Pendampingan Strategi Pemasaran Produk Inovatif Gula Siwalan Pada Home Industry Di Desa Grujugan Gapura Sumenep

Penulis

  • Moh. Baqir Ainun Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
  • Ahmad Ghufrony Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
  • Fathorrahman Fathorrahman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
  • Stevan Ariputra Harmanto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja
  • Diah Anggreini Pitaloka Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wiraraja

DOI:

https://doi.org/10.30651/hm.v3i3.15041

Abstrak

Pemasaran merupakan hal penting dalam bisnis. Tanpa pemasaran yang memadai, bisnis akan berhenti beroperasi. Pelaku home industry di desa Grujugan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep memiliki kegiatan produksi produk inovatif gula siwalan dalam bentuk permen siwalan. Pengembangan produk inovatif gula siwalan merupakan program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Wiraraja tahun 2019. Namun, saat ini produksi produk inovatif gula siwalan hampir tidak pernah dilakukan karena tidak adanya pemesan dan pembelian. Pengabdian ini dilakukan untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada pelaku home industry permen siwalan untuk dapat menerapkan strategi pemasaran. Hal ini ditujukan agar produksi dan usaha home industry tersebut tetap berjalan, yang pada akhirnya dapat membantu perekonomian masyarakat Desa Grujugan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini berupa peninjauan awal, sosialisasi, pendampingan, dan monitoring. Hasil dari kegiatan ini yaitu pelaku home industry mampu memahami, menyadari, dan menerapkan strategi pemasaran seperti pengemasan yang menarik, pengembangan jaringan penjualan, promosi dengan media offline (pamflet), dan promosi melalui media sosial.

Referensi

Bakhri, S., & Futiah, V. (2020). Pendampingan dan Pengembangan Manajemen Pemasaran Produk UMKM Melalui Teknologi Digital Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Loyalitas Sosial, 2(2), 50–70.

Djaelani, S., Asyari, Y., Yuliani, Y., & Suryadi, H. (2020). Strategi Pemasaran Buah Jeruk Petani Melalui Bumdes Desa Karang Bunga Kecamatan Mandastana. Humanism : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.30651/hm.v1i2.5396

Kotler, P., & Kevin, L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid satu. Erlangga.

Putra, I. B. W. D., & Vieramaditya, N. (2021). Instagram sebagai Media Promosi Happiness Jungle di Masa Pandemi (Instagram as a Promotion Media for Happiness Jungle during the Pandemic Period). SANDI : Seminar Nasional Desain, 1, 193–199. https://bali.bisnis.com

Rakhmayani, H. (2021). Haji Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo Di Masa Pandemi Covid-19 Oleh : Halimah Rakhmayani NIM 210817199 Pembimbing Said Abadi , M . A . JURUSAN PERBANKAN SYARIAH.

Rustiarini, N. W., Anggraini, N. P. N., & Satwam, I. K. S. B. (2021). Perancangan kemasan dupa yang ekonomis dan ramah lingkungan. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1808–1817.

Sulistyaningsih, E., Lestari, N., & Kumalasanti, R. A. (2019). Pengembangan usaha kelompok emping jagung bina sejahtera melalui pendampingan pemasaran online untuk menghadapi era industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1, No. 1), 499–506.

Wawancara dengan Kepala Desa Grujugan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep tanggal 09 Juli 2022.

Wawancara dengan Ibu Ris Desa Grujugan Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep tanggal 09 Juli 2022.

Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 61–64. https://doi.org/10.51805/jpbm.v1i1.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-31

Terbitan

Bagian

Artikel