Analisis Model Guided Note Taking Berbasis E-Modul Interaktif Guna Mewujudkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa

Penulis

  • Razifa Syifqi Zulayfiyah umsurabaya
  • Febriana Kristanti umsurabaya
  • Junaidi Fery Efendi umsurabaya

Abstrak

Abstrak:  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemandirian belajar matematika siswa kelas XI MIA 2 SMA Muhammadiyah 10 Surabaya dengan diterapkannya model Guided Note Taking berbasis E-Modul Interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan subyek terpilih sebanyak 6 siswa yang setiap subyek diberi kode S-1, S-2, S-3, S-4, S-5, dan S-6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) S-1 telah memenuhi seluruh indikator sikap kemandirian belajar; (2) S-2 hampir memenuhi seluruh indikator sikap kemandirian belajar; (3) S-3 hampir memenuhi 3 indikator sikap kemandirian belajar; (4) S-4 hampir memenuhi 2 indikator sikap kemandirian belajar; (5) S-5 hanya mampu memenuhi hampir 1 indikator sikap kemandirian belajar; (6) S-6 sama sekali tidak memenuhi indikator kemandirian belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingginya nilai sikap kemandirian belajar berbanding lurus dengan nilai kognitif siswa yang diambil dari hasil tes. Penerapan model pembelajaran Guided Note Taking berbasis E-Modul Interaktif dinilai mampu mewujudkan kemandirian belajar matematika siswa, sebagaimana hasil tes dan observasi sikap siswa yang menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata pada setiap pertemuan. Selain itu model pembelajaran ini juga sangat digemari dan banyak memperoleh respon positif dari siswa.

 

Kata Kunci: E-Modul Interaktif; Kemandirian Belajar; Model Pembelajaran Guided Note Taking

 

Referensi

Buku

Michael, A., 2013, Guide To E-Learning, John Wiley & Sons, Canada.

Jurnal

Herawati, N. S., & Ali, M., 2018, Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 180-191.

Novianti, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking Pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Bireuen, Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, 18-19.

Nurmawati, Ismartoyo, & Prayitno, E., 2015, Pengembangan E-Modul dengan Model Guided Note Taking pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika II Program Studi S1 PGSD BI di Pokjar Kota Semarang, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 2.

Suhendri, H., 2015, Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 108.

Skripsi/Thesis/Disertasi

Komarudin, 2013, Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Collaborative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI, Bandung.

Megawati, E., 2016, Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS di SMA Muhammdiyah 7 Surabaya, Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika UM Surabaya, Surabaya.

Sulistia, R, 2012, Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, Skripsi, Pekanbaru.

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Zulayfiyah, R. S., Kristanti, F., & Efendi, J. F. (2022). Analisis Model Guided Note Taking Berbasis E-Modul Interaktif Guna Mewujudkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 1(2). Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/J-SES/article/view/14872