Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Di Kota Surabaya

Penulis

  • Lilik Binti Mirnawati universitas muhmammadiyah surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani universitas muhmammadiyah surabaya
  • Meirza Nanda Faradita
  • Ismatun Naila
  • Badruli Martati
  • Holy Ichda Wahyuni http://orcid.org/0000-0001-7124-2937
  • Fajar Setiawan
  • Deni Adi Putra
  • Ade Firmannandya

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.15355

Abstrak

Guru atau tenaga pengajar merupakan salah satu sumber daya manusia yang penting untuk mewujudkan tujuan dari penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu, sebagai sebuah profesi, guru memerlukan peningkatan profesionalitas, salah satunya adalah melalui publikasi artikel ilmiah. Kendati demikian, sangat disayangkan berdasarkan data di lapangan, sekitar 410.000 guru yang berpangkat IV/a ternyata masih mengalami kesulitan untuk kenaikan pangkat karena adanya persyaratan menulis karya ilmiah. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah 1) meningkatkan pemahaman guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Surabaya tentang penulisan artikel ilmiah; 2) melatih guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Surabaya menulis artikel ilmiah; dan 3) menghasilkan artikel ilmiah yang akan dipublikasikan dalam jurnal terakreditasi SINTA. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat belas hari yaitu pada tanggal 4–17 Desember 2021. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah in-service training program yaitu pelatihan dan pendampingan. Sasaran mitra adalah guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kota Surabaya. Hasil menunjukkan bahwa melalui program tersebut semua mitra telah berhasil menyelesaikan artikel ilmiah dan melakukan submit di jurnal terakreditasi SINTA, baik tiga, empat, dan lima.

Biografi Penulis

Lilik Binti Mirnawati, universitas muhmammadiyah surabaya

Dosen Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Kunti Dian Ayu Afiani, universitas muhmammadiyah surabaya

Dosen Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Bungin, B. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Raja Grafindo Persada.

Dede, A. R. (2020). Pengeloaan Referensi Dan Sitasi Dengan Software Mendeley. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Siliwangi, 164(24), 1–45.

Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. (2006). Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidiakn dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Fenner, M., Scheliga, K., & Bartling, S. (2014). Opening Science. Opening Science, 125–137. https://doi.org/10.1007/978-3-319-00026-8

Hadriyanto, Soleh. 2013. Peningkatan Karier Guru Melalui Kemampuan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Makalah disampaikan dalam Seminar Upacara Penyerahan Ijazah UT UPBJJ Bandung

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1), 1–21. https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064

Junaid, R., Baharuddin, M. R., & Ramadhana, M. A. (2020). Bimbingan Teknis Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru SMP Negeri 8 Palopo, Sulawesi Selatan. Abdimas Siliwangi, 03(01), 49–59.

Kurniawan, B. D. (2011). Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Profesionalitas Guru Di Kota Yogyakarta. Journal of Government and Politics, 2(2), 259–278. https://doi.org/10.18196/jgp.2011.0015

Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwih, S., Subali, B., & Ellianawati. (2012). Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui. Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar, 17(ABDIMAS), 111–116.

Priyanto, I. J., & Rohartati, S. (2019). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Bagi Guru SDN GBI Bojongsoang, Buahbatu, Kabupaten Bandung. Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, 1(1), 26–29. https://doi.org/10.36555/tribhakti.v1i1.1338

Subekti, A. S. (2021). Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah dan Mengirimkannya ke Jurnal Ilmiah. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(2), 32–38. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i2.2724

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supeno, H. (1995). Potret Guru. Pustaka Sinar Harapan.

Suyanto. (2009). Teknik Penulisan Artikel Ilmiah.Makalah disampaikan dalam Lokakarya Penulisan Jurnal Penelitian Humaniora di PPS Universitas Negeri Semarang, Semarang, 23 Oktober 2009

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL BAGI GURU-GURU IPS KABUPATEN MALANG. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 54–62.

Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sd Di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234

Widiyanto, Nur, “Tiga Pilar Hadapi Perubahan Zaman: Literasi, Kompetensi, dan Karakter,†Berita, (17 Mei 2016), kemdikbud.go.id/main/blog/2016/05/tiga-pilar-hadapi-perubahan-zaman-literasi-kompetensi-dan-karakter, diakses pada 27 Agustus 2022

Wijaya, H. (2018). Pencegahan plagiarisme dengan anti-plagiarism software dan reference management tools sebagai terobosan inovasi pendidikan dalam publikasi karya ilmiah. Skripsi Online, 1(3), 295–308.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel