Sosialisasi Desa Sehat pada Karang Taruna

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v2i1.5774

Abstrak

Abstrak: Sampah dan kebersihan adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Desa bersih dan sehat merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang yang tinggal didalamnya. Kondisi sehat tidak serta merta terjadi, tetapi harus senantiasa diupayakan dari yang tidak sehat menjadi hidup yang sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat. Upaya ini harus dimulai dari menanamkan pola pikir sehat kepada masyarakat melalui Karang Taruna. Upaya ini adalah untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat seting-gitingginya sebagai satu investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif. Pendekatan yang dilakukan melalui kampanye bersama dan aksi pungut sampah sebagai sarana edukasi bersama. Program kegiatan ini betujuan untuk mensosialisasikan kebersihan kepada masyarakat, harapannya kesadaran masyarakat akan kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat meningkat. Untuk itu pemberian sosialisasi terkait desa sehat diharapkan dapat menjadi upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya melakukan upaya perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari sekaligus memberikan pengetahuan bagaimana cara merealisasikannya sehingga bisa terwujud masyarakat yang peduli sehat.

Kata kunci: Desa Sehat, Masyarakat Peduli Sehat, Kampanye Kebersihan

Biografi Penulis

Herman Lawelai, Universitas Muhammadiyah Buton

Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Buton

Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Andriansyah, Y., & Rahmantari, D. N. (2013). Penyuluhan Dan Praktik Phbs ( Perilaku Hidup Bersih. Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(1), 45–50.

Permassanty, T. D., Tangkilisan, H. R., & Zufri, T. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM KAMPANYE PUBLIK: EVALUASI PELAKSANAAN KAMPANYE TOL TANPA SAMPAH DI GERBANG TOL KARANG TENGAH. Avant Garde, 3(1), 71–82.

Rasmini, M. (2018). Program Lingkungan Sehat Bebas Sampah Pada Rw 10. Jurnal Penelitian Dan PKM, 5(April), hlm.1-5.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-30

Terbitan

Bagian

Artikel