PELATIHAN MEDIA DIGITAL WHITEBOARD ANIMATION PADA GURU PAUD DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Novita Eka Nurjanah, Upik Elok Endang Rasmani, Muhammad Munif Syamsuddin, Nurul Shofiatin Zuhro, Anjar Fitrianingtyas

Sari

Abstrak  Pendidikan saat ini berada di era revolusi industri 4.0. Maka dari itu, pendidikan dituntut untuk selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi pendidikan harus bersiap dan berinovasi untuk menghadapi perkembangan zaman. Salah satu media pembelajaran digital yang efektif diterapkan di PAUD adalah whiteboard animation. Guru dapat menyampaikan materi pembelajaran kepada anak usia dini secara jelas sesuai dengan tema dan materi yang sedang berjalan melalui whiteboard animation. Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan ketrampilan guru PAUD dalam pembuatan media pembelajaran digital untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Pengabdian ini dilaksanakan di TK LKMD Marsudisiwi dan TK Siwi Peni, Gugus 2 Bougenville, Kecamatan Laweyan, Surakarta. Materi yang disampaikan dalam pengabdian ini, terdiri dari: 1) pemberian materi media pembelajaran digital berbasis whiteboard animation, 2) workshop media pembelajaran digital berbasis whiteboard animation, 3) simulasi kelompok kecil pendampingan pembuatan media pembelajaran digital berbasis whiteboard animation, 4) implementasi whiteboard animation dalam pembelajaran daring sesuai tema berjalan, dan 5) evaluasi dan rencana tindak lanjut. Kegiatan ini berlangsung dengan memadukan berbagai metode, yaitu metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan praktik langsung. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam jaringan (daring)/ online melalui zoom meeting dan whatsapp group. Hasil kegiatan ini, semua peserta dapat membuat media pembelajaran digital whiteboard animation sesuai dengan tema dan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

 

Kata kunci: media pembelajaran digital; whiteboard animation; guru PAUD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Bradford, L. E. A., & Bharadwaj, L. A. (2015). Whiteboard animation for knowledge mobilization: A test case from the slave river and delta, canada. International Journal of Circumpolar Health, 74, 1–9. https://doi.org/10.3402/ijch.v74.28780

Drigas, A., Kokkalia, G., & Lytras, M. D. (2015). Mobile and multimedia learning in preschool education. Journal of Mobile Multimedia, 11(1–2), 119–133.

Lin, M. H., Chen, H. C., & Liu, K. S. (2017). A study of the effects of digital learning on learning motivation and learning outcome. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7), 3553–3564. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00744a

Prastyo, G. B., Puspita, A. M. I., & Nurmalasari, W. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Explee Berbasis Video Interaktif Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 4(2), 52–59. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i2.13208

Suhroh, F., Yudi Cahyono, B., & Praba Astuti, U. (2020). Effect of Using Whiteboard Animation in Project-Based Learning on Indonesian EFL Students’ English Presentation Skills across Creativity Levels. Arab World English Journal, 6(6), 212–227. https://doi.org/10.24093/awej/call6.14

Türkay, S. (2016). The effects of whiteboard animations on retention and subjective experiences when learning advanced physics topics. Computers and Education, 98, 102–114. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2016.03.004

Update, T. P. (2017). Reimagining the Role of Technology in Education : (January).


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/hm.v3i2.14014

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.