor yang mendukung pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil analisis keefektifan pada proses pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada siswa kelas 3 Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, karena data yang diperoleh berupa kata – kata yang kemudian diaanalisis menjadi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner serta wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa Kelas III Sekolah Kreatif  SD Muhammadiyah 16 Surabaya yang berjumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa peserta didik terlihat sangat bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran daring dengan didukung akses pembelajaran yang cukup baik walaupun terkadang ada kendala jaringan internet, lalu didukung dengan pendampingan pembelajaran daring yang baik dimana siswa mendapat pendampingan baik dari orang tua/saudara,dll maupun dari ustadz/ustadzahnya, juga didukung pengolahan materi yang sangat baik, dengan penyederhanaan materi sesuai kondisi siswa pada pembelajaran daring, serta didukung dengan pengolahan media pembelajaran daring yang menyenangkan siswa sehingga siswa tidak merasa bosan.

 

Katakunci: Covid-19, Kegiatan Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Rincian Artikel

Referensi

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Buku
  3. Mas’udi, W. (2020). Tata Kelola Penanganan Covid-19 di Indonesia: Kajian Awal. Gadjah Mada University Press..
  4. Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada.
  5. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kuatitatif, dan R&D. Alfabeta
  6. Jurnal
  7. Muhammad, M., Setiawan, F., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Surabaya. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 949. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2194
  8. Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44