Fokalisasi pada Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Naratologi Gerard Genette

Penulis

  • Intania , Rafika Putri Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhamadiyah, Surabaya
  • Ali Nuke Afandi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhamadiyah, Surabaya
  • Pheni Cahya Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP, Universitas Muhamadiyah, Surabaya

Abstrak

Abstrak:  Fokalisasi seringkali diabaikan dalam pemaknaan karya sastra, padahal secara sosiologis sudut pandang menentukan keberadaan fakta, bagaimana dan dari sudut mana tokoh-tokoh dan kejadian dilihat. Adanya penghilangan penulis secara faktual tersebut maka fokalisasi menjadi unsur terpenting yang terdapat dalam pemaknaan karya sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: (1) Fokalisasi Nol dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. (2) Fokalisasi Internal dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. (3) fokalisasi Eksternal dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. (4) Mendiskripsikan Fungsi pergantian fokalisator dalam novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori naratologi sastra Gerard Genette. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian berupa kata, frasa dan kalimat yang bekaitan dengan fokus dari penelitian. Objek penelitian ini yaitu novel Tentang Kamu karya Tere Liye. Data dikumpulkan dengan teknik studi pustaka, baca dan catat. Dari hasil analisis diketahui bahwa novel Tentang Kamu karya Tere Liye terdapat (1) fokalisasi nol yang sangat identik dengan posisi narator mahatahu (2) fokalisasi internal yang ditandai dengan penyampaian fokalisasi sesuai dengan apa yang dialami (3) fokalisasi eksternal yang muncul karena adanya sudut pandang yang diberikan dari luar penceritaan (4) pergantian fokalisator yang berfungsi dalam perpindahan pengisahan dari tokoh yang diceritakan.

 

Kata Kunci: Fokalisasi; Fokalisator; Karya sastra; Natatologi

Referensi

Buku

Emzir & Rohman, Saifur. 2015. Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali. Pers.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nurgiyantoro, Burhan.(2007). Teori Kajian Fiksi. Cetakan VI. Yogyakarata: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurgiyantoro, Burhan..(2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarata: Gajah Mada University Press.

Pradopo, Rachmad Djoko.(2005). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Cetakan XIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suroto. (1989). Apresiasi sastra Indonesia untuk SMU. Jakarta:Erlangga.

Siswantoro. (2010). Metode Penelitian Sastra. Surakarta: Pusat Pelajar

Todorov, Zvetan. (1985). Tata Sastra. Diterjemahkan oleh Okke Zaimar, dkk. Jakarta: Djambatan

Wiyatmi. (2006). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Jurnal

Dewi, Ni Putu Yunia, dkk. (2018) Fokalisasi Novel Tempurung Karya Oka Rusmini Dan Relevansinya Dalam Pembelajaran Sastra Di Sma/Smk. Stilistika Volume 7, Nomor 1.

Prosiding

Lugmayr, A. (2011, September). Applying" design thinking" as a method for teaching in media education. In Proceedings of the 15th International Academic MindTrek Conference: Envisioning Future Media Environments (pp. 332-334).

Skripsi/Thesis/Disertasi

Horvath-Plyman, M. (2018). Social media and the college student journey: An examination of how social media use impacts social capital and affects college choice, access, and transition (Publication No. 10937367). [Doctoral dissertation, New York University]. ProQuest Dissertations and Theses Global

Wardhani,P.S. (2015). Kajian Naratologi pada Novel La Lenteur Karya Milan Kundera. Yogyakarta:Universitas Negri Yogyakarta. Error! Hyperlink reference not valid.

Winanti,S.U. (2016). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sapardi Djoko Damono serta Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA.Skripsi: Universitas Sebelas Maret Surakarta

Internet

Didipu, Herman (2019) Teori Naratologi Gérard Genette (Tinjauan Konseptual). Telaga Bahasa Vol. 7, No. 2: 163—172. https://www.researchgate.net/publication/341036862_TEORI_NARATOLOGI_GERARD_GENETTE_TINJAUAN_KONSEPTUAL diakses pada 1 maret 2021.

Ernanda, Febi. Nasionalisme dalam Film 3 Srikandi Karya Imam Brotoseno (Kajian Naratologi Gerard Genette: Universitas Negeri Surabaya. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/27748/25392

https://www.kompasiana.com/tzahir/56d7fb4a147f61f913489ecb/kehebatan-tere-liye diakses pada tanggal 30 Februari 2021

https://republika.co.id/berita/nasional/umum/16/09/28/oe7te3335-dewi-lestari-tere-liye-anies-baswedan-dapat-penghargaan-bidang-literasi diakses pada tanggal 30 Februari 2021

https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/17/05/03/opdigl328-tere-liye-bersyukur-raih-apresiasi-di-islamic-book-fair diakses pada tanggal 30 Februari 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-30

Cara Mengutip

Putri, I. , R., Afandi, A. N., & Cahya, P. (2022). Fokalisasi pada Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye Kajian Naratologi Gerard Genette. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 1(1). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/14873