Pemberdayan Serta Peningkatan Pembangunan Manusia Menuju Masyarakat yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera Bersama BKKBN

Penulis

  • Fidyah Jayatri STKIP PGRI Lumajang
  • Dwi Yanuarindah Putri STKIP PGRI Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v1i3.5606

Abstrak

Mitra program ini adalah BKKBN desa Tukum Kabupaten Lumajang. Di desa ini, banyak ditemukan pengendalian jumlah anak yang tidak stabil sehingga pihak BKKBN desa Tukum harus berperan ekstra demi menyadarkan masyarakat terkait program peningkatan pembangunan manusia yang meliputi pola hidup sehat, pengetahuan, serta standar hidup layak. Permasalahan selama ini disebabkan karena pihak BKKBN kesulitan mengumpulkan warga untuk memberikan sosialisasi berkala terkait programnya. Tim lapangan BKKBN yang jumlahnya hanya dua orang, selama ini harus berjuang door to door menemui warganya. Nyatanya pemahaman yang kurang dari beberapa bagian warga desa Tukum disebabkan rasa acuh atas himbauan BKKBN yang membuat mereka tidak sepenuhnya mengerti apa yang harus dilakukan jikalau jumlah anggota keluarga bertambah namun tidak mampu mewujudkan hidup yang layak bagi keluarga mereka. Tidak meratanya informasi karena jangkauan tim lapangan BKKBN yang terbatas menyebabkan permasalahan angka kelahiran tidak pernah selesai. Kondisi ini membuat tim lapangan BKKBN resah karena pertambahan angka kelahiran tiap tahun yang selalu meningkat, meskipun selama ini mereka berjuang keras menyadarkan masyarakat tentang pentingnya membuat program berencana bagi kehidupan. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat bekerja sama dengan mahasiswa KKN angkatan 2015, sosialisasi program BKKBN sangat terbantu. Penyuluhan berkala yang ditutup dengan diskusi bersama warga membuat BKKBN mampu diterima oleh warga desa.

Biografi Penulis

Fidyah Jayatri, STKIP PGRI Lumajang

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Dwi Yanuarindah Putri, STKIP PGRI Lumajang

Program Studi Pendidikan Ekonomi

Referensi

BKKBN. 2020. Visi dan Misi BKKBN. http://jatim.bkkbn.go.id/530-2/

BPS. 2020. Peningkatan Kualitas SDM Tercermin dalam IPM.

Hurlock, E. B. 2006. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Alih bahasa Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta:

Erlangga.

Lonni, Kasnawi, T., & Uppun, P. 2018. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap pertumbuhan ekonomi di kabupaten Mamasa. http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/4013e72702847521673251f61042c080. pdf.

Miza, Deni S. 2012. Pengauh Kemiskinan, Petumbuhan Ekonomi, dan Belanja Modal Tehadap Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Tengah Tahun 2006-2009.

Economics Development Analysis Journal. Vol 1, No 2 (1-15)

Raharti, Rini dkk. 2020. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam. 2020. Vol. 6, No. 1 (36-53)

Todaro, Michael P. dan Smith, Stephen C. 2015. “Pembangunan Ekonomiâ€. Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Yektiningsih, Endang. 2018. Analisis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pacitan Tahun 2018. Journal Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Vol.18, No. 2 (32-50)

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-30

Terbitan

Bagian

Artikel