Membangun Jiwa Tangguh Guru SD Muhammadiyah 9 Surabaya Melalui Pelatihan Edumat Psikososial

Febriana Kristanti, Rofi’i Rofi’i, Sandha Soemantri

Sari

Abstrak  Letak geografis SD Muhammadiyah 9 Surabaya (SDM 9 Surabaya) yang berada di pesisir pantai selat madura dengan keelokan dan keindahan pantainya menjadikan SDM 9 Surabaya sebagai sekolah berpanorama indah. Namun, letak geografis tersebut sebagai daerah rawan bencana,  menjadi situasi krisis bagi SDM 9 Surabaya sehingga berakibat mengganggu kesejahteraan psikososial guru dan siswa yang sering terlanda rasa khawatir, cemas, dan takut terhadap ancaman bencana alam. Kegiatan pelatihan EduMat (Edukasi Matematika) mempunyai tujuan yaitu pemberian latihan dan bimbingan melalui permainan media matematika yang dirancang dan didesain sehingga bersifat menghibur, menyenangkan, dan bernilai edukasi. EduMat-Psikososial Tangguh Bencana Alam adalah program pendampingan  guru dalam memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami permasalahan psikososial melalui edukasi matematika sehingga terbangun sikap tangguh dalam menghadapi permasalaahan baik bencana alam, pendidikan, maupun permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu EduMat-Psikososial Tangguh Bencana Alam diharapkan bisa mengapresiasi guru dalam membangun kedekatan dengan siswa sehingga terbangun kepercayaan, keharmonisan dan mengikis mindset ketidaksukaan terhadap matematika dan dapat meninggkatkan hasil belajar siswa. Hasil pre-test dan post-tes menunnjukkan terdapat peningkatan pemahaman guru terhadap pentingnya media pembelajaran matematika dari 11% menjadi 32% dan peningkatan pemahaman guru terhadap dukungan psikososial dari 11% menjadi 29%. Kegiatan pelatihan EduMat Psikososial  memiliki pengaruh yang cukup signifikan.

 

Kata Kunci: Edukasi, Matematika, Psikososial

Teks Lengkap:

PDF

DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v3i3.15676

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.