Edukasi Perencanaan Keuangan Rumah Tangga Pada Ibu-Ibu PKK Di Desa Jatimulyo Kota Malang

Penulis

  • Susmita Dian Indiraswari Universitas PGRI Kanjuruhan Malangg
  • Dian Indiraswari Universitas PGRI Kanjuruhan Malang
  • Dimas Emha Amir Fikri Anas Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i2.8980

Abstrak

Perencanaan keuangan rumah tangga tidak sesederhana seperti yang dibayangkan dibandingkan dengan mengelola keuangan perusahaan. Keuangan rumah tangga merupakan dasar dari suatu konsep perencanaan keuangan yang bersifat luas, dikarenakan dalam pengelolaan keuangan rumah tangga dibutuhkan tidak sekedar intuisi tetapi juga perlu edukasi yang memadai. Perencanaan keuangan rumah tangga yang kurang matang akan berdampak terhadap suatu tatan social pada tingkat dasar. Seorang ibu rumah tangga khususnya sering disebut sebagai pengelola keuangan utama, akan tetapi setiap ibu rumah tangga memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi seputar perencanaan keuangan rumah tangga khususnya kepada ibu rumah tangga melalui kegiatan PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Hasil pengabdian masyarakat menunjukkan ibu ibu rumah tangga khususnya menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan dan diskusi seputar pengalaman dalam perencanaan keuangan rumah tangga yang selama ini sudah dilakukan. Konsep dalam membuat suatu perencanaan keuangan rumah tangga secara sederhana dapat dengan mudah diaplikasikan oleh ibu ibu rumah tangga tersebut.

Kata Kunci: Perencanaan, Keuangna Rumah Tangga

Biografi Penulis

Susmita Dian Indiraswari, Universitas PGRI Kanjuruhan Malangg

Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Referensi

Ariningrum, dkk. (2020). Pelatihan Keuangan Sederhana Bagi Ibu Pkk Di Desa Sukajaya Lempasing Kabupaten Pesawaran. Communnity Development Journal, 1(3), 389-394.

Finatariani, Dkk. (2020). Pengelolaan Keuangan Keluarga Dan Pengenalan Dasar-Dasar Investasi Menuju Keluarga Mandiri Bagi Ibu-Ibu Majelis Taklim Al Auladiyah,

Tangerang Selatan. Dedikasi Pkm Unpam, 1(1), 132-139.

Mulyani & Nurdin. (2018). Pelatihan Perencanaan Keuangan Keluarga Bagi Ibu Ibu Pkk Desa Cimenyan Kabupaten Bandung. Jurnal Abdimas Bsi, 1(2), 259-267.

Siregar, B.U. (2019). Ibu Rumah Tangga Dalam Manajemen Keuangan Keluarga. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 3(2).

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-31

Terbitan

Bagian

Artikel