Pengelolaan dan Pembinaan Usaha Mikro Warung Makanan dan Minuman Model Primitive Di Surabaya Barat

Penulis

  • Chandra Kartika Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Rudiatno Rudiatno Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra Surabaya
  • Lilik Suhariningsih Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5378

Abstrak

Program Pemberdayaan Masyarakat internal ini bertujuan untuk memberikan kontribusi untuk membantu pengembangan bisnis dalam bidang UMKM segmentasi mikro khususnya pada usaha makanan dan minuman kata lain adalah sebuah warung atau depot yang peneliti liat sangatlah memperhatinkan dalam usahanya dan masih banyak permasalahan yang dimiliki oleh kedua mitra tersebut yaitu kurangnya pemahaman dan kesadaran mitra tentang pentingnya kebersihan dan  kualitas makanan.Kurangnya mitra menyadari pentingnya kebersihan sanitasi dan perilaku penjamah makanan, dan masih kurangnya menatalayoutruangproduksi masak, ruang makandan ruang penyimpananmitra,serta kurangnya mitra untu kesadaran mencatat semua aktivitas usaha maka dari itu peneliti ingin membantu pengembangan usahanya agar usaha yang dimiliki oleh kedua mitra tersebut dapat berkembang dengan baik dan dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian yang sangat signifikan. Metode yang peneliti gunakan Pendampingan dan pelatihan dalam memahami kebersihan dan kualitas  warung makan mulai dari bahan baku, proses dan produk. Hasil kegiatan ini akan digunakan kedua mitra agar mampu memenuhi tanggung jawabnya kepada pelanggan maupun membangun loyalitas pelanggan.Pendampingan manajemen usaha mulai dari penyusunan rencana usaha, manajemen keuangan dan akuntansi, sekaligus untuk mendukung rencana pengembangan usaha. Penyuluhan  dan  pendampingan   pengelolahan keuangan   (membuat   catatan   keuangan   dan laporannya penjualan makanan  setiap bulannya).Studi  banding ke sentra makanan lain di Surabaya,  khususnya  ke warung makan yang  memiliki fasilitas yang sudah memadai.Peneliti harapkan setelah adanya pengabdian kepada masyarakat yang peneliti lakukan dapat merubah midset para pengusaha mikro khususnya bidang makanan agar lebih memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggannya. Dari Hasil Perogram pemberdayaan ini akan menghasilkan sebuah Laporan Akhir,Peningkatan daya saing (Peningkatan kualitas, kuantitas, serta nilai tambah barang, jasa, diversifikasi produk, atau sumber daya lainnya, Peningkatan penerapan iptek di masyarakat (IT, dan manajemen, Perbaikan tata nilai masyarakat (seni budaya, sosial, politik, keamanan, ketentraman, pendidikan, kesehatan, Publikasi ilmiah di jurnal nasional ber ISSN, Publikasi pada Seminar Nasional, Publikasi pada media masa cetak/Koran, HKI (minimal Hak Cipta). Hasil pengabdian kepada masyarakat menghasilkan banyak perubahan dan pengembangan pola pikir para pengusaha makanan warung tradisional dan perubahan yang dialami oleh pelaku usaha signifikan.

Kata Kunci : Pengelolaan , Pembinaan Usaha Mikro Warung Makanan dan Minuman Model Primitive

Biografi Penulis

Chandra Kartika, Universitas Wijaya Putra Surabaya

Departemen : Manajemen Dan Pangkat : Asisten Ahli /IIIA

Referensi

Ahram. (2010). Pengantar Wirausaha Kuliner Tradisionil. Kencana Pustaka.

Andana. (2010). Manajemen Keuntungan Usaha dalam Kegiatan Wirausaha Bandung. Komunitas Masyarakat Wirausaha Indonesia, 2(19).

Hafni. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produktifitas Usaha Rumah Makan. Jurnal Komunitas Masyarakat Wirausaha Indonesia, 3(11).

Nurahman, T. (2010). Kuliner Nasional Sebagai Penopang Kemandirian Ekonomi. Jurnal Komunitas Masyarakat Wirausaha Indonesia, 2(12).

Undang-Undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Usaha Kecil dan Usaha Menengah.

Kemeneterian Negara Koperasi dan UKM. Jakarta.

Unduhan

Diterbitkan

2020-08-28

Terbitan

Bagian

Artikel