Pendampingan Pengelolaan Manajemen TPQ Al-Muttaqin Pringsewu Selatan

Penulis

  • Gusti Adi Pranoto universitas muhammadiyah pringsewu
  • Atmi Sapta Rini Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v4i1.15884

Abstrak

Dalam perkembangannya TPQ Al-Muttaqin menunjukkan peningkatan jumlah santri dari tahun ke tahun. TPQ Al-Muttaqin pada awal berdirinya tahun 2018 dengan jumlah 3 kelas atau sekitar 30 Santri, sedangkan tahun 2022 ini sudah mencapai 7 kelas dengan jumlah santri 120 anak. Tujuan dari pengabdian ini untuk menyelesaikan beberapa permasalahan seputar pengelolaan manajemen dan meningkatkan kualitas pelayanan yang baik untuk santri TPQ.  Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra: 1) Belum adanya sistem dalam kegiatan administrasi; 2) Kurangnya pengetahuan kepala TPQ Al-Muttaqin mengenai pengelolaan manajemen TPQ yang baik; 3) Penilaian rapot berbasis manual tulis tangan. Permasalahan  TPQ Al-Muttaqin   ditindaklanjuti  oleh  tim  pelaksana  dengan langkah:   1)   Membuat sistem berbasis online pencatatan SPP dan Pendaftaran Santri Baru dengan memanfaatkan Google Form dan Google Spreadsheet; 2) Mengadakan pendampingan kepada Pengurus dan Asatidz dalam pengelolaan TPQ dengan menggunakan metode focus grup discussion (FGD);  3) Mengadakan Sosialisasi Manajemen TPQ; 4)  Membuat sistem penilaian rapot berbasis digital menggunakan Microsoft Excel. Dengan diadakannya pendampingan selama 8 bulan, TPQ Al-Muttaqin Pringsewu Selatan sekarang sudah lebih baik dengan tingkat prosentase 95% dapat menerapkan manajemen yang baik serta memanfaatkan teknologi untuk memudahkan dalam proses pencatatan SPP dan penilaian rapot.

Kata Kunci: TPQ, Manajemen, Manajemen TPQ

Biografi Penulis

Gusti Adi Pranoto, universitas muhammadiyah pringsewu

Dosen FEB UMPRI

Atmi Sapta Rini, Universitas Muhammadiyah Pringsewu

1Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Referensi

Baehaqi, Muh. (2019). Penguatan Kelembagaan TPQ. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam departemen Agama RI. (2007). Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. (Jakarta: 2007), 236

Elfindri, E. (2011). Beberapa Teknik Monitoring dan Evaluasi (MONEV). Jurnal Kesehatan Komunitas, 1(3).

https://doi.org/10.25311/keskom.vol1.iss3.16

Muntoha, Jamroni, Khoiruzaad, M., Prasetyo, H., Wijaya, M. A., Jabbar, A. A., U., R. U., A.W., D. A., P, D. I., & Tantria, H. (2015). Pemanduan Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Di Masjid Arofah, Dusun Bandung Dan Dusun Songbanyu 1, Kecamatan Songbanyu, Gunung Kidul, Daerah Istimewah Yogyakarta. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(3).

Muchlis, M. (2020). PEMBELAJARAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERWAWASAN MODERAT. Profetika: Jurnal Studi Islam, 21(1). https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11053

Murtopo, B. A., & Maulana, S. (2019). MANAJEMEN MADRASAH DINIYAH TPQ MIFTAHUL HUDA, KRAKAL ALIAN. Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial, 3(1). https://doi.org/10.33507/cakrawala.v3i1.117

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-01

Terbitan

Bagian

Artikel